Macam-macam Kategori Peralatan Laboratorium

Hallo sahabat Blog Lab kali ini saya akan menjelaskan kepada anda mengenai macam-macam kategori peralatan laboratorium yang akan dijelaskan tiap kategori-kategorinya di pembahasan dibawah ini, maka dari silahkan anda baca baik-baik penjelasannya berikut ini.

Peralatan Laboratorium

Definisi peralatan laboratorium menurut PERMENPAN no. 3 tahun 2010 adalah mesin, perkakas perlengkapan dan alat kerja lain yang digunakan untuk pengujian, kalibrasi dan/atau produksi dalam skala terbatas.

Kategori Peralatan Laboratorium

Peralatan laboratorium ini dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, kategori alat laboratorium diantaranya yaitu :

1. Peralatan Lab Kategori 1

Peralatan kategori 1 adalah peralatan yang cara pengoperasian dan perawatannya mudah dan resiko penggunaanya rendah. Selain itu akurasi atau kecermatan pengukurannya juga rendah serta sistem kerjanya sederhana. Pengoperasiannya cukup dengan menggunakan panduan seperti SOP, manual book dari alatnya masing-masing.

Yang termasuk peralatan kategori 1, misalnya : beaker gelas dengan berbagai ukuran, bola hisap, labu didih dengan berbagai ukuran, botol timbang dengan berbagai ukuran, cawan conway, bunsen, corong gelas/porselen, erlenmeyer dengan berbagai ukuran, gelas ukur dengan berbagai ukuran, labu goldfisch, labu kjedahl, kaki tiga, kurs porselen, kuvet, labu ukur dengan berbagai ukuran, buret dengan berbagai ukuran, mortal, penjepit, cawan petri, rak tabung reaksi, tabung reaksi, termometer, kawat bunsen, desikator, botol semprot dan lain-lain.

Gambar Contoh peralatan lab kategori 1
Gambar contoh peralatan lab kategori 1

2. Peralatan Lab Kategori 2

Peralatan laboratorium kategori 2 adalah peralatan yang cara pengoperasiannya dan perawatannya sedang serta resiko penggunaan sedang. Selain itu akurasi atau kecermatan pengukurannya sedang dan sistem kerjanya tidak begitu rumit. Pengoperasian peralatan kategori 2 ini memerlukan sebuah pelatihan khusus.

Yang termasuk peralatan kategori 2, misalnya : waterbath, oven, inkubator, sentrifus, vakum sealer, microwave, goldfisch, dan kedahl.

Gambar contoh peralatan lab kategori 2
Gambar contoh peralatan lab kategori 2

3. Peralatan Lab Kategori 3

Peralatan laboratorium kategori 3 adalah peralatan yang cara pengoperasiannya dan perawatannya sulit serta resiko penggunaannya yang sangat tinggi. Selain itu juga akurasi atau kecermatan pengukurannya juga sangat tinggi, untuk sistem kerja rumit yang pengoperasiannya memerlukan pelatihan khusus dan bersertifikat. Yang termasuk peralatan laboratroium kategori 3 misalnya: spektrofotometer, HPLC, GC, GCMS, tanur, dan rotary evaporator.

Gambar contoh peralatan lab kategori 3
Gambar contoh peralatan lab kategori 3

Nah itulah beberapa kategori peralatan laboratorium kategori 1 2 dan 3 beserta dengan contoh peralatannya yang dapat saya jelaskan, mudah-mudahan artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca.

Dan mungkin dari anda ada yang sedang mencari perusahaan yang menjual berbagai macam peralatan laboratorium disini anda bisa mengunjungi websitenya di www.envilife.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *