Pengertian Nama Domain dan Fungsinya

oleh | Des 10, 2023 | Website

Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama peladen komputer di internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama peladen yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Baca juga “Apa itu Cloud Hosting?“.

Komponen Nama Domain

Nama domain terdiri dari dua bagian utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Nama domain adalah bagian yang mewakili nama dari situs web atau layanan yang diberikan. Ekstensi domain adalah bagian yang mewakili jenis situs web atau layanan yang diberikan.

Nama domain biasanya terdiri dari antara 2 hingga 64 karakter. Karakter-karakter yang dapat digunakan untuk nama domain adalah huruf, angka, dan tanda hubung. Nama domain tidak boleh mengandung spasi, karakter khusus, atau simbol yang tidak dapat dicetak. Baca juga “Apa itu Shared Hosting?“.

Ekstensi domain biasanya terdiri dari 3 atau 4 karakter. Ekstensi domain yang paling umum adalah .com, .net, .org, dan .edu. Ekstensi domain lainnya antara lain .gov, .info, .biz, .us, .id, dan lain-lain.

Fungsi Nama Domain

Nama domain memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Mempermudah akses ke situs web atau layanan. Nama domain yang mudah diingat akan memudahkan pengguna untuk mengakses situs web atau layanan tersebut.
  • Meningkatkan visibilitas situs web atau layanan. Nama domain yang relevan dengan situs web atau layanan yang diberikan akan membantu meningkatkan visibilitas situs web atau layanan tersebut di mesin pencari.
  • Membangun kepercayaan. Nama domain yang mudah diingat dan relevan akan memberikan kesan profesional dan terpercaya kepada pengguna.

Tips Memilih Nama Domain yang Baik

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih nama domain yang baik:

  • Gunakan kata-kata yang mudah diingat dan dipahami.
  • Gunakan kata-kata yang relevan dengan situs web atau layanan yang diberikan.
  • Hindari penggunaan angka atau simbol yang sulit dibaca.
  • Pastikan nama domain belum terdaftar oleh orang lain. Baca selengkapnya “Cara menentukan Nama“.

Kesimpulan

Nama domain adalah bagian penting dari situs web atau layanan yang diberikan. Nama domain yang baik akan membantu meningkatkan visibilitas dan kemudahan penggunaan situs web atau layanan tersebut.

Sumber: id.wikipedia.org

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×