Bing Webmaster Tools: Panduan Lengkap Cara Menggunakannya

oleh | Agu 9, 2023 | Tutorial SEO

Hallo sobat BLOGLAB apakah anda seorang SEO atau pemilik bisnis anda wajib melakukan hal ini yaitu mendafatarkan website anda ke Bing Webmaster Tools, lantas kenapa diwajibkan? Nah jawabannya karena supaya website anda dapat terindex di mesin pencari bing.com.

Di pembahasan sebelumnya admin sudah menjelaskan kepada anda yaitu cara mendaftarkan website ke google search console agar website anda terindex di mesin pencari google, nah untuk tutorial ini tidak jauh beda tujuannya adalah untuk mengirimkan website kita mesin pencari agar dapat terindex di mesin pencari, dan perlu anda ketahui bagi setiap search enggine atau mesin pencari itu memiliki fitur masing-masing yang berbeda contohnya Google mempunyai “Google Serach Console” atau Google Webmaster Tools dan Bing mempunyai tools yang namanya “Bing Webmaster Tools” yang kita bahas sekarang ini.

Dan di artikel ini saya akan menjelaskan kepada anda bagimana panduan lengkap tentang penggunaan Bing Webmaster Tools. Untuk itu silahkan baca pembahasan ini sampai akhir.

Apa itu Bing Webmaster Tools?

Bing Webmaster Tools (Bing WMT)

Bing Webmaster Tools (Bing WMT) adalah layanan gratis dari Microsoft yang memungkinkan webmaster untuk menambahkan situs web mereka ke perayap Bing dan melihat kinerja situs mereka di Bing. Bing WMT menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu webmaster meningkatkan peringkat situs web mereka di Bing, termasuk:

  • Laporan kinerja: Laporan ini menunjukkan kepada webmaster bagaimana situs web mereka tampil di Bing, termasuk jumlah klik, tayangan, dan peringkat.
  • Laporan indeks: Laporan ini menunjukkan kepada webmaster halaman mana yang telah diindeks oleh Bing dan bagaimana halaman tersebut diperingkat.
  • Laporan tautan masuk: Laporan ini menunjukkan kepada webmaster situs web mana yang menautkan ke situs web mereka dan berapa banyak tautan yang diterimanya.
  • Alat pemeriksa tautan: Alat ini memungkinkan webmaster untuk memeriksa apakah tautan ke situs web mereka berfungsi dengan benar.
  • Alat pemindaian situs: Alat ini memungkinkan webmaster untuk memindai situs web mereka untuk masalah teknis yang dapat memengaruhi peringkatnya di Bing.
  • Alat pelacakan kesalahan: Alat ini memungkinkan webmaster untuk melacak kesalahan yang terjadi saat Bing mencoba merayapi situs web mereka.

Bing WMT adalah alat yang berharga bagi webmaster yang ingin meningkatkan peringkat situs web mereka di Bing. Dengan menggunakan Bing WMT, webmaster dapat mendapatkan wawasan tentang kinerja situs web mereka di Bing dan membuat perubahan yang dapat meningkatkan peringkatnya.

Apa manfaat Bing WMT?

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Bing Webmaster Tools:

  • Anda dapat melihat bagaimana situs Anda tampil di hasil pencarian Bing.
  • Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan di situs Anda yang dapat memengaruhi peringkatnya.
  • Anda dapat melacak backlink ke situs Anda dan melihat dari mana mereka berasal.
  • Anda dapat melihat halaman mana di situs Anda yang telah diindeks oleh Bing.
  • Anda dapat mengirimkan peta situs ke Bing sehingga situs Anda dapat diindeks dengan lebih cepat.

Bagimana cara menggunakan Bing Webmaster Tools?

Untuk langkah-langkah penggunaan Bing Webmaster Tools kita akan membahasnya dibawah ini:

1. Cara daftar atau verifikasi Website ke Bing Webmaster Tools

Berikut ini adalah tata cara bagimana mendaftarkan website anda ke Bing Webmaster Tools:

  • Pertama-tama silahkan anda kunjungi website resminya disini.
langkah 1 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Untuk memulainya silahkan anda klik “Get started
  • Untuk mempermudah registrasi selanjutnya silahkan anda login menggunakan alamat email dari google yaitu gmail, silahkan anda login menggunakan gmail anda.
langkah 2 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Maka anda sudah berhasil membuat akunya hanya dengan login menggunakan akun gmail dan anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah ini.
langkah 3 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Nah untuk mendaftarkan website kita ke Bing WMT disini anda diberikan 2 alternatif yang bisa anda pilih:
    • Menggunakan Google Serach Console: Menginfor data dari google webmater tools, tidak memerlukan verifikasi sorce code (Rekomendasi)
    • Menambahkan secara manual: Memverifikasi website secara manual ke Bing webmaster tools
  • Untuk mempermudah proses verifikasi website ke bing webmaster tools admin sarankan menggunakan alternatif yang pertama yaitu menggunakan google search console yang sebelumnya pernah anda buat. Jika belum mendaftarkan website ke google search console silahkan baca artikel ini “Cara Memasang Google Analytics 4 di WordPress“.
  • Selanjutnya silahkan anda klik “Import“.
langkah 4 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Selanjutnya silahkan klik “Continue
langkah 5 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Silahkan login dengan alamat gmail website yang di daftarkan ke google webmaster tools sebelumnya
langkah 6 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman perizinan dimana anda harus menginzinkan bing webmaster tools dengan google search console agar dapat singkronisasi caranya klik “Izin
langkah 7 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Pada tahap ini anda akan diarahkan ke halaman daftar website yang sebelumnya ada di google search console, pada bagian ini anda bisa menambahkan website ke bing webmaster tools secara masal atau hanya satu website saja, caranya anda tinggal ceklis website yang ingin anda daftarkan ke bing webmaster tools lalu klik “Import
langkah 7 verifikasi website ke bing webmaster tools
  • Setelah itu silahkan tunggu sampai proses import website selesai.
selesai verifikasi website ke bing webmaster tools

Nah sampai di tahap ini untuk proses pendaftaran website ke bing webmaster tools menggunakan GSC sudah berhasil dilakukan dengan mudah.

Setelah anda mendaftarkan website anda ke bing webmaster tools selanjutnya anda harus tahu apa saja fitur-fitur yang ada di bing webmaster tools tersebut, untuk itu jangan sampai sini membaca silahkan baca terus pembahasannya berikut ini.

2. Menu Home di Bing Webmaster Tools

Menu Home di Bing Webmaster Tools

Pada menu “Home” anda akan melihat ringkasan laporan yang website anda di bing dari mulai rekomendasi optimasi, fitur baru bing, dan report performance website.

3. Menu Search Performance di Bing WMT

Menu Search Performance Bing WMT

Pada menu “Search Performance” ini anda bisa melihat report performance website anda di mesin pencari bing dari mulai mengetahui jumlah Clicks, Impressions, Avg. CTR, Avg. Position, Crawl Requests, Crawl Error, dan Indexed Pages.

  • Clicks: Adalah jumlah orang yang mengklik website kita dari sumber bing.com
  • Impressions: Adalah jumlah tayangan website kita yang muncul di bing.com
  • Avg. CTR: Adalah persentasi jumlah tayangan website di bing yang mengklik website anda
  • Avg. Position: Adalah rata-rata peringkat website anda di bing.com
  • Crawl Requests: Adalah jumlah permintaan Crawl terhadap bing bot yang anda minta.
  • Crawl Error: Adalah jumlah url yang gagal di Crawl atau di rayapi oleh bing bot.
  • Indexed Pages: Adalah total URL website anda yang terindex di bing.com
Menu Search Performance Bing WMT keyword

Dan selanjutnya pada bagian bawah anda akan melihat kueri pencarian yang dilakukan oleh user secara oranik melalui mesin pencari bing yaitu terdapat list keyword yang bisa anda lihat seperti gambar diatas.

4. Menu URL Inspection di Bing WMT

Menu URL Inspection di Bing WMT

Pada menu “URL Inspection” di Bing Webmaster Tools ini yaitu menu yang dapat anda gunakan untuk melakukan pengujian alamat URL website anda di bing, untuk mengetahui apakah ada eror dan sebagainya yang mengikuti pedoman atau persyaratan index di bing.

Dan disini admin juga akan memberikan tutorial bagiaman caranya melakukan URL inspection di Bing Webmaster Tools, lihat caranya berikut ini:

  • Silahkan tentukan URL mana yang ingin anda cek, contohnya https://www.rakyatbicara.id/pendidikan/dana-bos-sman-56-jakarta-barat-di-duga-proyek-siluman/ yang ingin saya cek di menu Inspection Bing.
  • Setelah anda mendapatkan URL yang ingin anda cek selanjutnya silahkan anda salin dan pastekan URL pada kolom URL Inspection lalu klik “Inspection
Menu URL Inspection di Bing WMT
  • Dan silahkan anda tunggu beberapa saat, selanjutnya anda akan melihat report atau hasil pengujian apakah ada eror atau peringatan
URL Inspection di Bing WMT
  • Perlu anda ketahui jika pada report anda terdapat keterangan “Indexed successfully” itu tandanya URL website anda siap di index di bing dan jika terdapat icon X itu tandaya ada masalah yang terdapat pada URL website anda.
  • Setelah anda melakukan Inspection dan tidak mengalami masalah dalam indexed selanjutnya jangan lupa untuk mengirimkan permintaan index ke bing caranya dengan klik “Request indexing
sumbit url ke bing

Dan pada tahap ini anda berhasil mengirimkan permintaan kepada bing agar URL website anda di index olehnya. Namun untuk melakukan request index secara masalah anda bisa menggunakan salah satu fitur lainnya dari bing yaitu dengan mengirimkan peta situs website anda atau sitemap.xml pada pembahasan Menu “Sitemaps

5. Menu Site Explorer di Bing WMT

Menu Site Explorer di Bing WMT

Pada menu “Site Explorer” ini anda akan melihat tampilan direktori hasil perayapan yang dilakukan oleh bot dari bing, dan di gambar diatas belum tersedia direktori website anda karena anda baru mendaftarkan website anda ke bing webmaster, untuk mengetahuinya silahkan anda cek beberapa minggu atau bulan kemudian harinya dan anda akan melihat direktori atau struktur website anda di menu ini.

6. Menu Sitemaps di Bing Webmaster Tools

submit sitemap.xml ke bing webmater tools

Pada menu “Sitemaps” ini berfungsi untuk mengirmkan URL website anda ke bing secara masal untuk mempermudah bing bot merayapi website anda, untuk mengetahui cara mengirimkan peta ditus website anda atau sitemap.xml ke bing silahkan ikuti langkah-langkahya berikut ini:

  • Silahkan anda salin URL sitemap.xml website anda
  • Selanjutnya silahkan klik “Submit sitemap
submit sitemap.xml ke bing webmater tools
  • Selanjutnya silahkan anda pastekan alamat URL sitemap website anda yang tadi anda salin di kolom seperti gambar dibawah ini
submit sitemap.xml ke bing webmater tools
  • Selanjutnya silahkan klik “Submit” dan selelsai selanjutnya anda tinggal menungu bing bot untuk merayapi website anda jika website anda mematuhi kebijakan dari search enggine bing maka akan terindex di bing dan jika sebaliknya URL website anda tetap akan no index dan akan memberikan alasan kenapa URL anda tidak terindex

7. Menu IndexNow di Bing WMT

Menu IndexNow di Bing WMT

Pada menu “IndexNow” ini adalah menu khusus yang dibuat untuk pengguna CMS dari WordPress yaitu sebuah plugin resmi yang dikembangkan oleh bing yang berfungi untuk melakukan index secara otomatis ketika anda melakukan update di website atau menampahkan post baru di website dan jika anda sudah menginstal plugin IndexNow ini anda akan otomatis mengirmkan permintaan submit url tersebut ke bing.

Nah dan untuk cara instal plugin IndexNow di WordPress anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Silahkan anda login ke dasbord wordpress anda dengan admin
  • Silahkan pergi ke menu Plugin > Tambah Baru > Cari plugin yang bernama IndexNow lalu instal dan aktifkan pluginnya
instal plugin indexnow di wordpress
  • Setelah anda mengaktifkan plkugin IndexNow selanjutnya silahkan anda pergi ke menu Pengaturan > IndexNow > dan klik “Let’s Get Started!
aktifkan plugin indexnow bing di wordpress
  • Dan selesai plugin IndexNow anda sudah terintegrasi dengan bing webmaster anda, ketika anda melakukan atau membuat postingan baru di wordpress maka sudah otomatis mengirimkan permintaan ke bing webmaster tools agar postingan baru anda di index di mesin pencari bing
otomatis submit url ke bing di wordpress

8. Menu URL Submission di Bing WMT

Pada menu “URL Submission” ini yaitu menu untuk menampilkan kuota yang diberikan oleh bing kepada anda untuk melakukan pemintaan index secara manual melalui URL Inspection atau melalui plugin IndexNow, dari bing anda di beri kuota 100 URL / bulan untuk mengirimkan permintaan index ke bing secara manual.

9. Menu SEO di Bing WMT

Lalu menu selanjutnya di bing webmaster tools yaitu menu “SEO” dimana menu ini adalah menu yang dapat anda gunakan untuk mengetahui data-data SEO seprti:

  • Backlink: Jumlah backlink atau tautan external yang masuk ke website anda
cek backlink website di bing webmaster
  • Keyword Research: Adalah tools yang dapat anda gunakan untuk melakukan riset ide kata kunci berdasarkan data dari pencarian user di bing.com
cara research keyword di bing WMT
  • SEO Reports: adalah tools untuk menampilkan report performance SEO website anda di Bing
cara melihat SEO website di bing
  • Site Scan: Adalah tools yang disediakan oleh bing webmaster tools yaitu untuk mengaudith website anda.
cara autdit website di bing

10. Menu Configuration di Bing WMT

kontol url blok dan waktu index di bing

Untuk menu “Configuration” di bing ini yaitu fitur untuk mengintrol bing bot yang akan merayapi website kita dimana terdapat dua fitur yang disediakan yaitu:

  • Crawl Control: Adalah fitur untuk mengintrol waktu perayapan yang bing bot yang anda tentukan.
  • Block URLs: Adalah fitur untuk memblokir URL yang tidak ingin anda index ke bing.

11. Menu Tools & Enhancements di Bing WMT

konfig file robot.txt di bing

Menu “Tools & Enhancements” ini yaitu tools lainnya yang disediakan oleh bing dimana terdapat 2 tools yaitu:

  • robots.txt Tester: Untuk cek file robots.txt website anda. Baca juga “Cara Membuat File robots.txt di WordPress dan Blogger
  • Verify Bingbot: Adalah nama perayap yang digunakan oleh Bing untuk merayapi atau “spider” web. Adalah tugas Bingbot untuk menemukan halaman baru dan yang diperbarui di situs web di seluruh internet, sehingga dapat diproses untuk pengindeksan. Saat merayapi situs web, Bingbot melihat file robots.txt untuk instruksi khusus dari pemilik situs web/master web. Bingbot mematuhi arahan robots.txt, termasuk  pengaturan crawl-delay:, dan, jika tidak ada crawl-delay, menghormati masukan dari webmaster dalam fitur Crawl Control.

12. Menu Security & Privacy di Bing WMT

menu Security & Privacy di bing

Untuk menu “Security & Privacy” ini yaitu menu untuk menampilkan pesan pelanggaran dari pedoman webmaster bing yang ditentukan oleh bing, jika konten anda melanggar ketentuan keamanan dan privacy dari bing makabing akan menampilkan pesannya di menu ini.

13. Menu User Mangement di Bing WMT

menu untuk mengatur pengguna di bing WMT

Pada bagian menu “User Mangement” ini yaitu menu untuk mengatur user atau akun yang dapat mengakses halaman admin bing webmaster anda. Misalnya anda ingin berbagi akses dengan orang lain dan untuk mengaturnya yaitu di bagian ini.

14. Menu Microsoft Clarity di Bing WMT

Menu Microsoft Clarity di Bing WMT

Di Bing webmaster tools menu “Microsoft Clarity” ini yaitu sebuah tools yang mirip seperti google optimization dimana berfungsi untuk menganalisis desain website anda apakah bagus atau tidaknya yang dilakukan berdasarkan data yang dihasilkan oleh user yang mengunjungi website anda.

Nah itulah pembahsan tentang “Pandungan lengkap cara menggunakan Bing Webmaster Tools” yang dapat saya share kepada teman-teman yang sedang mengalami masalah kesulitan dalam menggunakan tools bing WMT ini. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Bagi anda yang sedang mencari jasa pembuatan website profesional dan mendapatkan gratis optimasi SEO silahkan hubungi kami sekarang juga melalui website yang tersedia di website ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×