Apa itu Shared Hosting? Kelebihan dan Kekurangan

oleh | Des 8, 2023 | Website

Halo sahabat Bloglab! Siapa di sini yang suka penasaran tentang apa itu shared hosting? Kalau kamu baru memulai petualangan di dunia web hosting, jangan khawatir, saya akan membawa kamu melalui segalanya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Yuk, kita mulai!

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting, seperti namanya, adalah bentuk hosting di mana beberapa situs web berbagi sumber daya yang sama di satu server fisik. Ini mirip dengan memiliki apartemen di gedung yang sama dengan beberapa tetangga. Dalam kasus ini, server adalah gedung, dan setiap situs web adalah apartemen yang berbagi fasilitas yang sama. Baca juga “Apa itu Cloud Hosting?“.

Jadi, bagaimana ini bekerja? Ketika seseorang mengunjungi salah satu situs web yang di-hosting secara bersama, server mengirimkan informasi dari situs itu melalui internet. Semua situs web yang berbagi server ini menggunakan sumber daya seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan daya pemrosesan bersama.

Ini membuat shared hosting menjadi pilihan yang populer, terutama untuk pemilik situs web pemula atau situs dengan volume lalu lintas yang sedang. Dengan biaya yang terjangkau dan kemudahan penggunaan, shared hosting menjadi langkah masuk yang bagus ke dunia web hosting. Namun, seperti segala sesuatu, shared hosting memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan. Mari kita bahas lebih lanjut! Baca juga “Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting“.

Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari layanan Shared Hosting, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hemat Biaya

Shared hosting seringkali lebih terjangkau karena kamu berbagi biaya dengan banyak orang. Bayangkan saja, seperti sewa bersama dengan teman-temanmu!

2. Mudah Digunakan

Tidak suka ribet? Shared hosting solusinya! Kamu tidak perlu menjadi ahli teknis untuk mengelola situs webmu. Panel kontrol yang ramah pengguna akan membantumu dengan mudah.

3. Dukungan Teknis yang Baik

Provider shared hosting biasanya menyediakan dukungan teknis yang handal. Jadi, kalau ada masalah, mereka siap membantumu secepat kilat.

4. Skalabilitas yang Baik

Saat situs webmu tumbuh, kamu bisa dengan mudah meningkatkan paket hostingmu. Seperti pindah ke apartemen yang lebih besar! Baca Juga “Perbedaan Cpanel dan Plesk“.

Kekurangan Shared Hosting

Selain itu juga Shared hosting memiliki beberapa kekurangan, dan berikut adalah beberapa kekurangannya:

1. Keterbatasan Sumber Daya

Karena kamu berbagi, ada batasan pada seberapa banyak sumber daya yang bisa kamu gunakan. Jadi, kalau tetangga lagi boros, kamu mungkin merasakan sedikit keterbatasan.

2. Keamanan Mungkin Menjadi Masalah

Ketika banyak orang berbagi server yang sama, risiko keamanan sedikit lebih tinggi. Jadi, pastikan kamu selalu menjaga keamanan situs webmu dengan baik.

3. Kinerja Mungkin Kurang Stabil

Jika ada situs tetangga yang mendapatkan banyak pengunjung, bisa jadi kinerjamu terpengaruh. Tetapi, ini tergantung pada provider hostingmu juga.

Kesimpulan

Jadi, apa yang lebih cocok untukmu? Shared hosting dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ataukah kamu membutuhkan sesuatu yang lebih eksklusif? Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaranmu dengan bijak.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website, perbaikan website dan optimasi website segera hubungi kami sekarang juga melalui kontak di website ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×