Pengertian Dan Fungsi Botol Pereaksi (Reagent Bottle)

Apakah anda seorang pelajar atau orng yang sering beraktifitas di laboratorium dan mungkin sering melihat atau menggunakan alat laboratorium kimia salah satu ini yaitu yang bernama Botol Pereaksi (Reagent Bottle). Nah maka dari itu perlu anda baca berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai pengertian Botol Pereaksi (Reagent Bottle) dan juga fungsinya berikut.

Botol Pereaksi (Reagent Bottle)
Botol Pereaksi (Reagent Bottle)

Daftar Isi:

Pengertian

Botol reagen, juga dikenal sebagai botol media atau botol bertingkat, adalah wadah yang terbuat dari sebuah kaca, plastik, borosilikat atau zat terkait, dan diberi tutup atau sumbat khusus. Mereka dimaksudkan untuk mengandung bahan kimia dalam bentuk cair atau bubuk untuk laboratorium dan disimpan di lemari atau di rak.

Ukuran botolyang umum termasuk 100 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml (1 liter) dan 2000 ml (2 liter). Botol reagen antik cenderung menyerupai botol apotek klasik dan memiliki sumbat kaca, sering kali tidak berukuran standar, sehingga botol dan sampel yang sangat tua harus disimpan dengan hati-hati., karena mengganti sumbat kaca yang hilang akan memerlukan pengerjaan kaca khusus.

Fungsi

Fungsi botol reagen ini biasanya digunakan untuk menyimpan larutam bahan kimia atau sering juga di gunakan untuk menyimpan indikator asam basa seperti fenolftalin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *