Pengertian, Fungsi dan Cara Perawatan Gelas Kimia

oleh | Okt 6, 2022 | Kimia, Laboratorium

Ilmu pengetahuan alam yang di dalamnya termasuk pengetahuan bidang fisika, kimia dan biologi termasuk ilmu yang berlandaskan eksperimen, artinya bahwa tidak mungkin belajar tiga bidang ilmu tersebut tanpa adanya laboratorium. Dan berikut ini adalah salah satu peralatan laboratorium yang biasanya sering digunakan yaitu gelas kimia. Gelas Kimia (Beaker Glass) salah satu peralatan dasar yang harus dimiliki oleh laboratorium khususnya di bidang ilmu biologi atau kimia.

Gambar Gelas Kimia

Berikut ini adalah contoh gambar dari gelas kimia atau Beaker Glass yang bisa anda lihat dibawah ini.

Gambat Gelas Kimia (Beaker Glass) berbagai macam ukuran
Gambar gelas kimia dan fungsinya

Pengertian Gelas Kimia

Gelas Kimia atau biasa disebut Beaker Glass merupakan gelas tinggi, berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya, terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga suhu 200 °C (pyrex). Gelas Kimia tersedia beberapa ukuran, yaitu 50 mL, 100 mL, 250 mL, 500 mL, 1000 mL dan 2 Liter, DLL.

Fungsi Gelas Kimia

Gelas kimia adalah jenis gelas yang dibuat dari bahan khusus yang tahan terhadap suhu tinggi dan bahan kimia. Gelas kimia biasanya digunakan dalam laboratorium untuk menampung zat kimia selama proses penelitian atau eksperiment. Gelas kimia juga sering digunakan untuk menampung zat kimia yang dibutuhkan dalam proses pembuatan obat atau produk kimia lainnya. Selain itu, gelas kimia juga sering digunakan untuk mengukur volume zat kimia yang akan ditambahkan dalam suatu reaksi kimia.

Gelas kimia (Beaker Glass) merupakan alat yang memiliki banyak fungsi baik untuk di laboratorium biologi maupun di laboratorium kimia, dan beaker glass fungsinya adalah sebagai berikut :

Fungsi di Lab Biologi

Di dalam ilmu biologi, fungsi gelas kimia ini dapat digunakan yaitu untuk :

  1. Preparasi media
  2. Menampung akuades
  3. Dan masih banyak lagi manfaat dan fungsinya

Fungsi di Lab Kimia

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari gelas kimia di laboratorium kimia, diantaranya yaitu :

  1. Mengukur volume larutan yang tidak memerlukan tingat ketelitian yang tinggi
  2. Menampung zat kimia
  3. Memanaskan cairan
  4. Pemanasan media cairan

Cara perawatan/maintenance

Perawatan gelas kimia (Beaker Glass) harus dilakukan secara berkala meliputi beberapa hal berikut ini, diantaranya yaitu :

  1. Pengecekan
  2. Penyimpanan yang teratur dan juga benar
  3. Pencucian dan pengeringan alat tersebut

Saat melakukan pencucian gunakan sarung tangan dan sikat tabung. Selesai dicuci maka beaker glass tersebut dibilas dengan air bersih dan terakhir dengan air suling. Kemudian dikeringkan dan disimpan di rak yang telah disiapkan.

Sedangkan bagi gelas kimia (Beaker Glass) yang terkontaminasi dengan noda-noda tertentu yang sukar dibersihkan dengan air dan detergen maka memerlukan pencucian dengan larutan pencuci tertentu.

Larutan yang dugunakan untuk mencucinya yaitu biasa digunakan untuk membersihkan noda adalah :

  1. Larutan kalium bikromat
  2. Larutan kalium permaganat

Larutan pencucian ini efektif untuk mencuci noda lemak yang melekat pada alat kaca.

Cara Menggunakan Gelas Kimia

Untuk menggunakan gelas kimia, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa gelas tersebut bersih dan tidak rusak. Kemudian, letakkan gelas kimia pada tempat yang stabil sehingga tidak mudah terjatuh atau tersentuh oleh benda lain. Selanjutnya, tuangkan zat kimia yang akan ditampung ke dalam gelas kimia dengan hati-hati. Pastikan jumlah zat kimia yang ditambahkan sesuai dengan yang diperlukan dan tidak melebihi kapasitas gelas kimia. Selain itu, hindari menambahkan zat kimia yang mudah terbakar atau mudah meledak ke dalam gelas kimia. Jika Anda akan mengukur volume zat kimia dengan menggunakan gelas kimia, pastikan untuk membaca skala pada gelas kimia dengan benar dan tepat. Setelah selesai menggunakan gelas kimia, bersihkan gelas tersebut dengan cara yang sesuai dan simpan ditempat yang aman.

Jika anda bosa membaca anda juga bisa menonton video penjelasan tentang gelas kimia berikut ini.

Pengenalan Alat Laboratorium: Apa itu Gelas Kimia?

Jika anda ingin membeli peralatan laboratorium disini saya akan merekomendasikan sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam peralatan laboratorium yaitu perusahaannya yang bernama PT Envilife Teknologi Indonesia. Untuk mengunjungi website resminya silahkan klik link berikut ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×