Pengenalan 9 Daftar Alat-alat Laboratorium Kimia

oleh | Okt 4, 2022 | Kimia

Hallo sahabat Blog Laboratorium, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengetahuan dasar yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi anda yang sedang belajar mengenai peralatan di laboratorium, disini saya akan menjelaskan pengenalan 9 daftar alat alat laboratorium kimia yang umum. Untuk mengetahui apa saja macam alatnya silahkan simak pembahasannya berikut ini.

9 Daftar Alat-alat Laboratorium Kimia

Berikut adalah pengenalan 9 daftar macam alat laboratorium yang harus anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Beker Gelas (Glass Beaker)

Beker Gelas (Glass Beaker)
Beker Gelas (Glass Beaker)

Beker Gelas (Glass Beaker) gelas piala atau kadang kala disebut sebagai gelas beker adalah sebuah wadah penampung yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan yang biasanya digunakan dalam laboratorium. Gelas piala secara umum berbentuk silinder dengan dasar yang rata. Sebagian besar juga memilki corot kecil (atau “paruh”) untuk membantu menuangkan. Gelas piala memiliki takaran namun jarang bahkan tidak diperbolehkan untuk mengukur volume suatu zat. Baca selengkapnya disini.

2. Botol Pereaksi (Reagent Bottle)

Botol Pereaksi (Reagent Bottle)
Botol Pereaksi (Reagent Bottle)

Botol reagen, juga dikenal sebagai botol media atau botol bertingkat, adalah wadah yang terbuat dari sebuah kaca, plastik, borosilikat atau zat terkait, dan diberi tutup atau sumbat khusus. Mereka dimaksudkan untuk mengandung bahan kimia dalam bentuk cair atau bubuk untuk laboratorium dan disimpan di lemari atau di rak. Baca selengkapnya disini.

3. Botol Semprot (Washing Bottle)

Botol Semprot (Washing Bottle)
Botol Semprot (Washing Bottle)

Botol Semprot (Washing Bottle) atau juga sering disebut botol pencuci adalah alat lab berupa botol tinggi bertutup yang terbuat dari plastik. Jadi tidak perlu takut menggunakannya karena tidak terbuat dari gelas dan akan terhindar dari pecah dan retak. Baca selengkapnya disini.

4. Buret (Burette)

Buret (Burette)
Buret (Burette)

Buret (Burette) adalah alat laboratorium yang terbuat dari bahan gelas berbentuk silinder yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya. Buret digunakan dalam percobaan yang memerlukan presisi seperti pada eksperimen titrasi dengan cara meneteskan sejumlah reagen cairan ke dalam obyek dalam wadah gelas di bawahnya. Baca selengkapnya disini.

5. Cawan Petri (Petri Dish)

Cawan Petri (Petri Dish)
Cawan Petri (Petri Dish)

Cawan Petri atau telepa petri merupakan sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakan sel. Cawan Petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Cawan Petri dinamai menurut nama penemunya pada tahun 1877, yaitu Julius Petri (1852-1921), ahli bakteri berkebangsaan Jerman. Baca selengkapnya disini.

6. Cawan Porselin (Porcelain Cup)

Cawan Porselin (Porcelain Cup)
Cawan Porselin (Porcelain Cup)

Cawan penguap (bahasa inggris: evaporating dish) adalah sebuah instrumen peralatan laboratorium yang biasanya digunakan sebagai wadah atau tempat penguapan bahan dari bahan yang tidak mudah menguap, seperti garam dapur, gula, dan sejenisnya. Baca selengkapnya disini.

7. Corong (Funnel)

Corong (Funnel)
Corong (Funnel)

Corong (Funnel) adalah alat laboratorium berbentuk kerucut (cerocok) dengan popa alir di ujungnya terdapat bagian seperti tabung yang sempit. Tersedia berbagai ukuran corong gelas diantaranya adalah kecil, sedang dan besar. Corong gelas berfungsi untuk membantu memindahkan larutan dari wadah yang satu ke wadah yang lainnya terutama yang bermulut kecil. Baca selengkapnya disini.

8. Corong Buchner (Buchner Funnel)

Corong Buchner (Buchner Funnel)
Corong Buchner (Buchner Funnel)

Corong Buchner adalah alat laboratorium yang terbuat dari porselin, gelas atau plastik, alat ini biasanya terbuat dari porselin, tetapi kadang kala ada juga yang terbuat dari kaca dan plastik. Pada bagian atas terdapat sebuah silinder dengan dasar yang berpori. Baca selengkapnya disini.

9. Corong Pemisah (Separator Funnel)

Corong Pemisah (Separator Funnel)
Corong Pemisah (Separator Funnel)

Corong pisah adalah peralatan laboratorium yang terbuat dari gelas yang biasanya digunakan untuk proses pemisahan cairan dari dua fase yang tidak dapat bercampur. Corong pemisah ini berbentuk kerucut yang ditutupi setengah bola. Dan alat ini mempunyai penyumbat di atasnya dan keran di bawahnya. Tersedia berbagai ukuran corong pemisah diantaranya adalah : 250 ml, 500 ml, dan 1000 ml. Baca selengkapnya disini.

Nah itulah pengenalan 9 daftar alat alat laboratorium kimia yang dapat saya jelaskan kepada anda semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dan jika anda ingin membeli peralatan laboratorium anda bisa mengunjungi website berikut ini yaitu di www.envilife.co.id, diasana menyediakan berbagai macam peralatan laboratorium yang sangat lengkap dan berkualitas serta harga yang kompetitif.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×