Apa itu Backlink Nofollow dan Dofollow? Kelebihan dan Kekurangannya

oleh | Des 29, 2023 | Tutorial SEO

Backlink adalah salah satu komponen penting dalam strategi SEO (Search Engine Optimization) yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google. Backlink adalah link yang mengarah ke website kita dari website lain. Ada dua jenis backlink yang sering digunakan, yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Apa saja perbedaan dan peran keduanya dalam hal optimasi SEO? Simak ulasan berikut ini.

Backlink Nofollow

Backlink nofollow adalah kebalikan dari backlink dofollow, yaitu backlink yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk menelusuri dan mengindeks link yang kita berikan ke website lain. Backlink nofollow ditandai dengan atribut rel=“nofollow” pada tag HTML link. Backlink nofollow biasanya digunakan untuk link yang tidak relevan atau tidak berguna, seperti link iklan, link komentar, atau link sosial media.

Kelebihan Backlink Nofollow

Berikut adalah beberapa kelebihan backlink nofollow:

  • Mengurangi spam pada website. Dengan menggunakan backlink nofollow, kita bisa menghindari spam yang bisa merusak kualitas website kita. Spam adalah link yang tidak relevan atau bermaksud jahat yang bisa mengganggu pengalaman pengguna dan mengurangi kredibilitas website kita. Dengan backlink nofollow, kita bisa memberitahu mesin pencari untuk tidak mengikuti link tersebut dan tidak mempengaruhi peringkat website kita.
  • Membuat backlink menjadi natural. Mesin pencari seperti Google menginginkan backlink yang natural, yaitu backlink yang didapatkan secara organik tanpa manipulasi. Jika kita hanya memiliki backlink dofollow, maka mesin pencari bisa curiga bahwa kita melakukan praktik black hat SEO, yaitu teknik SEO yang melanggar aturan mesin pencari. Dengan backlink nofollow, kita bisa membuat backlink menjadi lebih natural dan seimbang, sehingga mesin pencari bisa menganggap website kita lebih berkualitas.
  • Meningkatkan kekuatan brand. Meskipun backlink nofollow tidak berpengaruh langsung terhadap peringkat website kita, backlink nofollow tetap bisa memberikan manfaat lain, yaitu meningkatkan kekuatan brand. Brand adalah citra atau reputasi yang dimiliki oleh website kita di mata pengguna. Dengan backlink nofollow, kita bisa menunjukkan bahwa website kita memiliki nilai tambah yang bisa memberikan informasi atau solusi bagi pengguna. Hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan loyalitas pengguna terhadap website kita.

Kekurangan Backlink Nofollow

Berikut adalah beberapa kekurangan backlink nofollow:

  • Tidak berpengaruh terhadap peringkat website. Karena backlink nofollow tidak diindeks oleh mesin pencari, maka backlink nofollow tidak berpengaruh terhadap peringkat website kita di halaman hasil pencarian. Backlink nofollow hanya berfungsi sebagai sumber informasi tambahan bagi pengguna, bukan sebagai faktor penentu kualitas website kita.
  • Tidak mendapatkan referral traffic. Karena backlink nofollow tidak diikuti oleh robot mesin pencari, maka backlink nofollow tidak bisa meningkatkan traffic ke website kita. Pengguna yang melihat backlink nofollow mungkin tidak tertarik untuk mengkliknya, karena mereka menganggap link tersebut tidak penting atau tidak terpercaya.

Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah backlink yang mengizinkan robot mesin pencari untuk menelusuri dan mengindeks link yang kita berikan ke website lain. Dengan kata lain, kita seakan memberikan rekomendasi bahwa website tersebut memiliki kualitas baik dan layak untuk diketahui oleh orang lain. Backlink jenis ini sangat dicari oleh pemilik website untuk meningkatkan ranking website mereka di mesin pencari. Terutama jika mendapatkan backlink dofollow dari website yang memiliki authority yang tinggi.

Kelebihan Backlink Dofollow

Berikut adalah beberapa kelebihan backlink dofollow:

  • Sebagai direktori dan sumber daya jangka panjang. Internet adalah sumber informasi yang terus berkembang dan akan selalu diakses oleh orang-orang. Jika kita mendapatkan backlink dofollow dari website yang terpercaya dan relevan dengan topik kita, maka kita bisa mendapatkan traffic yang berkualitas dari website tersebut.
  • Mendapatkan referral traffic. Karena backlink dofollow adalah link default, maka backlink dofollow bisa meningkatkan traffic ke website kita lebih cepat dan mudah. Orang-orang yang membaca konten di website lain dan melihat link kita akan cenderung mengkliknya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
  • Mempercepat proses indeks. Karena backlink dofollow memperbolehkan robot mesin pencari untuk menelusuri link sampai ke akar-akarnya, maka backlink dofollow bisa mempercepat proses indeks website kita oleh mesin pencari. Hal ini bisa membantu meningkatkan peringkat website kita di halaman hasil pencarian.
  • Meningkatkan kredibilitas website. Ketika orang-orang membaca konten di website kita dan melihat link ke sumber atau pembuatnya, maka mereka akan merasa lebih percaya dengan informasi yang kita berikan. Hal ini bisa meningkatkan kredibilitas website kita di mata pembaca dan mesin pencari.
  • Membangun otoritas website. Dengan mendapatkan backlink dofollow dari website yang memiliki otoritas tinggi, kita bisa membangun otoritas website kita sendiri. Otoritas website adalah salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Semakin tinggi otoritas website kita, semakin besar kemungkinan website kita muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Kekurangan Backlink Dofollow

Berikut adalah beberapa kekurangan backlink dofollow:

  • Bisa menurunkan ranking website. Hal ini bisa terjadi jika kita mendapatkan backlink dofollow dari website yang spam atau yang dilarang oleh mesin pencari. Backlink dofollow jenis ini bisa merusak reputasi website kita dan membuat mesin pencari menganggap website kita tidak berkualitas. Oleh karena itu, kita harus selalu memantau dan membersihkan backlink dofollow yang tidak relevan atau berbahaya untuk website kita.
  • Membutuhkan usaha yang lebih. Untuk mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas, kita harus melakukan usaha yang lebih daripada backlink nofollow. Kita harus mencari website yang relevan dengan topik kita, membuat konten yang menarik dan bermanfaat, dan menghubungi pemilik website untuk meminta izin untuk memberikan link ke website kita. Proses ini bisa memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak.

Kesimpulan

Backlink dofollow dan backlink nofollow adalah dua jenis backlink yang memiliki perbedaan dan peran masing-masing dalam hal optimasi SEO. Backlink dofollow adalah backlink yang mengizinkan robot mesin pencari untuk menelusuri dan mengindeks link yang kita berikan ke website lain, sedangkan backlink nofollow adalah backlink yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk menelusuri dan mengindeks link yang kita berikan ke website lain.

Backlink dofollow dan backlink nofollow memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kita harus menggunakannya dengan bijak dan seimbang. Kita harus mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas dari website yang relevan dan berotoritas, dan menggunakan backlink nofollow untuk link yang tidak relevan atau tidak berguna. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan peringkat website kita di mesin pencari dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.

Demikian artikel yang saya buat dari judul “Apa itu Backlink Nofollow dan Dofollow? Kelebihan dan Kekurangannya”. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda.

Sumber artikel: qwords.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×