Apa Definisi Ikatan Kovalen Polar, Nonpolar & Kovalen Koordinasi

Apa yang dimaksud dengan ikatan kovalen polar? Ikatan kovalen yang dalam bahasa Inggris disebut “covalent bond”. Kovalen merupakan gabungan dari 2 kata yaitu co & valent. Co berarti bersama-sama, berkolega & kalimat lain sejenisnya. Sedangkan valent tak lain adalah valensi. Jadi co-valent bond (ikatan kovalen) adalah ikatan yg terjadi karena adanya pemakaian pasangan elektron secara bersama.

Ikatan Kovalen Polar

Ikatan kovalen yang terjadi antara dua atom yang berbeda disebut ikatan kovalen polar. Ikatan kovalen polar dapat juga terjdi antara dua atom yang sama tetapi memiliki keelektronegatifan yang berbeda.

Contoh ikatan kovalen polar:  HF

Dalam senyawa HF ini, F mempunyai keelektronegatifan yang tinggi jika dibandingkan H.. sehingga pasangan elektron lebih tertarik kearah F, akibatnya akan terbentuk dipol-dipol atau terjadi pengkutuban (terbentuknya kutub antara H dan F).

Ikatan Kovalen Nonpolar

Ikatan kovalen nonpolar adalah ikatan kovalen yang terjadi antara 2 atom yg sama & memiliki kelektronegatifan yang sama. Titik muatan negative electron persekutuan berhimpit, sehingga pada molekul pembentuknya tidak terjadi momen dipole, dengan perkataan lain bahwa electron persekutuan mendapat gaya tarik yang sama.

Contoh Ikatan Kovalen Nonpolar: H2

Ikatan Kovalen Koordinasi

Ikatan kovalen dg pasangan elektron berasal dari satu atom disebut ikatan kovalen koordinasi. Jadi ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang terjadi apabila pasangan electron yang dipakai bersama berasal dari salah satu atom yg membentuknya. Jadi disini terdapat satu atom pemberi pasangan electron bebas, sedangkan atom lain sebagai penerimanya. Ikatan kovalen koordinasi kadang-kadang dinyatakan dengan tanda panah (→) yg menunjukan arah donasi pasangan elektron.

Contoh Ikatan Kovalen Koordinasi: BF3NH3

5B = 1s2 2s2 2p1

9F = 1s2 2s2 2p5

7N = 1s2 2s2 2p3

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *