Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

oleh | Des 21, 2023 | WordPress

WordPress adalah salah satu platform terpopuler untuk membuat website dan blog. Namun, apakah Anda tahu bahwa WordPress memiliki dua versi yang berbeda, yaitu WordPress.org dan WordPress.com? Kedua versi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta cocok untuk tujuan yang berbeda. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan WordPress.org dan WordPress.com berdasarkan beberapa kriteria, yaitu:

  • Harga
  • Domain
  • Hosting
  • Tema
  • Plugin
  • Powered by
  • SEO
  • Analytics
  • Toko online
  • Iklan

Harga

WordPress.org dan WordPress.com sama-sama gratis sebagai software open source. Artinya, Anda bisa menggunakannya, memodifikasinya, dan mendistribusikannya secara bebas. Namun, perbedaan harga antara keduanya terletak pada biaya tambahan yang diperlukan untuk menjalankan website Anda.

WordPress.org memerlukan biaya untuk hosting dan domain. Hosting adalah tempat penyimpanan data website Anda di internet, sedangkan domain adalah alamat website Anda. Biaya hosting dan domain bervariasi tergantung pada penyedia layanan yang Anda pilih. Anda bisa memilih hosting dan domain sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

WordPress.com menyediakan hosting dan domain gratis, tetapi dengan beberapa batasan. Domain gratis yang Anda dapatkan akan memiliki ekstensi .wordpress.com, misalnya www.bloganda.wordpress.com. Jika Anda ingin menggunakan domain sendiri, Anda harus membayar biaya tambahan. Selain itu, WordPress.com juga memiliki beberapa paket berbayar yang menawarkan fitur-fitur tambahan, seperti lebih banyak ruang penyimpanan, tidak ada iklan, dan lain-lain.

Domain

Domain adalah nama atau alamat website Anda di internet. Domain penting untuk membangun identitas dan merek Anda di dunia online. Domain juga mempengaruhi SEO atau optimasi mesin pencari, yang berhubungan dengan peringkat website Anda di hasil pencarian.

WordPress.org memberikan Anda kebebasan untuk memilih domain apapun yang Anda inginkan, asalkan domain tersebut tersedia dan belum digunakan oleh orang lain. Anda bisa menggunakan domain populer seperti .com, .net, .org, atau domain lokal seperti .co.id, .id, .my, dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan domain unik seperti .online, .store, .tech, dan lain-lain. Anda harus membeli domain dari penyedia layanan domain, dan menghubungkannya dengan hosting Anda.

WordPress.com memberikan Anda domain gratis dengan ekstensi .wordpress.com, misalnya www.bloganda.wordpress.com. Domain ini kurang profesional dan sulit diingat oleh pengunjung. Jika Anda ingin menggunakan domain sendiri, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari $5 per bulan. Anda bisa memilih domain dari pilihan yang disediakan oleh WordPress.com, atau menggunakan domain yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Hosting

Hosting adalah layanan penyimpanan data website Anda di internet. Hosting mempengaruhi performa, keamanan, dan stabilitas website Anda. Hosting juga memungkinkan Anda untuk mengelola website Anda melalui cPanel atau kontrol panel.

WordPress.org memerlukan Anda untuk memiliki hosting sendiri. Anda bisa memilih hosting dari berbagai penyedia layanan hosting yang ada di pasaran. Anda harus memperhatikan beberapa faktor, seperti harga, fitur, kecepatan, uptime, dukungan, dan ulasan pelanggan. Anda juga harus memastikan bahwa hosting Anda mendukung WordPress dan memiliki fitur one-click installation, yang memudahkan Anda untuk menginstal WordPress di server Anda.

WordPress.com menyediakan hosting gratis untuk Anda, tetapi dengan beberapa batasan. Anda hanya mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 3 GB, yang bisa cepat habis jika Anda mengunggah banyak gambar atau video. Jika Anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari $4 per bulan. Selain itu, Anda tidak bisa mengakses cPanel atau kontrol panel, yang berarti Anda tidak bisa mengelola website Anda secara penuh.

Tema

Tema adalah desain atau tampilan website Anda. Tema mempengaruhi kesan dan pengalaman pengunjung saat mengunjungi website Anda. Tema juga mempengaruhi fungsi dan fitur website Anda. Anda bisa memilih tema yang sesuai dengan niche atau topik website Anda, misalnya tema untuk blog, bisnis, portofolio, toko online, dan lain-lain.

WordPress.org memberikan Anda akses ke ribuan tema gratis dan berbayar yang bisa Anda unduh dari direktori tema WordPress atau dari situs-situs lain. Anda juga bisa mengunggah tema sendiri yang Anda buat atau beli dari tempat lain. Anda bisa mengubah atau menyesuaikan tema sesuai dengan keinginan Anda melalui pengaturan tema atau editor kode.

WordPress.com memberikan Anda akses terbatas ke tema yang tersedia. Anda hanya bisa memilih tema gratis yang disediakan oleh WordPress.com, yang jumlahnya sekitar 200 tema. Anda tidak bisa mengunggah tema sendiri atau dari tempat lain. Anda juga tidak bisa mengubah atau menyesuaikan tema secara bebas, kecuali Anda membayar biaya tambahan mulai dari $8 per bulan.

Plugin

Plugin adalah perangkat lunak tambahan yang bisa Anda pasang di website Anda untuk menambahkan fungsi atau fitur tertentu. Plugin bisa membantu Anda untuk meningkatkan performa, keamanan, SEO, dan fungsi lainnya dari website Anda. Anda bisa memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website Anda.

WordPress.org memberikan Anda akses ke ribuan plugin gratis dan berbayar yang bisa Anda unduh dari direktori plugin WordPress atau dari situs-situs lain. Anda juga bisa mengunggah plugin sendiri yang Anda buat atau beli dari tempat lain. Anda bisa mengaktifkan, menonaktifkan, atau menghapus plugin sesuai dengan keinginan Anda melalui pengaturan plugin atau editor kode.

WordPress.com memberikan Anda akses terbatas ke plugin yang tersedia. Anda tidak bisa memasang plugin apapun di website Anda, kecuali Anda membayar biaya tambahan mulai dari $25 per bulan. Anda hanya bisa menggunakan plugin bawaan yang disediakan oleh WordPress.com, yang jumlahnya sekitar 50 plugin. Anda tidak bisa mengunggah plugin sendiri atau dari tempat lain.

Powered by

Powered by adalah tanda atau logo yang menunjukkan platform atau penyedia layanan yang Anda gunakan untuk membuat website Anda. Powered by biasanya terletak di bagian bawah atau footer website Anda. Powered by bisa menjadi sarana promosi atau pengakuan untuk platform atau penyedia layanan yang Anda gunakan.

WordPress.org tidak menampilkan powered by di website Anda, kecuali Anda memasangnya secara sukarela. Anda bisa menghapus atau menambahkan powered by sesuai dengan keinginan Anda melalui pengaturan tema atau editor kode. Anda juga bisa menampilkan powered by dari penyedia layanan lain yang Anda gunakan, misalnya hosting, domain, atau plugin.

WordPress.com menampilkan powered by di website Anda secara otomatis. Anda tidak bisa menghapus atau menambahkan powered by sesuai dengan keinginan Anda, kecuali Anda membayar biaya tambahan mulai dari $4 per bulan. Powered by yang ditampilkan adalah “Proudly powered by WordPress” dan “Create a free website or blog at WordPress.com”.

SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses optimasi website Anda agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain. SEO penting untuk meningkatkan visibilitas, trafik, dan konversi website Anda. SEO melibatkan berbagai aspek, seperti kata kunci, konten, tautan, kecepatan, dan lain-lain.

WordPress.org memberikan Anda kontrol penuh atas SEO website Anda. Anda bisa menggunakan plugin SEO, seperti Yoast SEO, All in One SEO, atau Rank Math, untuk membantu Anda mengoptimalkan website Anda. Anda juga bisa mengedit file .htaccess atau robots.txt, yang berhubungan dengan pengaturan SEO website Anda.

WordPress.com memberikan Anda kontrol terbatas atas SEO website Anda. Anda tidak bisa menggunakan plugin SEO, kecuali Anda membayar biaya tambahan mulai dari $25 per bulan. Anda juga tidak bisa mengedit file .htaccess atau robots.txt, yang berarti Anda tidak bisa mengatur SEO website Anda secara detail.

Analytics

Analytics adalah proses analisis data website Anda, seperti jumlah pengunjung, sumber trafik, perilaku pengguna, halaman populer, dan lain-lain. Analytics penting untuk mengukur kinerja, mengidentifikasi masalah, dan menemukan peluang untuk meningkatkan website Anda.

WordPress.org memberikan Anda kebebasan untuk menggunakan alat analytics apapun yang Anda inginkan, asalkan alat tersebut mendukung WordPress. Anda bisa menggunakan plugin analytics, seperti Google Analytics, MonsterInsights, atau Jetpack, untuk membantu Anda mengumpulkan dan menampilkan data website Anda. Anda juga bisa mengintegrasikan alat analytics lainnya, seperti Facebook Pixel, Hotjar, atau Mixpanel, dengan menggunakan kode atau plugin khusus.

WordPress.com memberikan Anda akses terbatas ke alat analytics yang tersedia. Anda hanya bisa menggunakan alat analytics bawaan yang disediakan oleh WordPress.com, yaitu WordPress.com Stats. Alat ini menampilkan data dasar website Anda, seperti jumlah pengunjung, tampilan halaman, referensi, dan kata kunci. Jika Anda ingin menggunakan alat analytics lainnya, seperti Google Analytics, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari $25 per bulan.

Toko online

Toko online adalah website yang memungkinkan Anda untuk menjual produk atau jasa secara online. Toko online memerlukan fitur khusus, seperti keranjang belanja, checkout, pembayaran, pengiriman, dan lain-lain. Toko online bisa menjadi sumber pendapatan bagi Anda, baik sebagai bisnis utama maupun sampingan.

WordPress.org memberikan Anda kemampuan untuk membuat toko online dengan mudah dan fleksibel. Anda bisa menggunakan plugin toko online, seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads, atau BigCommerce, untuk menambahkan fitur-fitur toko online di website Anda. Anda juga bisa menyesuaikan tampilan, fungsi, dan integrasi toko online Anda dengan tema, plugin, atau kode lainnya.

WordPress.com memberikan Anda kemampuan terbatas untuk membuat toko online. Anda hanya bisa menggunakan plugin toko online bawaan yang disediakan oleh WordPress.com, yaitu WooCommerce. Namun, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari $45 per bulan untuk mengaktifkan fitur ini. Selain itu, Anda juga harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh WordPress.com, seperti jenis produk, metode pembayaran, dan lain-lain.

Iklan

Iklan adalah cara untuk menghasilkan uang dari website Anda dengan menampilkan pesan promosi dari pihak ketiga. Iklan bisa berupa teks, gambar, video, atau campuran. Iklan bisa menjadi sumber pendapatan pasif bagi Anda, terutama jika website Anda memiliki trafik yang tinggi.

WordPress.org memberikan Anda kebebasan untuk menampilkan iklan apapun yang Anda inginkan di website Anda, asalkan iklan tersebut tidak melanggar hukum atau etika. Anda bisa menggunakan plugin iklan, seperti AdSense, AdRotate, atau Advanced Ads, untuk membantu Anda mengelola dan menampilkan iklan di website Anda. Anda juga bisa bergabung dengan jaringan iklan lainnya, seperti Media.net, BuySellAds, atau Infolinks, untuk mendapatkan lebih banyak pilihan iklan.

WordPress.com memberikan Anda kebebasan terbatas untuk menampilkan iklan di website Anda. Anda tidak bisa menggunakan plugin iklan atau bergabung dengan jaringan iklan lainnya. Anda hanya bisa menggunakan program iklan bawaan yang disediakan oleh WordPress.com, yaitu WordAds. Namun, Anda harus membayar biaya tambahan mulai dari $8 per bulan untuk mengaktifkan fitur ini. Selain itu, Anda juga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh WordPress.com, seperti jumlah pengunjung, jenis konten, dan lain-lain.

Nah jadi, WordPress.org dan WordPress.com adalah dua versi WordPress yang berbeda, baik dari segi harga, domain, hosting, tema, plugin, powered by, SEO, analytics, toko online, dan iklan. WordPress.org memberikan Anda lebih banyak kebebasan, fleksibilitas, dan kontrol atas website Anda, tetapi juga memerlukan lebih banyak tanggung jawab, biaya, dan keterampilan. WordPress.com memberikan Anda lebih banyak kemudahan, keamanan, dan stabilitas, tetapi juga memerlukan lebih banyak keterbatasan, biaya, dan ketergantungan.

Pilihan antara WordPress.org dan WordPress.com tergantung pada tujuan, kebutuhan, dan preferensi Anda. Jika Anda ingin membuat website yang profesional, kustom, dan mandiri, maka WordPress.org adalah pilihan yang tepat. Jika Anda ingin membuat website yang sederhana, praktis, dan terawat, maka WordPress.com adalah pilihan yang baik. Apapun pilihan Anda, WordPress adalah platform yang hebat untuk membuat website dan blog Anda. Selamat mencoba!

Itulah pembahasan dari saya tentang perbedaan WordPress Gratisan dengan WordPress berbayar, dan disini jika anda membutuhkan jasa pembuatan website segera hubungi kami sekarang juga melalui informasi kontak di website ini.

Sumber artikel:

  1. www.niagahoster.co.id
  2. www.hostinger.co.id
  3. www.advernesia.com
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×