Pengertian Dan Fungsi Pipa Kapiler

oleh | Nov 9, 2022 | Laboratorium

Hallo sahabat Blog Laboratorium, pada pembahasan kali ini disini saya akan memberkan penjelasan mengenai salah satu alat laboratorium yaitu yang bernama Pipa Kapiler, dalam penjelasan ini saya akan menjelaskan apa itu Pipa Kapiler dan juga apa saja fungsi dari Pipa Kapiler tersebut yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah sebuah peralatan laboratorium yaitu sebagai salah satu jenis alat ekspansi yang biasanya banyak digunakan pada unit yaitu di refrigerasi dengan sebuah kapasitas yang kecil, seperti domestik refrigerator, sistem refrigerasi, penyejuk udara dan juga frezeer dengan kapasitas refrigerasi berkisar 10 kW.

Fungsi Pipa Kapiler

Pada laboratorium, pipa kapiler ini biasanya digunakan yaitu pada praktikum KLT atau Kromatografi Lapis Tinggi, yang dapat berfungsi yaitu untuk mengumpulkan sampel cairan yang masuk ke dalam suatu tabung yang melawan gravitasi dalam proses yang disebut yaitu sebagai aksi kapiler. Dan untu di dalam bidang medis, pipa kapiler ini biasanya dapat digunakan yaitu untuk dapat membantu mengekstrak suatu sampel cairan yang jumlahnya sangat kecil untuk melakukan dianalisis, seperti sampel darah pada penderita diabetes, atau memindahkannya ke alat lain, seperti pada cawan petri dan mikroskop untuk dilakukan eksperimen lebih lanjut.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya untuk Pipa Kapiler ini yaitu terdapat banyak sekali macam atau jenisnya dan pada pembahasan ini yaitu khusu untuk Pipa Kapiler pada laboratorium. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan alat laboratorium kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dan jika anda ingin membeli berbagai macam peralatan laboratorium yang lengkap dan murah silahkan anda kunjungi link berikut ini. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

2 Komentar

  1. Bandi Parapak

    Mencari pipa kaca kapiler lurus ukuran sedang : Panjang 15 cm, Lebar 15 mm dan Tinggi 15 mm. Tolong Infokan kalau ada.

    Balas
    • Erwin Widianto

      Untuk peralatan laboratorium silahkan kunjungi website [envilife.co.id]

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×