Cara Membuat Link DoFollow dan NoFollow di WordPress Terbaru

oleh | Jan 22, 2024 | Tutorial SEO, WordPress

Bagi anda yang mungkin sering mendengar tentang link DoFollow atau link nofollow berikut ini saya akan menjelaskan bagi anda khusus pengguna WordPress karena disini saya akan memberikan cara membuat link dofollow dan nofollow, namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa itu link DoFollow dan nofollow.

Pengertian link DoFollow dan NoFollow

Link dofollow dan nofollow adalah dua jenis backlink yang memiliki perbedaan dalam hal cara kerja dan efeknya terhadap SEO.

Link DoFollow

Link DoFollow adalah jenis backlink yang mengizinkan mesin pencari untuk mengikuti link tersebut dan mentransfer otoritas dari halaman asal ke halaman yang dituju. Otoritas ini merupakan faktor penting dalam SEO, karena dapat membantu meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari.

Link DoFollow biasanya muncul secara default pada sebagian besar tautan di situs web. Untuk membuat tautan menjadi DoFollow, tidak perlu menambahkan atribut apa pun pada kode HTML.

Link NoFollow

Link NoFollow adalah jenis backlink yang memberi tahu mesin pencari untuk mengabaikan link tersebut dan tidak mentransfer otoritas. Link NoFollow biasanya digunakan untuk tautan yang dianggap tidak relevan atau tidak berkualitas, seperti tautan yang mengarah ke halaman spam atau halaman yang tidak memiliki konten yang bermanfaat. Baca selengkapnya tentang “Link DoFollow dan NoFollow“.

Perbedaan Link DoFollow dan NoFollow

Berikut adalah perbedaan antara link DoFollow dan NoFollow:

FiturLink DoFollowLink NoFollow
Pengaruh terhadap SEOMeningkatkan otoritas halamanTidak berpengaruh terhadap SEO
PenggunaanBiasanya digunakan untuk tautan yang relevan dan berkualitasBiasanya digunakan untuk tautan yang tidak relevan atau tidak berkualitas
Cara membuatTidak perlu menambahkan atribut apa punTambahkan atribut rel=”nofollow” pada kode HTML

Cara Membuat Link DoFollow dan NoFollow di WordPress

Untuk langkah langkah membuatnya silahkan ikuti berikut ini:

  1. Login ke admin dasbord WordPress anda terlebih dahulu
  2. Silahkan buat postingan artikel/halaman tergantung konten yang ingin anda buat
  3. Silahkan tulis artikel terlebih dahulu seperti biasanya.
  4. Berikut ini cara membuat link DoFollow:
    • Tentukan link target yang ingin anda buat
    • Blok anchor text yang ingin dibuat link > pilih menu Tautan > Masukan link target > Klik enter > klik link yang sudah dibuat lalu pilih edit > Pilih Open New Tab/Buka di tab baru > Simpan
    • Berikut contohnya:
  1. Berikut cara membuat link NoFollow:
    • Tentukan link target yang ingin anda buat
    • Blok anchor text yang ingin dibuat link > pilih menu Tautan > Masukan link target > Klik enter > klik link yang sudah dibuat lalu pilih edit > Pilih Open New Tab/Buka di tab baru > Klik Mesin pencari harus mengabaikan tautan ini (tandai sebagai nofollow > Simpan
    • Berikut contohnya:

Nah itulah tentang bagaimana cara membuat sebuah link DoFollow dan NoFollow di WordPress, sangat mudah bukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber artikel: developers.google.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×