Apa itu E-E-A-T? Fungsi, Cara Kerja, dan Tipsnya

oleh | Des 27, 2023 | Tutorial SEO

Apakah anda sering mendengar istilah E-E-A-T? Nah baru-baru ini kebetulan Google meluncurkan update algoritma besar-besar mengenai kualitas konten dan salah satunya yaitu E-E-A-T, lihat disini update algoritmanya. Dan maka dari itu saya akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu E-E-A-T berikut ini.

Pengertian E-E-A-T

E-E-A-T adalah singkatan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness, yang merupakan tiga faktor penting yang digunakan oleh Google untuk menilai kualitas dan kredibilitas sebuah situs web atau konten. E-E-A-T merupakan bagian dari Google Quality Rater Guidelines, yaitu dokumen yang berisi pedoman bagi para penilai kualitas Google yang bertugas untuk mengevaluasi hasil pencarian Google.

Experience

Experience atau Pengalaman adalah kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentang topik tertentu, yang diperoleh karena telah melakukan, melihat, atau merasakan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Experience dapat ditunjukkan dengan menggunakan kualifikasi, sertifikat, pengalaman, atau referensi yang relevan dengan topik tersebut. Experience juga dapat ditunjukkan dengan menggunakan bahasa yang tepat, akurat, dan mendalam, serta menyediakan sumber atau bukti yang dapat diverifikasi.

Expertise

Expertise adalah kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki oleh pembuat konten atau situs web tentang topik tertentu. Expertise dapat ditunjukkan dengan menggunakan kualifikasi, sertifikat, pengalaman, atau referensi yang relevan dengan topik tersebut. Expertise juga dapat ditunjukkan dengan menggunakan bahasa yang tepat, akurat, dan mendalam, serta menyediakan sumber atau bukti yang dapat diverifikasi.

Authoritativeness

Authoritativeness atau Otoritas adalah tingkat pengakuan atau reputasi yang dimiliki oleh pembuat konten atau situs web di bidang atau industri tertentu. Otoritas dapat ditunjukkan dengan memiliki nama, logo, atau merek yang dikenal, serta mendapatkan ulasan, testimoni, atau penghargaan yang positif dari pihak yang terpercaya. Otoritas juga dapat ditunjukkan dengan memiliki backlink, sitasi, atau tautan dari situs web atau konten lain yang memiliki otoritas tinggi.

Trustworthiness

Trustworthiness atau Kepercayaan adalah tingkat kejujuran, transparansi, dan keamanan yang dimiliki oleh pembuat konten atau situs web. Kepercayaan dapat ditunjukkan dengan menyediakan informasi yang benar, lengkap, dan terbaru, serta mengoreksi atau menghapus informasi yang salah atau kadaluarsa. Kepercayaan juga dapat ditunjukkan dengan menyediakan informasi kontak, kebijakan privasi, syarat dan ketentuan, serta sertifikat SSL yang valid.

Fungsi E-E-A-T

Fungsi utama dari E-E-A-T adalah untuk membantu Google menentukan situs web atau konten mana yang paling relevan, bermanfaat, dan dapat dipercaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan menggunakan E-E-A-T, Google dapat memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik dan lebih aman bagi pengguna, serta menghindari situs web atau konten yang menyesatkan, tidak akurat, atau berbahaya.

E-E-A-T juga berfungsi sebagai pedoman bagi para pembuat konten untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas konten mereka, sehingga dapat meningkatkan peringkat dan trafik mereka di Google. Dengan menerapkan E-E-A-T, para pembuat konten dapat menunjukkan keahlian, otoritas, dan kepercayaan mereka kepada pengguna dan Google, serta membedakan diri mereka dari kompetitor.

Cara Kerja E-E-A-T

Cara kerja E-E-A-T adalah dengan menggunakan berbagai sinyal dan metrik yang dapat mengukur tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan sebuah situs web atau konten. Beberapa sinyal dan metrik tersebut antara lain adalah:

1. Keahlian (Expertise)

Keahlian adalah kemampuan atau pengetahuan yang dimiliki oleh pembuat konten atau situs web tentang topik tertentu. Keahlian dapat ditunjukkan dengan menggunakan kualifikasi, sertifikat, pengalaman, atau referensi yang relevan dengan topik tersebut. Keahlian juga dapat ditunjukkan dengan menggunakan bahasa yang tepat, akurat, dan mendalam, serta menyediakan sumber atau bukti yang dapat diverifikasi.

2. Otoritas (Authoritativeness)

Otoritas adalah tingkat pengakuan atau reputasi yang dimiliki oleh pembuat konten atau situs web di bidang atau industri tertentu. Otoritas dapat ditunjukkan dengan memiliki nama, logo, atau merek yang dikenal, serta mendapatkan ulasan, testimoni, atau penghargaan yang positif dari pihak yang terpercaya. Otoritas juga dapat ditunjukkan dengan memiliki backlink, sitasi, atau tautan dari situs web atau konten lain yang memiliki otoritas tinggi.

3. Kepercayaan (Trustworthiness)

Kepercayaan adalah tingkat kejujuran, transparansi, dan keamanan yang dimiliki oleh pembuat konten atau situs web. Kepercayaan dapat ditunjukkan dengan menyediakan informasi yang benar, lengkap, dan terbaru, serta mengoreksi atau menghapus informasi yang salah atau kadaluarsa. Kepercayaan juga dapat ditunjukkan dengan menyediakan informasi kontak, kebijakan privasi, syarat dan ketentuan, serta sertifikat SSL yang valid.

Tips Menerapkan E-E-A-T

Untuk menerapkan E-E-A-T dengan baik, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

Tentukan topik dan tujuan konten Anda

Anda harus mengetahui topik dan tujuan konten Anda dengan jelas, serta menyesuaikannya dengan kebutuhan dan minat pengguna. Anda juga harus memastikan bahwa topik dan tujuan konten Anda sesuai dengan bidang atau industri Anda, serta memiliki nilai tambah atau manfaat bagi pengguna.

Tunjukkan keahlian Anda

Anda harus menunjukkan keahlian Anda dengan menggunakan kualifikasi, sertifikat, pengalaman, atau referensi yang relevan dengan topik konten Anda. Anda juga harus menggunakan bahasa yang tepat, akurat, dan mendalam, serta menyediakan sumber atau bukti yang dapat diverifikasi. Anda dapat menggunakan format seperti artikel, blog, video, podcast, webinar, ebook, atau kursus online untuk menunjukkan keahlian Anda.

Bangun otoritas Anda

Anda harus membangun otoritas Anda dengan memiliki nama, logo, atau merek yang dikenal, serta mendapatkan ulasan, testimoni, atau penghargaan yang positif dari pihak yang terpercaya. Anda juga harus memiliki backlink, sitasi, atau tautan dari situs web atau konten lain yang memiliki otoritas tinggi. Anda dapat menggunakan strategi seperti SEO, media sosial, email marketing, influencer marketing, atau PR untuk membangun otoritas Anda.

Tingkatkan kepercayaan Anda

Anda harus meningkatkan kepercayaan Anda dengan menyediakan informasi yang benar, lengkap, dan terbaru, serta mengoreksi atau menghapus informasi yang salah atau kadaluarsa. Anda juga harus menyediakan informasi kontak, kebijakan privasi, syarat dan ketentuan, serta sertifikat SSL yang valid. Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics, Google Search Console, Google My Business, atau Google Alerts untuk meningkatkan kepercayaan Anda.

Demikian artikel yang saya buat tentang E-E-A-T. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Terima kasih telah membaca.

Sumber artikel: dailysocial.id, developers.google.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×