Pengertian SEO dan Cara Kerjanya

oleh | Jul 4, 2023 | Tutorial SEO, Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses optimasi situs web atau konten online agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya. Tujuan utama SEO adalah meningkatkan visibilitas, trafik, dan konversi situs web atau konten online di hasil pencarian organik.

SEO terdiri dari dua aspek utama, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. On-page SEO adalah optimasi yang dilakukan di dalam situs web atau konten online itu sendiri, seperti Internal Linking, Page structure, Image Optimization, Meta Tags, Content Optimization, User experience, Check search intent, Keyword consolidation. Off-page SEO adalah optimasi yang dilakukan di luar situs web atau konten online itu sendiri, seperti pembangunan backlink, sosial media, influencer marketing, guest posting, dan lainnya.

Cara kerja SEO adalah dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari yang terus berkembang dan berubah. Algoritma mesin pencari adalah kumpulan aturan atau kriteria yang digunakan untuk menentukan urutan hasil pencarian organik berdasarkan relevansi, kualitas, autoritas, dan popularitas situs web atau konten online. Algoritma mesin pencari juga menggunakan faktor-faktor seperti lokasi pengguna, perangkat pengguna, riwayat pencarian pengguna, dan lainnya untuk memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Baca juga artikel berikut ini tentang cara meningkatkan trafik website.

Untuk mengoptimalkan situs web atau konten online agar sesuai dengan algoritma mesin pencari, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan, populer, dan kompetitif untuk ditargetkan di situs web atau konten online.
  • Menulis judul yang menarik dan informatif yang mengandung kata kunci utama dan sekunder.
  • Menulis meta deskripsi yang singkat dan jelas yang menjelaskan isi situs web atau konten online dan mengandung kata kunci utama dan sekunder.
  • Menggunakan URL yang pendek dan mudah dibaca yang mengandung kata kunci utama.
  • Menggunakan heading (H1-H6) untuk membagi dan mengatur isi situs web atau konten online menjadi bagian-bagian yang logis dan hierarkis.
  • Menulis konten yang berkualitas, orisinal, relevan, dan bermanfaat untuk pengguna dan mengandung kata kunci utama dan sekunder secara alami dan variasi.
  • Menggunakan gambar yang berkualitas, relevan, dan dioptimalkan dengan memberikan nama file, alt text, caption, dan ukuran yang sesuai.
  • Menggunakan internal link untuk menghubungkan halaman-halaman di dalam situs web atau konten online yang saling terkait dan memberikan nilai tambah bagi pengguna.
  • Menggunakan external link untuk mengutip sumber-sumber terpercaya yang mendukung isi situs web atau konten online dan meningkatkan kredibilitasnya.
  • Mengukur dan menganalisis performa situs web atau konten online dengan menggunakan alat-alat seperti Google Analytics, Google Search Console, Bing Webmaster Tools, dan lainnya.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam melakukan SEO, antara lain:

  • Melakukan keyword stuffing atau penggunaan kata kunci secara berlebihan atau tidak wajar yang dapat mengurangi kualitas dan relevansi situs web atau konten online.
  • Melakukan duplicate content atau penyalinan isi dari situs web atau konten online lain tanpa memberikan atribusi yang jelas yang dapat menurunkan orisinalitas dan autoritas situs web atau konten online.
  • Melakukan cloaking atau penyembunyian isi sebenarnya dari situs web atau konten online dari mesin pencari dengan menampilkan isi yang berbeda kepada pengguna yang dapat menyesatkan pengguna dan melanggar pedoman mesin pencari.
  • Melakukan link spamming atau pembuatan backlink secara tidak alami atau tidak relevan dari situs web atau konten online berkualitas rendah yang dapat merusak reputasi dan popularitas situs web atau konten online.

Demikianlah pengertian SEO dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan situs web atau konten online Anda agar dapat mencapai hasil yang maksimal di mesin pencari. Terima kasih telah membaca.😊

Hubungi kami sekarang juga untuk penawaran jasa SEO.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×