Cara Meningkatkan Trafik Website dengan Organic Search

oleh | Jul 4, 2023 | Tutorial SEO, Website

Organic search adalah salah satu sumber trafik website yang paling penting dan potensial. Organic search adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kunjungan yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya tanpa menggunakan iklan berbayar.

Organic search memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan sumber trafik lainnya, seperti:

  • Gratis, Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan kunjungan dari organic search.
  • Berkualitas, pengunjung yang datang dari organic search biasanya memiliki niat yang lebih tinggi untuk mencari informasi, produk, atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Berkelanjutan, organic search dapat memberikan trafik yang konsisten dan stabil selama Anda mampu mempertahankan peringkat website Anda di halaman pertama mesin pencari.

Namun, mendapatkan trafik dari organic search tidaklah mudah. Anda perlu menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang efektif dan terukur untuk meningkatkan visibilitas dan relevansi website Anda di mata mesin pencari dan pengguna.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan trafik website Anda dengan organic search:

1. Lakukan Riset Kata Kunci

cara meningkatkan trafik website

Kata kunci adalah dasar dari SEO. Kata kunci adalah istilah atau frasa yang digunakan pengguna untuk mencari informasi, produk, atau layanan di mesin pencari. Dengan mengetahui kata kunci yang sesuai dengan niche, target pasar, dan tujuan bisnis Anda, Anda dapat mengoptimalkan konten website Anda agar sesuai dengan apa yang dicari pengguna.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam riset kata kunci, yaitu:

  • Tentukan topik atau tema utama website Anda. Misalnya, jika website Anda berisi tentang tips kesehatan, maka topik utamanya adalah kesehatan.
  • Buat daftar sub-topik atau kategori yang terkait dengan topik utama. Misalnya, sub-topik kesehatan bisa meliputi nutrisi, olahraga, penyakit, obat, dan lainnya.
  • Gunakan alat riset kata kunci seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, atau lainnya untuk mencari ide kata kunci yang relevan dengan sub-topik Anda. Perhatikan volume pencarian, tingkat persaingan, dan nilai komersial dari setiap kata kunci.
  • Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi atau sedang, tingkat persaingan rendah atau sedang, dan nilai komersial tinggi atau sedang. Kata kunci seperti ini biasanya lebih mudah untuk diraih dan memberikan hasil yang lebih baik.
  • Kelompokkan kata kunci berdasarkan niat pengguna (user intent), yaitu tujuan atau harapan pengguna ketika melakukan pencarian. Ada empat jenis user intent, yaitu informational (mencari informasi), navigational (mencari situs tertentu), transactional (mencari produk atau layanan untuk dibeli), dan commercial (mencari informasi sebelum membeli). Sesuaikan konten website Anda dengan user intent dari kata kunci yang Anda pilih.

2. Buat Konten yang Berkualitas dan Relevan

cara meningkatkan trafik website

Konten adalah elemen penting dalam SEO. Konten adalah isi dari website Anda yang berupa teks, gambar, video, audio, atau lainnya. Konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari dan menarik minat pengunjung.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten website Anda, yaitu:

  • Sesuaikan konten dengan kata kunci dan user intent yang telah Anda tentukan sebelumnya. Buat judul konten yang menarik dan mengandung kata kunci utama. Gunakan kata kunci secara alami dan variasikan dengan sinonim atau frase terkait di dalam konten.
  • Buat konten yang informatif, edukatif, persuasif, atau menghibur sesuai dengan tujuan Anda. Berikan nilai tambah bagi pengunjung dengan menyajikan informasi yang akurat, lengkap, terbaru, dan bermanfaat. Gunakan data, fakta, statistik, studi kasus, testimoni, atau sumber terpercaya untuk mendukung argumen Anda.
  • Buat konten yang mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung. Gunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan konsisten. Gunakan format heading, sub-heading, bullet points, numbering, atau tabel untuk membagi konten menjadi bagian-bagian yang lebih rinci dan terstruktur. Gunakan gambar, video, audio, atau media lainnya untuk memperkaya konten dan menarik perhatian pengunjung.
  • Buat konten yang unik dan orisinal. Jangan menyalin atau menjiplak konten dari website lain. Jika Anda mengutip atau merujuk konten dari website lain, pastikan Anda memberikan kredit atau sumber yang jelas dan tautan yang aktif. Konten yang unik dan orisinal dapat membantu Anda membedakan diri dari kompetitor dan meningkatkan kredibilitas Anda di mata mesin pencari dan pengunjung.

3. Optimalkan Faktor On-Page

cara meningkatkan trafik website

Faktor on-page adalah elemen-elemen di dalam website Anda yang dapat Anda kendalikan dan optimalkan untuk meningkatkan performa SEO Anda. Faktor on-page meliputi:

  • URL. URL adalah alamat web dari setiap halaman website Anda. URL yang baik harus pendek, deskriptif, dan mengandung kata kunci utama. Hindari penggunaan karakter spesial, angka acak, atau huruf besar di dalam URL. Contoh URL yang baik: https://example.com/cara-meningkatkan-trafik-website-dengan-organic-search
  • Title tag. Title tag adalah judul halaman website Anda yang muncul di tab browser dan hasil pencarian. Title tag yang baik harus mengandung kata kunci utama di awal dan merefleksikan isi konten dengan singkat dan jelas. Panjang title tag ideal adalah 50-60 karakter. Contoh title tag yang baik: Cara Meningkatkan Trafik Website dengan Organic Search | Example.com
  • Meta description. Meta description adalah deskripsi singkat halaman website Anda yang muncul di bawah title tag di hasil pencarian. Meta description yang baik harus mengandung kata kunci utama dan memberikan rangkuman konten dengan menarik dan persuasif. Panjang meta description ideal adalah 150-160 karakter. Contoh meta description yang baik: Ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung dari mesin pencari? Simak cara meningkatkan trafik website Anda dengan organic search di artikel ini.
  • Heading tag. Heading tag adalah judul-judul bagian di dalam konten website Anda yang membantu pengunjung dan mesin pencari memahami struktur dan hierarki konten Anda. Heading tag terdiri dari enam tingkatan, yaitu H1 sampai H6, dengan H1 sebagai judul utama dan H6 sebagai judul terkecil. Heading tag yang baik harus mengandung kata kunci terkait dan sesuai dengan tingkatannya. Contoh heading tag yang baik: H1: Cara Meningkatkan Trafik Website dengan Organic Search; H2: Lakukan Riset Kata Kunci; H3: Tentukan Topik atau Tema Utama Website Anda; dst.
  • Image alt text. Image alt text adalah teks alternatif yang muncul ketika gambar tidak dapat ditampilkan atau dibaca oleh pengunjung atau mesin pencari. Image alt text yang baik harus menggambarkan isi gambar dengan singkat dan mengandung kata kunci terkait jika relevan. Contoh image alt text yang baik: Grafik pertumbuhan trafik website dengan organic search
  • Internal link. Internal link adalah tautan yang menghubungkan halaman-halaman di dalam website Anda sendiri. Internal link yang baik dapat membantu pengunjung menemukan informasi lain yang relevan di website Anda dan meningkatkan waktu kunjungan mereka. Internal link juga dapat membantu mesin pencari mengindeks halaman-halaman website Anda dengan lebih mudah dan efisien. Contoh internal link yang baik: Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang SEO, Anda bisa membaca artikel kami tentang Pengertian SEO dan Cara Kerjanya.

4. Tingkatkan Faktor Off-Page

cara meningkatkan trafik website

Faktor off-page adalah elemen-elemen di luar website Anda yang dapat mempengaruhi peringkat dan reputasi website Anda di mata mesin pencari dan pengunjung. Faktor off-page meliputi:

  • Backlink. Backlink adalah tautan yang mengarah ke website Anda dari website lain. Backlink yang baik dapat membantu Anda mendapatkan otoritas, popularitas, dan kepercayaan dari mesin pencari dan pengunjung. Namun, tidak semua backlink sama. Anda harus memperhatikan kualitas, kuantitas, dan relevansi dari backlink yang Anda dapatkan. Kualitas backlink ditentukan oleh otoritas, reputasi, dan konten dari website yang memberikan backlink kepada Anda. Kuantitas backlink ditentukan oleh jumlah website yang memberikan backlink kepada Anda. Relevansi backlink ditentukan oleh kesesuaian topik, kata kunci, dan konten antara website Anda dan website yang memberikan backlink kepada Anda.
  • Sosial media. Sosial media adalah platform online yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan pengguna lain dan berbagi konten. Sosial media yang baik dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan lalu lintas ke website Anda. Namun, tidak semua sosial media sama. Anda harus memilih sosial media yang sesuai dengan niche, target pasar, dan tujuan bisnis Anda. Anda juga harus membuat konten yang menarik, informatif, atau menghibur untuk menarik perhatian dan minat pengguna sosial media. Selain itu, Anda harus aktif berkomunikasi dengan pengikut atau penggemar Anda di sosial media untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka.
  • Ulasan online. Ulasan online adalah pendapat atau testimoni dari pengguna lain tentang produk, layanan, atau konten website Anda. Ulasan online yang baik dapat membantu Anda meningkatkan kredibilitas, kepuasan, dan loyalitas dari pengunjung website Anda. Namun, tidak semua ulasan online sama. Anda harus memperhatikan jumlah, rating, dan isi dari ulasan online yang Anda dapatkan. Jumlah ulasan online ditentukan oleh seberapa banyak pengguna yang memberikan ulasan tentang website Anda. Rating ulasan online ditentukan oleh seberapa positif atau negatif ulasan yang diberikan oleh pengguna. Isi ulasan online ditentukan oleh seberapa detail atau informatif ulasan yang diberikan oleh pengguna.

5. Ukur dan Evaluasi Hasil

cara meningkatkan trafik website

Setelah menerapkan strategi SEO untuk meningkatkan trafik website Anda dengan organic search, langkah terakhir adalah mengukur dan mengevaluasi hasilnya. Mengukur dan mengevaluasi hasil SEO dapat membantu Anda mengetahui seberapa efektif strategi SEO Anda dan apa yang perlu Anda perbaiki atau tingkatkan.

Ada beberapa metrik atau indikator yang dapat Anda gunakan untuk mengukur dan mengevaluasi hasil SEO Anda, yaitu:

  • Trafik organik. Trafik organik adalah jumlah kunjungan yang berasal dari organic search ke website Anda. Trafik organik dapat diukur dengan menggunakan alat analitik web seperti Google Analytics, Bing Webmaster Tools, atau lainnya. Trafik organik dapat dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan sumber mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll.), kata kunci (branded atau non-branded), lokasi (negara, kota, dll.), perangkat (desktop atau mobile), dll.
  • Peringkat organik. Peringkat organik adalah posisi halaman website Anda di hasil pencarian organic search untuk kata kunci tertentu. Peringkat organik dapat diukur dengan menggunakan alat pemantau peringkat seperti Ahrefs, Moz, SEMrush, atau lainnya. Peringkat organik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas konten, kualitas backlink, faktor on-page, faktor off-page, dll.
  • Konversi organik. Konversi organik adalah jumlah tindakan yang diambil oleh pengunjung website Anda setelah datang dari organic search. Konversi organik dapat berupa pembelian produk atau layanan, pendaftaran email atau newsletter, pengisian formulir kontak atau survei, unduhan file atau aplikasi, dll. Konversi organik dapat diukur dengan menggunakan alat analitik web seperti Google Analytics, Bing Webmaster Tools, atau lainnya. Konversi organik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti relevansi konten, desain website, kecepatan website, navigasi website, dll.

Demikianlah artikel blog yang saya buat tentang cara meningkatkan trafik website dengan organic search. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca. 😊

Dan disini bagi anda yang masih bingung bagaimana caranya meningkatkan trafik website atau blog anda kami memberikan jasa optimasi SEO untuk website anda, dan bagi anda yang tertarik dengan penawaran kami silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×