Apa itu Backlink? Jenis, Fungsi, Cara Kerja dan Manfaatnya

oleh | Des 28, 2023 | Tutorial SEO

Apakah Anda tahu apa itu backlink? Jika Anda memiliki website atau blog, Anda pasti pernah mendengar istilah ini. Backlink adalah salah satu faktor yang mempengaruhi performa website Anda di mesin pencari, seperti Google. Namun, apa sebenarnya backlink itu? Bagaimana jenis, fungsi, cara kerja, dan manfaatnya? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan Anda tentang backlink secara lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Backlink

Jadi, Backlink adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia SEO (Search Engine Optimization). Backlink adalah link yang mengarah dari satu website ke website lain, yang biasanya digunakan untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website serta kontennya. Backlink juga berpengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari seperti Google. Namun, tidak semua backlink memiliki kualitas dan dampak yang sama.

Ada beberapa jenis, fungsi, cara kerja, dan manfaat backlink yang perlu Anda ketahui. Artikel ini akan menjelaskan semuanya secara lengkap dan mudah dipahami.

Jenis-jenis Backlink

Ada dua jenis backlink utama yang perlu Anda ketahui, yaitu internal backlink dan external backlink.

1. Internal Backlink

Internal backlink adalah link yang menghubungkan dua halaman web di satu domain yang sama. Tujuan dari internal backlink adalah untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi lebih lanjut tentang suatu topik atau membaca konten lain yang relevan. Internal backlink juga berguna untuk meningkatkan durasi kunjungan, mengurangi bounce rate, dan memperkuat struktur website.

Contoh internal backlink adalah zuatu link yang saya gunakan di artikel ini untuk mengarahkan Anda ke artikel lain yang masih satu domain itu sendiri.

2. External Backlink

External backlink adalah link yang mengarah dari satu website ke website lain yang berbeda domain. Tujuan dari external backlink adalah untuk memberikan referensi atau sumber yang mendukung konten website. External backlink juga berguna untuk meningkatkan otoritas, relevansi, dan popularitas website di mata mesin pencari dan pengunjung.

Contoh external backlink adalah suatu link yang saya gunakan di artikel ini untuk mengarahkan Anda ke website lain yang membahas tentang backlink.

Dari kedua jenis backlink diatas secara umum, selain itu juga backlink di kategorikan dalam beberapa jenis lainnya seperti backlink nofollow, dofollow dan sponsored:

Backlink Nofollow

Backlink nofollow adalah jenis tautan yang tidak memberikan “juice” SEO kepada situs web yang ditautkan. Dengan kata lain, meskipun ada tautan dari suatu situs ke situs lain, tautan tersebut tidak membantu situs yang ditautkan untuk meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian.

Faktor nofollow biasanya ditambahkan ke tautan oleh pemilik situs atau pengelola konten untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa mereka tidak ingin mentransfer otoritas SEO ke situs yang ditautkan. Ini bisa dilakukan untuk berbagai alasan, termasuk untuk menghindari spam atau untuk mengikuti pedoman tertentu dari mesin pencari.

Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah tautan yang memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut ke situs web yang ditautkan. Ini dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat SEO situs web Anda. Penting untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs web yang relevan dengan konten Anda.

Backlink Sponsored

Backlink Sponsored adalah backlink yang menggunakan atribut sponsored, yang menandakan bahwa backlink tersebut adalah hasil dari kerjasama atau pembayaran. Backlink Sponsored biasanya digunakan untuk tujuan promosi, advertorial, atau endorsement. Backlink Sponsored tidak memiliki dampak yang besar untuk SEO, karena mesin pencari menganggapnya sebagai backlink yang tidak alami atau organik.

Backlink Sponsored juga dapat berisiko jika melanggar pedoman kualitas webmaster Google. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan backlink jenis ini. Jika Anda ingin mendapatkan backlink yang berkualitas dan bermanfaat untuk SEO, Anda sebaiknya menggunakan backlink dofollow yang relevan dengan konten dan niche website Anda.

Anda juga dapat menggunakan beberapa metode backlink building yang efektif, seperti membuat konten yang menarik, memanfaatkan platform lain, atau melakukan guest posting. Dan selain itu, ada tools yang dapat membantu anda mencari backlink berkualitas tinggi, untuk informasi lengkapnya silahkan baca artikel ini “Apa itu Seedbacklink? Cara Kerja, Manfaat dan Cara Daftarnya“.

Fungsi Backlink

Backlink memiliki beberapa fungsi penting bagi website, baik dari segi SEO maupun user experience. Berikut adalah beberapa fungsi backlink yang perlu Anda ketahui:

  • Mempercepat proses indeks oleh mesin pencari. Backlink membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman web Anda dengan lebih cepat dan akurat. Hal ini karena backlink memberikan sinyal bahwa website Anda memiliki konten yang berkualitas dan relevan dengan topik yang dicari.
  • Meningkatkan trafik. Backlink membantu website Anda mendapatkan pengunjung dari sumber yang beragam, baik dari website lain yang memberikan link, maupun dari mesin pencari yang menampilkan website Anda di hasil pencarian. Backlink juga membantu website Anda menargetkan audiens yang tepat dan tertarik dengan konten Anda.
  • Meningkatkan domain authority. Domain authority adalah skor yang menunjukkan seberapa besar kepercayaan dan kredibilitas website Anda di mata mesin pencari. Domain authority dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke website Anda. Semakin banyak dan berkualitas backlink yang Anda miliki, semakin tinggi domain authority Anda.
  • Meningkatkan page authority. Page authority adalah skor yang menunjukkan seberapa besar kepercayaan dan kredibilitas halaman web Anda di mata mesin pencari. Page authority dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke halaman web Anda. Semakin banyak dan berkualitas backlink yang Anda miliki, semakin tinggi page authority Anda.
  • Membangun reputasi website. Backlink membantu website Anda membangun reputasi sebagai sumber informasi yang handal dan berwibawa di bidangnya. Backlink juga membantu website Anda membangun relasi dengan website lain yang memiliki niche yang sama atau terkait. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan backlink lebih banyak lagi di masa depan.

Cara Kerja Backlink

Backlink beroperasi dengan tiga prinsip utama, yaitu membangun hubungan antar website, meningkatkan otoritas dan relevansi, dan mendorong peningkatan peringkat di mesin pencari.

  • Membangun hubungan antar website. Backlink merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan antar website yang saling memberikan manfaat. Website yang memberikan backlink dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjungnya dengan menyediakan informasi yang lebih lengkap dan mendalam. Website yang menerima backlink dapat mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari website lain yang memiliki otoritas di bidangnya.
  • Meningkatkan otoritas dan relevansi. Backlink merupakan salah satu faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan otoritas dan relevansi website. Mesin pencari menganggap backlink sebagai rekomendasi atau suara dari website lain yang mendukung konten website Anda. Semakin banyak dan berkualitas backlink yang Anda miliki, semakin tinggi otoritas dan relevansi website Anda.
  • Mendorong peningkatan peringkat di mesin pencari. Backlink merupakan salah satu faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat website di hasil pencarian. Mesin pencari menggunakan algoritma yang kompleks untuk menghitung bobot dan nilai dari setiap backlink yang mengarah ke website Anda. Semakin tinggi bobot dan nilai backlink yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat website Anda.

Manfaat Backlink untuk Website

Backlink memiliki banyak manfaat bagi website, baik dari segi SEO maupun bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat backlink yang perlu Anda ketahui:

  • Meningkatkan visibilitas website. Backlink membantu website Anda meningkatkan visibilitas di mesin pencari dengan menempatkan website Anda di posisi yang lebih tinggi dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Backlink juga membantu website Anda meningkatkan visibilitas di website lain yang memberikan link, yang dapat menarik perhatian dan minat pengunjungnya.
  • Meningkatkan konversi website. Backlink membantu website Anda meningkatkan konversi dengan mengarahkan pengunjung yang berkualitas dan potensial ke website Anda. Backlink juga membantu website Anda meningkatkan konversi dengan meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas website Anda di mata pengunjung. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan pengunjung untuk melakukan aksi yang Anda inginkan, seperti berlangganan, membeli, atau menghubungi Anda.
  • Meningkatkan pendapatan website. Backlink membantu website Anda meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan trafik dan konversi website Anda. Backlink juga membantu website Anda meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan otoritas dan reputasi website Anda di bidangnya. Hal ini dapat mempengaruhi kesempatan Anda untuk mendapatkan peluang bisnis yang lebih besar dan lebih menguntungkan.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang backlink. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Dan selain itu bagi anda yang sedang mencari jasa optimasi website silahkan hubungi kami sekarang juga melalui kontak yang tersedia di website ini.

Sumber artikel: www.hostinger.co.id

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×