Pengertian Dan Fungsi Batang Ose Laboratorium

oleh | Nov 30, 2022 | Laboratorium

Hallo sahabat Blog Lab, dalam pembelajaran pengenalan alat laboratorium kali ini disini kita akan belajar mengetahui apa itu Batang Ose laboratorium dan juga fungsinya. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

Pengertian Batang Ose Laboratorium

Batang ose atau jarum yaitu sebuah peralatan laboratorium yang biasanya digunakan untuk membantu dalam melakukan proses inokulasi. Bentuk batang ose lab ini yaitu mirip seperti batang pengaduk hanya saja yang membedakanya pada bagian ujungnya terdapat sebuah kawat dan ada juga yang berbentuk kolongan dan juga ada yang lurus. Bentuk kawat pada ujung ose ini mempunyai kegunaan yang sedikit berbeda dari batang pengaduk.

Fungsi Batang Ose

Fungsi batang ose yaitu disini memiliki peranan penting dalam melakukan sebuah praktikum di dalam laboratorium mikrobiologi. Di praktikum mikrobiologi ini, batang ose tersebut dapat berfungsi yaitu untuk membantu ketika mengambil sebuah bakteri yang akan ditanam terhadap suatu media agar bisa di masukan ke dalam cawan petri. Ketika ingin melakukan pengambilan suatu bakteri anda tidak boleh menggunakan tangan langsung karena dapat menimbulkan kontaminasi sehingga proses pertumbuhannya menjadi gagal karena terpengaruh oleh sentuhan tangan yang secara langsung. Oleh karena itu, batang ose ini memiliki peran penting pada proses inokulasi tersebut.

Batang Ose Laboratorium
Gambar Batang Ose Laboratorium

Dan untuk proses Inokulasi tersebut harus dilakukan secara steril agar bakteri dapat tumbuh dengan baik sesuai yang di harapkan. Perlu anda tahu, sebelum anda menggunakan batang ose untuk proses inokulasi tersebut, batang ose ini harus di bakar terlebih dahulu dengan spiritus atau pembakar bunsen dengan tujuan agar bakteri lain tersebut yang menempel pada batang ose itu dapat di hilangkan dan menjadi steril sehingga aman pada pertumbuhan bakteri di dalam media yang sudah disiapkan dan proses Inokulasi dapat berjalan dengan lancar.

Penggunaan Batang Ose

Dan bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Batang Ose, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pertama-tama sebelum digunakan, silahkan anda pastikan terlebih dahulu keadaan dari kawat ose tersebut. Sterilkan kawat ose dengan menyemprotkan cairan alkohol pada permukaan kawat.
  2. Selanjutnya, setelah disterilkan dengan alkohol, diamkan hingga kering.
  3. Lalu kemudian panaskan batang ose dengan spiritus secara langsung.
  4. Setelah dipanaskan, ambil bakteri menggunakan batang ose. Lalu tanam bakteri tersebut di dalam media dengan cara mengosoknya secara perlahan atau zigzag agar tidak merusak media.
  5. Ketika ingin mengambil bakteri lain, sterilkan lagi kawat ose menggunakan alkohol. Tunggu sampai kering, lalu bakar lagi menggunakan spiritus.
  6. Pemanasan atau pembakaran kawat ose dilakukan berulang kali ketika anda ingin mengambil bakteri lagi.

Nah itulah yang dapat saya sampika kepada anda mengenai pengenalan peralatan laboratorium yaitu tentang Batang Ose laboratorium, mudah-mudahnya artikel diatas dapat bermanfaat. Selain itu juga, bagi anda yang ingin membeli berbagai macam peralatan laboratorium yang lengkap anda bisa mengunjungi link berikut ini di www.envilife.co.id.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×