Termometer Laboratorium: Pengertian, Fungsi, & Cara Menggunakan

oleh | Nov 2, 2022 | Laboratorium

Penting untuk mengetahui alat laboratorium berikut ini yaitu alat lab yang bernama Termometer Laboratorium, mengapa demikian, karena alat ini juga biasanya suga dipakai atau digunakan di laboratorium, untuk penjelasan termometer laboratorium silahkan anda baca penjelasan alatnya berikut ini.

Pengertian Termometer Laboratorium

Termometer laboratorium adalah suatu alat laboratorium yang berfungsi sebagai pengukur temperatur atau suhu. Termometer ini pada umumnya memiliki bentuk yang memanjang dan dilengkapi dengan skala angka yang menunjukkan nilai suhu. Meskipun begitu, saat ini perlu anda ketahui ada juga termometer digital ataupun inframerah namun dalam penggunaan laboratorium, umumnya digunakan termometer konvensional.

Termometer Laboratorium
Gambar Termometer Laboratorium

Fungsi Termometer Laboratorium

Lalu apa fungsinya? Jadi termometer ini dapat berfungsi yaitu untuk melakukan pengukuran suhu tubuh manusia yaitu pada jenis termometer klinis. Sedangkan untuk alat termometer laboratorium memilki fungsi yaitu untuk dapat mengukur titik didih atau titik beku dalam sebuah penelitian di laboratorium.

Cara penggunaan Termometer Laboratorium

Untuk anda yang ingin mengetahui seperti apa cara penggunaan termometer laboratorium tersebut silahkan anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah yang pertama untuk menggunakan Termometer tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum anda menggunakannya yaitu dibersihkan dari sisa-sisa zat kimia lain jika sebelumnya pernah digunakan. Mengapa demikian? Karena, bila misalnya masih ada sisa-sisa zat kimia yang menempel pada termometer tersebut, maka akan perlu diketahui akan kemungkinan dapat menimbulkan kontaminasi yang menyebabkan kerusakan pada zat yang akan diukur atau sampel yang akan diukur.
  2. Selanjutnya, silahkan anda pastikan terlebih dahulu pada ujung bawah termometer atau bagian sensor agar tidak menyentuh dasar dari wadah yang digunakan untuk meletakkan zat yang akan diukur atau sampel yang diukur.
  3. Yang terakhir, anda harus menghindari penyentuhan terhadap termometer dengan secara kontak langsung menggunakan tangan karena tangan memiliki suhu panas yang nantinya dapat menyebabkan atau berpengaruh terhadap hasil pengukuran pada alat termometer tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan kunjungi halaman berikut “Cara menggunakan termometer laboratorium“.

Cara Merawat Termometer Laboratorium

Untuk merawat termometer laboratorium, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Baca manual petunjuk dan ikuti tata cara penggunaan yang benar
  2. Jaga kebersihan termometer dan hindari terkena cairan atau partikel asing
  3. Simpan termometer pada suhu kamar dan jauhkan dari sumber panas atau sinar matahari langsung
  4. Calibrasi termometer secara berkala sesuai dengan manual petunjuk
  5. Periksa termometer secara rutin untuk memastikan fungsinya tetap baik.

Harga Termometer Lab

Dan jika anda ingin membeli alat ini disini saya akan memberikan solusi bagi anda yang ingin mengetahui berapa harga termometer lab tersebut silahkan anda kunjungi website berikut ini yaitu anda bisa klik link berikut ini, silahkan anda order produknya dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa termometer terdapat beberapa jenis-jenisnya dan salah satunya yaitu termometer yang biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh pada manusia, dan jenis termometer laboratorium yang biasanya digunakan untuk mengukur titik didih atau titik beku pada sebuah sampel yang akan diukur. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan alat laboratorium kali ini, jika anda memilki pertanyaan silahkan anda tinggalkan komentar dibawah ini. Jangan lupa juga untuk mempelajari peralatan laboratorium lainnya disini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×