Pengertian Dan Fungsi Cawan Petri (Petri Dish)

oleh | Okt 3, 2022 | Laboratorium

Cawan Petri (Petri Dish) adalah alat laboratorium yang biasanya sering digunakan dan dijumpai dilaboratorium, maka dari itu berikut ini saya akan menjelaskan pengertian dan fungsi dari Cawan Petri (Petri Dish), untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat berikut ini.

Cawan Petri (Petri Dish)
Cawan Petri (Petri Dish)

Pengertian

Cawan Petri atau telepa petri merupakan sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakan sel. Cawan Petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Cawan Petri dinamai menurut nama penemunya pada tahun 1877, yaitu Julius Petri (1852-1921), ahli bakteri berkebangsaan Jerman.

Fungsi

Apa kegunaan cawan petri? Alat ini digunakan sebagai wadah untuk penyelidikan tropi dan juga untuk mengultur bakteri, khamir, spora, atau biji-bijian. Fungsinya cawan petri yaitu sebagai wadah menimbung, menyimpan bahan kimia, membantu menumbuhkan atau membiakan sel atau mikroba pada analisa mikrobiologi, dan untuk membiakan sel. Cawan Petri plastik dapat dimusnahkan setelah sekali pakai untuk kultur bakteri.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: