Alat-alat yang digunakan di Laboratorium IPA

oleh | Feb 24, 2023 | Laboratorium

Peralatan laboratorium digunakan untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta studi tertentu. Oleh karena itu, peralatan tersebut harus selalu siap digunakan kapan saja. Untuk memastikan agar peralatan selalu siap pakai, maka peralatan harus dalam kondisi baik. Peralatan laboratorium dianggap dalam kondisi baik jika memenuhi persyaratan siap pakai, bersih, berfungsi dengan baik, dan terkalibrasi. Sebaiknya, peralatan laboratorium dikelompokkan berdasarkan penggunaannya.

Di laboratorium IPA, konsep tersebut juga dapat diterapkan. Alat-alat yang digunakan di laboratorium IPA dibagi ke dalam beberapa kategori, seperti:

1. Alat kegiatan

Ini adalah alat-alat yang digunakan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran. Sebelum digunakan, alat-alat ini perlu dikalibrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan data yang akurat. Beberapa contoh alat yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi elektroskop, mikroskop, alat optik, kalorimeter, alat pengukur massa seperti neraca Ohauss, neraca digital, dan neraca pegas, serta alat seperti spektroskop, anemometer, multitester, dan lain sebagainya.

2. Alat-alat dasar

Ini adalah alat-alat yang digunakan untuk melengkapi alat-alat percobaan. Beberapa contoh alat yang termasuk dalam kategori ini adalah tabung reaksi, erlenmeyer, gelas kimia, selang plastik, pipa kapiler, Bunsen, kasa, kaki tiga, baterai, power supply, kawat, aluminium, dan lain sebagainya.

3. Alat peraga

Ini adalah alat-alat yang digunakan untuk melakukan demonstrasi atau memperagakan struktur objek IPA secara rinci. Beberapa contoh alat peraga meliputi kit IPA, torso, diorama, model, insektarium, dan sebagainya.

4. Charta, foto atau bagan

Ini adalah alat-alat yang digunakan untuk menjelaskan suatu konsep dalam IPA. Contohnya dapat berupa tabel, diagram, atau grafik yang memuat informasi inti dan keterkaitan antar konsep, sehingga memudahkan pemahaman konsep tersebut.

5. Perkakas dan alat penunjang

Ini adalah alat-alat yang digunakan untuk memperbaiki alat-alat laboratorium yang rusak dan untuk melindungi diri saat melakukan percobaan. Beberapa contoh alat termasuk obeng, tang, bor, solder, gunting, alat pemadam kebakaran, masker, jas laboratorium, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa macam alat-alat yang biasanya digunakan dalam laboratorium IPA yang dapat anda ketahui, mungkin itu saja pembahasan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Dan disini admin akan menginformasikan kepada teman-teman yang ingin membuat website dengan harga murah dan mendapatkan Gratis optimasi SEO silahkan hubungi kami sekarang juga.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/sitirohmah/" target="_self">Siti Rohmah</a>

Siti Rohmah

Content Creator

Saya adalah seorang penulis dan social media management specialist yang bergerak dibidang ini sejak tahun 2021 sampai sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×