Robots.txt: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Kerjanya

oleh | Des 20, 2023 | Tutorial SEO

Robots.txt, sebuah elemen kritis dalam dunia daring yang sering kali diabaikan. Bagi pemilik situs web yang serius mengenai kinerja dan pemeringkatan di mesin pencari Google, pemahaman yang mendalam tentang robots.txt adalah suatu keharusan. Artikel ini akan membahas pengertian, fungsi, dan cara kerja robots.txt, memberikan wawasan mendalam yang bisa menjadi kunci untuk meningkatkan SEO dan mendominasi pencarian Google.

Pengertian Robots.txt

Apa itu Robots.txt? Robots.txt adalah file teks sederhana yang ditempatkan di akar direktori suatu situs web. Dengan menggunakan sintaks tertentu, file ini memberikan instruksi kepada robot mesin pencari, memberi tahu mereka bagian mana dari situs yang boleh atau tidak boleh diindeks. Ini adalah alat yang sangat efektif untuk mengontrol bagaimana mesin pencari menjelajahi dan menilai konten di situs Anda. Baca juga “Cara Membuat File robots.txt di WordPress dan Blogger“.

Fungsi Robots.txt

1. Pengaturan Indeks

Dengan menggunakan robots.txt, Anda dapat menentukan bagian-bagian tertentu dari situs yang tidak perlu diindeks oleh mesin pencari. Misalnya, halaman admin atau direktori internal yang tidak relevan untuk pencarian umum dapat dihindari agar tidak tampil dalam hasil pencarian.

2. Mengarahkan Crawl Budget

Crawl budget adalah jumlah waktu yang dihabiskan oleh mesin pencari untuk menjelajahi situs Anda. Dengan menggunakan robots.txt, Anda dapat memberikan petunjuk yang jelas tentang area yang lebih penting untuk diindeks, memaksimalkan efisiensi dan meningkatkan peringkat SEO.

3. Perlindungan Konten Sensitif

Bagi situs yang menyimpan konten sensitif atau privasi tinggi, robots.txt dapat menjadi benteng pertahanan pertama. Anda dapat menentukan area yang tidak boleh diindeks untuk memastikan informasi penting tetap terlindungi.

Cara Kerja Robots.txt

1. Penyusunan File

Robots.txt harus disusun dengan hati-hati menggunakan sintaks yang benar. Setiap instruksi harus dinyatakan dengan jelas dan teratur agar mesin pencari dapat menginterpretasinya dengan benar.

2. Penyimpanan di Direktori Utama

File ini harus ditempatkan di direktori utama atau akar situs web. Inilah lokasi yang diakses pertama kali oleh mesin pencari saat merayapi situs Anda.

3. Sintaks Instruksi

Instruksi dalam file robots.txt mengikuti format tertentu, seperti:

User-agent: [nama_robot]
Disallow: [direktori_terlarang]

Dengan menyusun instruksi ini, Anda memberi panduan spesifik untuk mesin pencari.

Contoh Settingan Robots.txt

Saya dapat membantu Anda dengan contoh settingan robots.txt, yaitu sebuah file yang memberikan instruksi kepada mesin pencari tentang halaman mana yang boleh dan tidak boleh diindeks. Berikut adalah beberapa contoh settingan robots.txt untuk situs WordPress:

  • Contoh 1: Settingan ini mengizinkan semua mesin pencari untuk merayapi semua halaman situs kecuali direktori /cgi-bin, /wp-admin, /wp-includes, dan /wp-content. Selain itu, settingan ini juga mencegah robot ia_archiver (robot archive.org) untuk merayapi situs.
User-agent: *
Disallow: /cgi-bin
Disallow: /wp-admin
Disallow: /wp-includes
Disallow: /wp-content

User-agent: Bingbot
Disallow: /
  • Contoh 2: Settingan ini mengizinkan semua mesin pencari untuk merayapi semua halaman situs kecuali direktori /private dan /p/bookmark.html. Selain itu, settingan ini juga memberitahukan mesin pencari lokasi peta situs situs.
User-agent: *
Allow: /
Disallow: /private/
Disallow: /p/bookmark.html

Sitemap: https://www.blogmu.com/sitemap.xml
  • Contoh 3: Settingan ini mengizinkan semua mesin pencari untuk merayapi semua halaman situs kecuali halaman yang mengandung /search dan halaman url /p/bookmark.html. Selain itu, settingan ini juga memberitahukan mesin pencari lokasi peta situs situs.
User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /p/bookmark.html

Sitemap: https://www.blogmu.com/sitemap.xml

Semoga contoh-contoh ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara setting robots.txt di WordPress, Anda dapat mengunjungi artikel berikut ini.

Kesimpulan

Robots.txt bukan sekadar elemen teknis, melainkan kunci strategis untuk mengoptimalkan peringkat SEO. Dengan memahami pengertian, fungsi, dan cara kerja robots.txt, Anda dapat mengendalikan bagaimana mesin pencari mengeksplorasi situs Anda, meningkatkan efisiensi indeks, dan melindungi konten yang sensitif.

Sumber artikel: developers.google.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×