Cara Daftar Google Search Console Terbaru 2024

oleh | Agu 8, 2023 | Tutorial SEO, Website

Hallo sahabat bloglab, apakah anda salah satu orang yang mengalami masalah website anda susah terindex di Google? Jika iya kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara daftar google search console lengkap dari awal sampai akhir.

Disini saya akan memberikan contoh bahwa website baru saya dengan menggunakan CMS WordPress dan saya akan mendaftarkan ke google search console atau biasa dikenal google webmaster tools. Namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa itu Google Search console.

Google Search Console

Apa itu google search console? Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) yang sekarang biasa disingkat GSC adalah alat gratis dari Google yang membantu pemilik situs web dan pengoptimal mesin pencari (SEO) memahami dan meningkatkan kinerja situs mereka di Google Search.

Search Console menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu Anda dengan SEO, termasuk:

  • Melacak kata kunci yang menarik pengguna ke situs Anda
  • Menganalisis tayangan, klik, dan posisi situs Anda di Google Penelusuran
  • Mengirim peta situs dan setiap URL untuk di-crawl
  • Tinjau cakupan indeks Anda untuk memastikan bahwa Google mendapatkan tampilan paling baru dari situs Anda
  • Dapatkan pemberitahuan email saat Google mengidentifikasi masalah di situs Anda
  • Fitur Inspeksi URL memberikan informasi crawling, indeks, dan penayangan terperinci tentang halaman Anda, langsung dari indeks Google

Search Console adalah alat yang penting bagi setiap pemilik situs web yang ingin memahami dan meningkatkan kinerja situs mereka di Google Search. Jika Anda belum menggunakannya, saya sarankan Anda mendaftar sekarang.

Cara mendaftarkan website ke Google Search Console

Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah mendaftarkan website wordpress anda ke google serach console silahkan lihat caranya berikut ini:

  1. Pertama-tama silahkan anda kunjungi websitenya disini.
  1. Setelah anda membuka halaman GSC selanjutnya untuk memulai silahkan klik “Mulai sekarang
  2. Selanjutnya pada halaman di gambar dibawah ini ada dua pilihan yang bisa anda gunakan dimana yaitu pilihan yang pertama anda bisa memilih “Domain” yaitu anda ingin mendaftarkan semua domain root atau domain utama dan pilihan yang kedua yaitu menggunakan “Awalan URL” atau URL yang anda inputkan saja, dan di tutorial ini saya akan mendaftarkan website saya di “Awalan URL
  1. Silahkan masukan alamat URL website anda lengkap dengan awalan http:// atau https:// sesuai dengan alamat website anda.
  1. Jika sudah menginputkan alamat URL website anda silahkan klik “LANJUTKAN“.
  2. Selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu memverifikasi kepemilikan website anda, untuk memverifikasinya disini anda diberikan beberapa metode yang bisa anda pilih diataraya yaitu:
    • File HTML: Mengupload file HTML ke server atau hosting website anda
    • Tag HTML: Menyisipkan source code ke website anda
    • Analitis Google: Menggunakan jalur Google Analitics 4 (berlaku jika anda sudah memasang google analytics)
    • Google Tag Manager: Menggunakan Google Google Tag Manager (berlaku jika sudah menginstal Google Tag Manager)
    • Penyedia nama domain: Menambahkan record TXT ke configurasi DNS di domain anda
  3. Dan untuk totorial pemasangan google serach console di pembahasan ini admin akan memberikan cara yang paling umum banyak digunakan yaitu memverifikasi menggunakan Tag HTML.
  1. Silahkan salin kode Tag HTML yang terdapat seperti Gambar diatas
  2. Selanjutnya jika anda sudah menyalin kode Tag HTML tersebut silahkan anda login ke admin dasbor wordpress anda.
  1. Pada tahap ini anda harus memasang kode Tag HTML yang sebelumnya anda salin dan di tempelkan pada bagian setelah code <head> pada website anda.
  2. Untuk cara pemasangannya silahkan anda masuk ke Appereance > Theme File Editor > pada bagian kanan cari file header.php
  1. Silahkan pastekan kodenya setelah code <head> dan klik “Update File
  1. Selanjutnya silahkan anda pergi lagi ke halaman google serach conosle dan klik “VERIFIKASI
  1. Silahkan tunggu, proses pemasangan google serach console di website WordPress selesai.

Nah itulah langkah-langkah untuk mendaftarkan website anda ke GCS atau webmaster tools dengan menggunakan Tag HTML. Namun tidak sampai sini, agar website anda terindex di google jangan lupa untuk mengirikan permintaan sumbit sitemap di GSC. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara sumbit Sitemap di Google Serach Console

Untuk mengirimkan peta situs atau sitemap website anda ke google search console di wordpress silahkan ukuti langkahnya berikut ini:

  1. Jika anda tidak menggunakan plugin sitemap atau menginstal plugin seo sperti yoast seo dan sejenisnya bawaan default dari wordpressnya juga sudah menyedikan sitemap otomatis. Dan untuk mengetahuinya silahkan anda ganti url berikut ini dengan website anda https://domainanda.com/wp-sitemap.xml yang di Bold silahkan ganti dengan alamat website anda.
  2. Cek apakah sitemapnya sudah ada atau belum caranya buka di tab baru url sitemapnya https://domainanda.com/wp-sitemap.xml
  1. Selanjutnya pergi ke halaman GSC lagi dan pergi ke Peta Situs > Tambahkan peta situs > masukan wp-sitemap.xml dan klik “kirim”

Dan sitemap website anda sudah berhasil di kirimkan ke GSC untuk permintaan kita ke google agar website kita di index olehnya.

Untuk lebih jelasnya anda juga dapat menonton video tutorialnya berikut ini:

Video Cara Daftar Google Search Console di WordPress TERBARU!!!

Nah itulah tutorial tentang “Cara Daftar Google Search Console Terbaru 2023” untuk memperepat index di google yang dapat admin sampaikan kepada anda. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website profesional silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan mendapatkan promo gratis optimasi SEO.

Sumber referensi:

https://developers.google.com/search/docs/monitor-debug/search-console-start?hl=id

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×