Labu Erlenmeyer: Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Perawatan

oleh | Okt 24, 2022 | Laboratorium

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan artikel tentang Labu Erlenmeyer dari mulai pengertian Labu Erlenmeyer, fungsi, dan juga tentang bagaimana cara melakukan perawatan Labu Erlenmeyer yang baik dan benar sesuai prosedur di laboratroium. Maka dari itu silahkan anda simak berikut ini pembahasannya.

Gambar

Berikut ini adalah bentuk atau perwujudan Labu Erlenmeyer yang bisa anda lihat di gambar berikut ini:

Labu Erlenmeyer
Gambar Labu Erlenmeyer

Pengertian

Labu Erlenmeyer (Erlenmeyer flask) adalah sebuah alat laboratroium yang terbuat dari kaca. Dalam bidang kimia Labu Erlenmeyer ini dapat digunakan untuk menampung larutan, bahan atau cairan.

Fungsi

Labu Erlenmeyer juga dapat digunakan untuk meracik dan menghomogenkan bahan-bahan sebagai penyusun komposisi media, menampung akuades, kultivasi mikroba dalam kultur caur, dan lain-lain. Baca selengkapnya tentang fungsi Erlenmeyer.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Kerja Erlenmeyer

Ukuran erlenmeyer ini pun beragam sesuai dengan kebutuhan volume cairan yang akan digunakan, volume cairan yang dapat ditampungnya yaitu 25 mL, 50 mL, 100 mL, 250 mL, 300 mL, 500 mL, dan 1000 mL. Dan sebagainya.

Jenis

Ada 2 (dua) jenis Labu Erlenmeyer yang dikenal pada dunia laboratorium, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Labu Erlenmeyer tanpa tutup gelas, dipakai untuk titrasi larutan yang tidak mudah menguap.
  2. Labu Erlenmeyer dengan tutup gelas, dipakai untuk titrasi larutan yang mudah menguap.

Perawatan

Untuk perawatan Labu Erlenmeyer (erlenmeyer flask), pada umumnya sama seperti peralatan kimia yang berbahan gelas. Setelah penggunaan, dibilas dengan menggunakan air bersih terlebih dahulu agar sisa-sisa larutan yang masih ada pada labu erlenmeyer terbuangt. Dan terakhir cuci dengan detergen. Setelah semua proses selesai, keringkan terlebih dahulu dan sisimpan ditempatnya.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×