Kaki Tiga: Pengertian, Dan Fungsi Kaki Tiga laboratorium

oleh | Nov 2, 2022 | Laboratorium

Hallo sahabat bloglab, pada artikel sebelumnya kita membahas Kawat Kasa Laboratorium dan selanjutnya disini kita akan membahas mengenai kaki tiga laboratorium, untuk lebih jelaskan silahkan baca pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kaki Tiga

Kaki tiga lab merupakan sebuah peralatan laboratorium biasanya kaki tiga terbuat dari logam ringan seperti baja yang tahan dengan karat atau besi sehingga akan mudah untuk dipindahkan kapanpun. Nama kaki tiga lab ini diambil dari jumlah 3 batang yang dapat berdiri dengan tegak dan kuat dalam menahan bahan diatasnya. Kaki tiga ini memiliki bentuk yang bervariasi seperti segitiga atau lingkaran, terkadang ada juga yang ketiga kakinya dapat dilepas dan disesuaikan tergantung pada kebutuhan penggunaannya. Lihat juga pembahasan tentang “Macam-macam Kaki Tiga Laboratorium“.

Fungsi dan kegunaan kaki tiga

Mungkin dari beberapa orang banyak yang belum mengetahui seperti apa fungsi kaki tiga laboratorium tersebut. Maka dari itu silahkan baca kegunaan kaki tiga berikut. Sesuai dengan namanya, kaki tiga fungsinya yaitu untuk menyangga sebuah ring pada saat ketika proses pemanasan di lakukan. Biasanya alat ini digunakan untuk menyangga sebuah sampel uji, kaki tiga membutuhkan kawat kasa sebagai penopangnya yang diletakan diatas ring.

Sesuai dengan namanya kaki tiga ini memiliki tiga kaki yang sama simetrisnya sehingga menjadi kokoh dan tegak. Ketiga kaki inilah yang mampu menjaga keseimbangan untuk bisa menahan beban yang mempunyai volume tertentu.

Cara Menggunakan Kaki Tiga

Berikut ini adalah tentang bagaimana caranya menggunakan kaki tiga laboratorium, yang bisa anda lihat melalui bembahasan berikut ini:

  1. Tentukan posisi kaki tiga dan letakkan pada permukaan stabil.
  2. Pasang alat/peralatan pada head kaki tiga.
  3. Atur tinggi kaki tiga sesuai kebutuhan.
  4. Pastikan alat/peralatan stabil dan tidak goyang.
  5. Buka legs lock pada setiap kaki, posisikan sesuai kebutuhan, dan tutup legs lock.

Dan selain itu juga anda bisa melihat langkah-langkahnya melalui video berikut ini:

Video cara menggunakan kaki tiga laboratorium dengan kawat kasa

Kesimpulan

Nah itulah yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan kali ini mengenai kaki tiga laboratorium, jika anda memilki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Jangan lupa juga untuk melihat alat laboratorium farmasi lainnya disini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×