Cara Memasang Google Analytics 4 di WordPress

oleh | Agu 8, 2023 | WordPress

Di tahun 2023 ini google sudah menghapus google analytics universal dan digantikan dengan google analytics 4, namun dari sebagian orang mungkin ada yang belum tahu bagaimana cara memasang atau menghubungkannya khususnya dengan website. Maka dari itu disini admin akan menjelaskan kepada teman-teman yaitu bagaimana caranya memasang atau menghubungkan google analytics 4 dengan website anda yag berbasis CMS WordPress.

Tanpa banyak kata kita simak langsung pembahasannya berikut ini. Silahkan baca artikelnya sampai akhir supaya tidak gagal paham ya gays.

Apa itu Google Analytics 4?

Google Analytics 4 (GA4) adalah versi terbaru dari platform analytics Google yang dirancang untuk memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang kinerja bisnis Anda. GA4 menggunakan model data event-based yang lebih modern daripada model session-based yang digunakan oleh versi sebelumnya dari Google Analytics. Model event-based ini memungkinkan GA4 untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk situs web, aplikasi, dan perangkat yang berbeda. Ini membuat GA4 lebih fleksibel dan mudah digunakan untuk mengukur berbagai jenis bisnis. Baca selengkapnya “Apa Itu Google Analytics? Fungsi, dan Cara Kerjanya“.

Apa saja fitur baru dari G4?

Berikut adalah beberapa fitur utama Google Analytics 4:

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber: GA4 dapat mengumpulkan data dari situs web, aplikasi, dan perangkat yang berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif tentang kinerja bisnis Anda di seluruh saluran.
  • Model data event-based: GA4 menggunakan model data event-based yang lebih modern daripada model session-based yang digunakan oleh versi sebelumnya dari Google Analytics. Model event-based ini memungkinkan GA4 untuk mengumpulkan data yang lebih detail tentang interaksi pengguna dengan situs web atau aplikasi Anda.
  • Pengukuran lintas platform: GA4 dapat mengukur data dari situs web, aplikasi, dan perangkat yang berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif tentang kinerja bisnis Anda di seluruh saluran.
  • Attribution modeling: GA4 menawarkan model attribution yang lebih canggih yang dapat membantu Anda memahami bagaimana berbagai saluran pemasaran berkontribusi terhadap konversi.
  • Integrasi dengan Google Ads: GA4 terintegrasi dengan Google Ads, sehingga Anda dapat menggunakan data GA4 untuk membuat keputusan tentang kampanye iklan Anda.

Fungsi Google Analytics 4

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lihat di Google Analytics 4:

  • Jumlah pengunjung website Anda
  • Halaman mana yang paling banyak dikunjungi
  • Sumber traffic website Anda
  • Performa dari aktivitas pemasaran Anda
  • Perangkat yang digunakan pengunjung website Anda
  • Negara yang mengakses website Anda

Google Analytics 4 adalah alat yang powerful yang dapat membantu Anda memahami kinerja bisnis Anda dengan lebih baik. Jika Anda belum menggunakan Google Analytics, saya sarankan Anda untuk mulai menggunakan Google Analytics 4.

Apa Perbedaan Google Analytics Universal dengan G4?

Google Analytics Universal dan Google Analytics 4 adalah dua versi berbeda dari Google Analytics, sebuah platform web analytics yang digunakan untuk melacak dan menganalisis lalu lintas website.

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Google Analytics Universal dengan Google Analytics 4 yang baru:

  • Data model: Google Analytics Universal menggunakan data model berbasis sesi, sedangkan Google Analytics 4 menggunakan data model berbasis peristiwa. Ini berarti bahwa Google Analytics 4 dapat melacak lebih banyak jenis interaksi pengguna, seperti klik tombol, scroll, dan download file.
  • Kompatibilitas: Google Analytics Universal akan berhenti mengumpulkan data pada Juli 2023. Google Analytics 4 adalah versi yang lebih baru dan akan terus diperbarui.
  • Laporan: Google Analytics Universal memiliki seperangkat laporan yang sudah ada sebelumnya, sedangkan Google Analytics 4 lebih berorientasi pada data dan memungkinkan Anda untuk membuat laporan kustom.
  • Pemasaran: Google Analytics Universal lebih berfokus pada pemasaran digital, sedangkan Google Analytics 4 lebih berfokus pada analisis data secara keseluruhan.

Secara umum, Google Analytics 4 adalah versi yang lebih baru dan canggih dari Google Analytics Universal. Jika Anda ingin melacak lebih banyak jenis interaksi pengguna dan ingin menggunakan platform yang akan terus diperbarui, maka Anda harus menggunakan Google Analytics 4.

Berikut adalah tabel yang membandingkan Google Analytics Universal dan Google Analytics 4 secara lebih detail:

FiturGoogle Analytics UniversalGoogle Analytics 4
Data modelSession-basedEvent-based
KompatibilitasAkan berhenti mengumpulkan data pada Juli 2023Terus diperbarui
LaporanSeperangkat laporan yang sudah ada sebelumnyaLebih berorientasi pada data dan memungkinkan Anda untuk membuat laporan kustom
PemasaranBerfokus pada pemasaran digitalLebih berfokus pada analisis data secara keseluruhan

Nah setelah anda membaca semua penjelasan diatas selanjutnya kita ke pembahasan utama yaitu tentang bagimana cara menghubungkan Google Analytics 4 dengan website WordPress.

Cara menghubungkan G4 dengan WordPress

Untuk langkah-langkah cara menghubungkan Google Analytics 4 dengan WordPress silahkan ikut caranya berikut ini:

  1. Peratama-tama silahkan buka halaman resmi google analytics 4 disini.
  2. Selanjutnya jika anda belum pernah menggunakan google analytics silahkan login menggunakan alamat email atau gmail
login ke google analytics 4
  1. Selanjutnya setalah anda login menggunakan alamat email anda maka anda akan diarahkan ke halaman berikut ini, lalu silahkan klik “Mulai mengukur
halaman utama g4
  1. Selanjutnya silahkan masukan nama akun atau nama website anda (bebas sesuai keinginan Anda)
membuat nama akun g4
  1. Selanjutnya setelah anda memasukan nama akun anda di bagian “Setelan Berbagi Data Akun” anda bisa mencentang atau tidak itu tergantung keinginan anda, selanjutnya setelah itu silahkan klik “Berikutnya
pemasangan g4 di website
  1. Selanjutnya di halaman “Buat properti” silahkan isi datanya seperti di keterangan gambar dibawah ini
    • Nama properti: Masukan nama website anda
    • Zona waktu pelaporan: Masukan sesuai lokasi anda dan waktu anda
Google Analytics 4
  1. Jika data diatas sudah di inputkan dengan benar silahkan klik tombol “Berikutnya
  2. Di bagian “Jelaskan bisnis Anda” silahkan isi sesuai keterangan gambar dibawah ini dan setelah selesai mengisi silahkan klik “Berikutnya“.
Google Analytics 4
  1. Di halaman “Pilih tujuan bisnis Anda” silahkan ceklis sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda memasang Google Analytics 4 ini untuk apa
Google Analytics 4
  1. Jika sudah meceklis seperti gambar diatas selanjutnya anda tinggal klik “Buat“.
  2. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman pesyaratan dan persetujuan dari google analytics dan yang anda lakukan silahkan baca ketentuannya lalu klik seperti gambar dibawah dan pilih “Saya setuju“.
Sayarat dan ketentuan Google Analytics 4
  1. Nah selanjutnya pada bagian ini karena kita akan memasang G4 di website atau di WP yang anda pilih anda pada bagian “Website“.
pemasangan Google Analytics 4 di webste
  1. Selanjutnya di bagian halaman “Siapkan aliran data” silahkan anda isi seseuai dengan website anda untuk contohnya bisa melihat di gambar dibawah ini.
    • URL situs: masukan alamat website atau url website anda diawali dari www atau non www tanpa menginputkan http atau https
    • Nama aliran data: masukan nama website anda yang digunakan sebagai penamaan aliran data
    • Pengukuran yang ditungatkan: Silahkan pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan anda apa saja yang ingin anda ukur
Google Analytics 4
  1. Jika sudah mengisinya dengan benar silahkan klik “Buat aliran data” untuk melanjutkannya
  2. Setelah itu anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini anda akan melihat “detile aliran data website anda”
detile aliran data website anda
  1. Nah sampai saat ini anda sudah berhasil membuat aliran data untuk website anda di G4, dan langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu menghubungkan G4 tersebut dengan website anda. Untuk caranya silahkan klik “Lihat petunjuk tag”
  2. Pada tahapan ini untuk menghubungkannya disini anda akan diberi beberapa cara atau alternatif untuk menghubungkannya, dan disini saya sarankan dengan menggunakan source code atau secara manual agar anda tidak harus menampah atau menginstal plugin WordPress tambahan lagi di website anda, untuk cara silahkan klik “Instal secara manual” dan anda akan melihat sorce code trackingnya.
instal Google Analytics 4
  1. Selanjutnya silahkan anda salin source code trackingnya
code tracking Google Analytics 4
  1. Dan silahkan anda buka tab baru dan login ke Website atau admin wordpress anda
login ke admin website wp anda
  1. Nah setelah anda masuk di halaman dasbor WP anda selanjutnya silahkan anda pergi ke halaman Tampilan > Editor berkas tema > cari file php dengan nama header.php dan pastekan source code atau kode tracing G4 di bawah kode <header>
pemasangan kode G4 di WP
  1. Selanjutnya setelah anda menempelkan sorce codenya silahkan klik “Perbaharui berkas” dan tunggu sampai tersimpan
Google Analytics 4
  1. Nah sampai langkah ini untuk pemasangan Google Analytics 4 di WordPress anda sudah berhasil. Selanjutnya silahkan anda menunggu 1×24 jam dan sudah di pastikan bahwa G4 sudah terhubung dengan website anda.
pemasangan G4 di WP selesai

Untuk lebih jelasnya anda juga dapat menonton dan mengikuti tutorial di video berikut ini:

Video Cara Daftar Google Analytics 4 (GA4) di WordPress dengan Mudah

Nah itulah lagkah-langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan pemasangan Google Analytics 4 terbaru ini di website, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada Anda tentang “Cara Memasang Google Analytics 4“, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Selain itu bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website profesional dengan harga murah silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×