Cara Melakukan Pengukuran Suhu Tubuh Manusia dengan Termometer

oleh | Mar 6, 2023 | Laboratorium

Suhu tubuh manusia dapat menjadi indikator penting kesehatan seseorang. Oleh karena itu, pengukuran suhu tubuh menjadi salah satu langkah yang penting dalam pemeriksaan kesehatan, terutama dalam situasi yang memerlukan deteksi dini seperti pandemi COVID-19. Salah satu cara yang umum digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia adalah dengan menggunakan termometer. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pengukuran suhu tubuh manusia dengan termometer:

cara mengukur suhu tubuh dengan termometer

1. Pilih termometer yang sesuai

Sebelum memulai pengukuran suhu tubuh, pastikan Anda telah memilih termometer yang sesuai. Terdapat beberapa jenis termometer yang umum digunakan seperti termometer digital, termometer infrared (IR), dan termometer raksa. Namun, termometer raksa sudah dilarang penggunaannya karena mengandung bahan berbahaya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan termometer digital atau termometer IR.

2. Bersihkan termometer

Pastikan termometer dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kapas atau tisu yang sudah dicelupkan dalam alkohol.

3. Persiapkan tubuh yang akan diukur suhunya

Pastikan tubuh yang akan diukur suhunya dalam keadaan kering dan tidak terpapar langsung sinar matahari, angin atau air. Hal ini dapat mempengaruhi akurasi pengukuran suhu tubuh.

4. Tempatkan termometer dengan benar

Pada termometer digital, Anda bisa menempelkan ujung termometer pada bagian bawah lidah atau pada ketiak. Pastikan ujung termometer tidak terlalu berdekatan dengan gigi atau tulang. Sedangkan untuk termometer IR, Anda bisa menempelkannya pada dahi atau di bawah ketiak. Pastikan juga jarak antara termometer dan tubuh dalam kisaran yang direkomendasikan pada petunjuk penggunaan.

5. Tunggu beberapa detik

Tunggu beberapa detik hingga termometer menunjukkan hasil pengukuran suhu tubuh. Pada termometer digital, biasanya akan ada bunyi atau alarm yang menandakan bahwa pengukuran telah selesai dilakukan. Sedangkan pada termometer IR, hasil pengukuran akan muncul pada layar.

6. Catat hasil pengukuran

Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukuran suhu tubuh pada catatan kesehatan. Hal ini penting untuk memantau perkembangan suhu tubuh seseorang dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam perawatan kesehatan.

Pengukuran suhu tubuh dengan termometer adalah salah satu cara yang mudah dan cepat untuk memantau kesehatan seseorang. Namun, perlu diingat bahwa hasil pengukuran suhu tubuh tidak dapat menjadi satu-satunya indikator kesehatan seseorang. Oleh karena itu, tetap perhatikan gejala lain yang mungkin terjadi pada tubuh dan konsultasikan dengan tenaga medis jika diperlukan.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×