Bomb Calorimeter: Pengertian, Fungsi Dan Macam-macam Bomb Calorimeter

Seperti yang kita ketahui sekarang seiring berkembanganya teknologi dari hari ke hari semakin banyak teknologi-teknologi baru yang muncul, dan salah satunya disini saya akan mengenalkan atau menjelaskan alat yang canggih yaitu alatnya yang bernama bomb calorimeter. Di artikel ini kita akan membahas apa definisi bomb calorimeter, apa fungsi bomb calorimeter, dan juga apa saja contoh macam-macam bomb calorimeter. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pembahasannya berikut ini.

Pengertian Bomb Calorimeter

Bomb calorimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kalori atau nilai kalor suatu bahan. Alat ini biasanya digunakan dalam analisis kimia untuk mengukur kalori yang dihasilkan oleh suatu reaksi kimia.

Bomb calorimeter terdiri dari sebuah tabung kecil yang dapat menampung bahan yang akan diukur kalorinya, dan dilengkapi dengan sebuah alat pengukur suhu dan sistem pemanas yang dapat menghasilkan panas yang cukup tinggi. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan bahan ke dalam tabung, lalu memanaskannya hingga terjadi reaksi kimia yang menghasilkan panas. Kemudian, alat akan mengukur perubahan suhu yang terjadi dan menghitung jumlah kalori yang dihasilkan berdasarkan perubahan suhu tersebut.

Bomb calorimeter dapat digunakan untuk mengukur kalori dari berbagai jenis bahan, seperti bahan bakar, makanan, dan bahan-bahan kimia lainnya. Hasil pengukuran dengan bomb calorimeter dapat digunakan untuk mengetahui jumlah energi yang tersimpan dalam suatu bahan, atau untuk menghitung kalori yang diperlukan dalam suatu reaksi kimia.

Fungsi Bomb Calorimeter

Fungsi utama dari bomb calorimeter adalah untuk mengukur kalori atau nilai kalor suatu bahan. Alat ini digunakan dalam analisis kimia untuk menentukan jumlah energi yang dihasilkan oleh suatu reaksi kimia.

Selain itu, bomb calorimeter juga dapat digunakan untuk mengukur kalori dari berbagai jenis bahan, seperti bahan bakar, makanan, dan bahan-bahan kimia lainnya. Hasil pengukuran dengan bomb calorimeter dapat digunakan untuk mengetahui jumlah energi yang tersimpan dalam suatu bahan, atau untuk menghitung kalori yang diperlukan dalam suatu reaksi kimia.

Selain itu, bomb calorimeter juga dapat digunakan dalam penelitian dan pengembangan bahan bakar atau bahan-bahan lain yang membutuhkan analisis kalori untuk menentukan kinerja dan efisiensinya. Alat ini juga dapat digunakan untuk menguji mutu bahan bakar atau bahan-bahan lain untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Prinsif kerja Bomb Calorimeter

Prinsip kerja bomb calorimeter adalah dengan memasukkan bahan ke dalam tabung kecil yang disebut bomb, lalu memanaskannya hingga terjadi reaksi kimia yang menghasilkan panas. Alat ini dilengkapi dengan sebuah alat pengukur suhu yang dapat mengukur perubahan suhu yang terjadi saat reaksi kimia berlangsung.

Setelah reaksi kimia selesai, alat akan mengukur perubahan suhu yang terjadi dan menghitung jumlah kalori yang dihasilkan berdasarkan perubahan suhu tersebut. Perhitungan kalori dilakukan dengan menggunakan rumus kimia yang dikenal sebagai rumus Kalor, yang menghitung jumlah kalori yang dihasilkan berdasarkan perubahan suhu dan massa bahan yang diukur.

Secara umum, prinsip kerja bomb calorimeter adalah dengan mengukur perubahan suhu yang terjadi saat reaksi kimia berlangsung, kemudian menghitung jumlah kalori yang dihasilkan berdasarkan perubahan suhu tersebut. Alat ini bergantung pada prinsip bahwa setiap reaksi kimia yang menghasilkan panas akan menyebabkan perubahan suhu, dan perubahan suhu tersebut dapat diukur dan dihitung untuk mengetahui jumlah kalori yang dihasilkan.

Manfaat Bomb Calorimeter

Seorang peneliti dapat menggunakan alat yang disebut bomb calorimeter untuk mengukur kalori yang terkandung dalam bahan tertentu. Ini berguna karena kalori merupakan satuan ukuran untuk mengukur energi yang terkandung dalam makanan atau bahan bakar lainnya. Dengan mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam suatu bahan, peneliti dapat menentukan jumlah energi yang akan diproduksi ketika bahan tersebut terbakar. Ini berguna untuk mengevaluasi kandungan energi dari berbagai jenis makanan atau bahan bakar, serta untuk mengembangkan cara-cara baru untuk mengubah bahan-bahan tersebut menjadi energi yang lebih efisien.

Prinsip percobaan Bomb Calorimeter

Prinsip dasar percobaan bomb calorimeter adalah mengukur jumlah panas yang diproduksi ketika bahan tertentu terbakar dalam suatu lingkungan tertutup yang konstan. Ini dilakukan dengan menyimpan bahan yang akan diuji dalam sebuah tabung kecil yang disebut “bomb” dan membakar bahan tersebut dengan menggunakan oksigen yang tersimpan dalam tabung tersebut. Selama proses pembakaran, panas yang diproduksi dari bahan tersebut akan menaikkan suhu air yang terdapat dalam sebuah tabung terpisah yang disebut calorimeter. Dengan mengukur perubahan suhu yang terjadi pada air dalam calorimeter, peneliti dapat menghitung jumlah panas yang diproduksi oleh bahan yang terbakar dan, dengan demikian, menghitung jumlah kalori yang terkandung dalam bahan tersebut.

Macam-Macam alat Bomb Calorimeter

Berikut ini adalah contoh daftar macam-macam bomb calorimeter, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manual Oxygen Bomb Calorimeter ENVILIFE OBC-1M

Manual Oxygen Bomb Calorimeter ENVILIFE OBC-1M

Deksripsi

Sistem pengukuran suhu kinerja tinggi dasar, stabilitas yang baik. Cacat: Hasil tes harus dikonversi secara manual.

Cocok untuk penentuan produk minyak bebas air (bensin, bahan bakar jet, minyak diesel dan bahan bakar minyak, dll.) dan bahan mudah terbakar seperti batu bara, kokas, penentuan kadar lilin parafin penentuan nilai kalori.

Spesifikasi Teknis

• Heat capacity14000 J/K~15000 J/K
• Temperature Measuring range(10 ~ 35)°C
• Resolution0.001 K
• Measurement accuracy± 60J/g
• Repeatability error≤0.2% (Grade C)
• Ambient Temperature20±5°C, the fluctuation is not more than 1°C during one test
• Data saved31 pieces
• Pressure endurance of bomb20 Mpa
• Relative humidity≤85%
• PowerAC 220V±5%, 50 Hz
• Dimension600mm×460mm×430m
• Total power consumptionLess 150 W

Jika anda tertarik ingin membeli alatnya anda bisa membeli alatnya disini.

2. Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1A+

Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1A+

Deskripsi

Kalorimeter Bom Oksigen Full Automatic Oxygen bomb kalorimeter menggunakan metode uji kalorimeter bom, untuk pengujian nilai kalor dapat digunakan untuk mengukur

nilai kalor sampel padat atau cair, pengukuran sampel dalam wadah tertutup (bom oksigen), lingkungan yang dipenuhi oksigen, panas yang dihasilkan oleh pembakaran, hasil pengukuran yang disebut nilai pembakaran, nilai kalor, BTU dan sebagainya.

Hasil nilai kalor memiliki nilai penentuan nilai lain untuk menentukan kualitas sampel sebagai dasar perhitungan harga (misalnya batubara), serta fisiologi (misalnya distribusi energi dalam ekologi, energi, metabolisme dalam studi nutrisi hewan, dll), kesimpulan fisik dan kimia.

Fitur

  • Mengadopsi teknologi mesin chip tunggal, layar LCD, sensor suhu akurasi tinggi dan perangkat konversi A/D berkinerja tinggi.
  • Prosedur pengujian sepenuhnya Setelah menempatkan sampel dan memasukkan parameter yang tepat, itu akan menyelesaikan semua prosedur tanpa gangguan manual. Dan mencetak data pengujian langsung setelah pengujian selesai.
  • Mengadopsi oksigen tertutup Seluruh struktur mengadopsi bahan stainless steel. Kekuatannya cukup untuk menahan uji hidrostatik 20MPa di bawah suhu kamar.
  • Tabung air bagian dalam instrumen terbuat dari pelat tipis stainless steel, volume air silinder air adalah 3000 gram, dan mixer listrik diatur dalam silinder air untuk memastikan suhu penangas air dari silinder air bagian dalam merata.
  • Jaket air luar instrumen adalah wadah berlapis ganda. Percobaan diisi dengan air. Suhu air di dalam silinder didistribusikan secara merata melalui agitator jaket air untuk membentuk lingkungan suhu konstan yang memenuhi kesimpulan uji fisik dan kimia.

Spesifikasi teknis

• Heat capacity14000 J/K~15000 J/K
• Measuring range(10 ~ 35)°C
• Resolution0.001 K
• Measurement accuracy± 60J/g
• Repeatability error≤0.2% (Grade C)
• Pressure endurance of bomb20 Mpa
• Operations Temperature15°C ~28°C
• Relative humidity≤85%
• Power: No more than 150W PowerAC 220V±5%, 50 Hz
• Dimension600mm×480mm×460m

Jika anda tertarik ingin membeli alatnya anda bisa membelinya disini.

3. Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1C

Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1C

Deskripsi

Kalorimeter bom oksigen untuk proses pengambilan sampel data cerdas, pengujian otomatis nilai kalori bahan mudah terbakar yang dikendalikan komputer dari instrumen pengujian otomatisasi, instrumen ini dapat digunakan secara luas untuk menentukan nilai kalori bahan mudah terbakar seperti batu bara, minyak, kokas dan parafin, dll. Ini adalah pilihan terbaik perusahaan di bidang termo-listrik, smelt, semen, kimia, dan lembaga penelitian ilmiah, dan lembaga pendidikan tinggi.

Fitur

  • Mengadopsi pendinginan semikonduktor untuk memutuskan kapasitas pendinginan sesuai dengan nilai kalori, instrumen dapat secara otomatis menyesuaikan suhu air dan menjaga air dalam kisaran suhu yang relatif konstan, mewujudkan persyaratan pengujian terus menerus dan lama, dan memastikan hasil pengujian benar.
  • Menggunakan port USB, nyaman untuk Satu komputer dapat mengontrol banyak set Kalorimeter Bom Oksigen.
    Dengan gelas ukur elektronik itu sendiri, tidak perlu menimbang air secara manual, dapat mengukur volume air secara otomatis, kesalahan berulang <0.4g
  • Secara otomatis mendeteksi resistansi filamen pengapian, secara otomatis memeriksa kondisi pemasangan filamen pengapian sebelumnya
  • Desain pipa standar, sangat memperpendek pipa, dan desain pipa yang lebih masuk akal untuk memastikan hasil pengujian yang lebih presisi.
  • Mengadopsi port air pembuangan profesional, lebih nyaman dan cepat saat instrumen menguras air atau mengganti
    Keseimbangan elektronik dengan fungsi komunikasi untuk berbagi data dengan

Spesifikasi teknis

· Measuring temperature range5°C ~ 40°C
· Temperature resolution0.0001°C
· RSD(Relative standard deviation)≤0.1%
· Test period≤13mins
· Measuring range5MJ/kg~40MJ/kg
· AccuracyBetter than GB/T213-2008 determination method of coal calorific value
· Pressure endurance of oxygen bomb20 Mpa
· Relative humidity≤85%
· Power supplyAC 220V±10V, 50 Hz
· Total power consumption≤0.2kW
· Outline dimension540mm×420mm×420mm(L×W×H)
· Net weight55kg

Jika anda ingin membeli alatnya anda bisa membelinya disini.

Cara menggunakan Bomb Calorimeter

Untuk menggunakan bomb calorimeter, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. pertama-tama Anda perlu memasukkan sampel yang ingin diuji ke dalam tabung terisolasi termal yang disebut bomb.
  2. Setelah itu, Anda perlu menambahkan oksigen ke dalam bomb dan menutupnya dengan rapat.
  3. Kemudian, Anda perlu mengukur suhu air di dalam calorimeter sebelum dan setelah pengukuran.
  4. Setelah itu, Anda dapat menghitung kalor yang dilepaskan oleh sampel dengan menggunakan rumus kalorimetry.

Cara merawat Bomb Calorimeter

Untuk merawat bomb calorimeter, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama Anda perlu membersihkan alat tersebut setelah setiap pengukuran. Hal ini penting untuk menghindari kontaminasi dari sampel sebelumnya yang dapat mengganggu hasil pengukuran.
  2. Anda juga perlu memeriksa kondisi tabung bomb dan memastikan bahwa semua bagiannya dalam keadaan baik dan bekerja dengan baik.
  3. Jika tabung bomb rusak atau tidak dapat diperbaiki, Anda perlu mengganti tabung bomb tersebut agar alat tetap dapat digunakan dengan benar.
  4. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi kalorimeter secara berkala untuk memastikan bahwa semua bagiannya dalam keadaan baik dan bekerja dengan baik.

Nah itulah pembahasan mengenai alat bomb calorimeter yang dapat Blog Lab jelaskan kepada anda, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *