10 Daftar Tools SEO Gratis di Tahun 2024

oleh | Jan 3, 2024 | Tutorial SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mengoptimalkan situs web agar mudah ditemukan dan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google. SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling penting dan efektif untuk meningkatkan visibilitas, lalu lintas, dan konversi situs web Anda.

Namun, SEO bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anda perlu menganalisis kata kunci, konten, backlink, performa, dan berbagai aspek lainnya yang memengaruhi peringkat situs web Anda. Untuk itu, Anda membutuhkan tools SEO yang dapat membantu Anda melakukan tugas-tugas SEO dengan lebih mudah dan cepat.

Tools SEO adalah aplikasi atau software yang dirancang khusus untuk membantu Anda melakukan berbagai aktivitas SEO, seperti riset kata kunci, audit situs web, analisis kompetitor, pemantauan peringkat, dan lain-lain. Ada banyak tools SEO yang tersedia di pasaran, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Tools SEO berbayar biasanya menawarkan fitur dan fungsi yang lebih lengkap dan canggih, tetapi juga membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tools SEO gratis, sebaliknya, menawarkan fitur dan fungsi yang lebih terbatas dan sederhana, tetapi juga tidak memerlukan biaya sama sekali.

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas atau ingin mencoba tools SEO tanpa mengeluarkan uang, Anda dapat memanfaatkan tools SEO gratis yang tersedia di internet. Tools SEO gratis dapat memberikan Anda wawasan dan informasi yang berguna untuk mengoptimalkan situs web Anda tanpa menguras kantong Anda.

Namun, tidak semua tools SEO gratis memiliki kualitas dan keandalan yang sama. Beberapa tools SEO gratis mungkin memiliki fitur yang kurang memadai, antarmuka yang kurang ramah pengguna, atau data yang kurang akurat. Oleh karena itu, Anda perlu selektif dalam memilih tools SEO gratis yang akan Anda gunakan.

Untuk membantu Anda menemukan tools SEO gratis terbaik yang dapat Anda gunakan di tahun 2024, kami telah merangkum daftar tools SEO gratis yang harus dimiliki setiap digital marketing. Tools SEO gratis ini telah terbukti memiliki fitur dan fungsi yang berguna, antarmuka yang mudah digunakan, dan data yang akurat dan terpercaya.

Berikut adalah 10 daftar tools SEO gratis di tahun 2024 yang wajib Anda coba:

1. Google Search Console

Google Search Console adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh Google sendiri. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan laporan yang berkaitan dengan kinerja situs web Anda di mesin pencari Google. Anda dapat melihat statistik seperti klik, impresi, CTR, peringkat, kata kunci, halaman, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Search Console untuk memperbaiki masalah yang mungkin memengaruhi indeksasi dan peringkat situs web Anda, seperti URL yang rusak, tag meta yang duplikat, kesalahan pemuatan, dan lain-lain. Anda juga dapat mengirimkan sitemap, menguji robots.txt, dan meminta Google untuk merayapi situs web Anda.

Google Search Console adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik situs web, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana situs web Anda dilihat dan dinilai oleh Google. Tools ini juga membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kualitas situs web Anda agar lebih disukai oleh Google.

Kunjungi website resminya disini.

2. Google Analytics

Google Analytics adalah tools SEO gratis lainnya yang dikembangkan oleh Google. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan laporan yang berkaitan dengan lalu lintas dan perilaku pengunjung situs web Anda. Anda dapat melihat statistik seperti jumlah pengunjung, sumber lalu lintas, durasi sesi, bounce rate, konversi, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Analytics untuk mengukur kinerja kampanye pemasaran Anda, seperti SEO, PPC, email, media sosial, dan lain-lain. Anda juga dapat membuat segmen, tujuan, dan laporan khusus untuk menganalisis data sesuai dengan kebutuhan Anda.

Google Analytics adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana pengunjung situs web Anda berinteraksi dan bereaksi terhadap konten dan tawaran Anda. Tools ini juga membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran Anda agar lebih efektif dan efisien.

Kunjungi website resminya disini.

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh Google sebagai bagian dari Google Ads. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan saran yang berkaitan dengan kata kunci yang relevan dengan situs web atau bisnis Anda. Anda dapat melihat statistik seperti volume pencarian, persaingan, biaya per klik, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan ide kata kunci baru yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan konten dan iklan Anda. Anda juga dapat membuat rencana kata kunci dan mengestimasi perkiraan lalu lintas dan biaya untuk kampanye iklan Anda.

Google Keyword Planner adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang kata kunci yang dicari dan digunakan oleh pengguna Google. Tools ini juga membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk menjangkau dan menarik audiens Anda.

Kunjungi website resminya disini.

4. SEMrush

SEMrush adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama sama. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan laporan yang berkaitan dengan analisis kompetitor, ide kata kunci, pemantauan peringkat, dan lain-lain. Anda dapat melihat statistik seperti lalu lintas, backlink, kata kunci, halaman, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan SEMrush untuk melakukan audit situs web, analisis gap, analisis konten, dan lain-lain. Anda juga dapat membuat proyek dan mengatur alat pemberitahuan untuk memantau dan meningkatkan kinerja situs web Anda.

SEMrush adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana situs web Anda dan pesaing Anda berkinerja di mesin pencari. Tools ini juga membantu Anda menemukan peluang dan ide untuk mengoptimalkan situs web Anda agar lebih unggul dari pesaing Anda.

Kunjungi website resminya disini.

5. Ahrefs Webmaster Tools

Ahrefs Webmaster Tools adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh Ahrefs, salah satu perusahaan tools SEO terkemuka di dunia. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan laporan yang berkaitan dengan profil backlink dan kesehatan situs web Anda. Anda dapat melihat statistik seperti jumlah backlink, domain referensi, otoritas domain, kesalahan teknis, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Ahrefs Webmaster Tools untuk memperbaiki masalah yang mungkin memengaruhi peringkat situs web Anda, seperti tautan yang rusak, konten yang duplikat, masalah kinerja, dan lain-lain. Anda juga dapat mengirimkan sitemap, menguji robots.txt, dan meminta Ahrefs untuk merayapi situs web Anda.

Ahrefs Webmaster Tools adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik situs web, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana situs web Anda dilihat dan dinilai oleh Ahrefs. Tools ini juga membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kualitas situs web Anda agar lebih disukai oleh Ahrefs.

Kunjungi website resminya disini.

6. Ubersuggest

Ubersuggest adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh Neil Patel, salah satu ahli pemasaran digital terkenal di dunia. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan saran yang berkaitan dengan ide kata kunci, analisis konten, dan pemantauan peringkat. Anda dapat melihat statistik seperti volume pencarian, kesulitan kata kunci, CTR, peringkat, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Ubersuggest untuk melakukan audit situs web, analisis backlink, analisis kompetitor, dan lain-lain. Anda juga dapat membuat proyek dan mengatur alat pemberitahuan untuk memantau dan meningkatkan kinerja situs web Anda.

Ubersuggest adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang kata kunci dan konten yang populer dan efektif di mesin pencari. Tools ini juga membantu Anda menemukan peluang dan ide untuk mengoptimalkan situs web Anda agar lebih menarik dan relevan dengan audiens Anda.

Kunjungi website resminya disini.

7. MozBar

MozBar adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh Moz, salah satu perusahaan tools SEO terkemuka di dunia. Tools ini berupa ekstensi browser yang dapat Anda instal di Chrome atau Firefox. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan metrik yang berkaitan dengan otoritas dan optimasi situs web. Anda dapat melihat statistik seperti DA, PA, spam score, title tag, meta description, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan MozBar untuk melakukan analisis on-page, analisis link, analisis SERP, dan lain-lain. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan MozBar sesuai dengan preferensi Anda.

MozBar adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana situs web Anda dan situs web lain berkinerja di mesin pencari. Tools ini juga membantu Anda melakukan analisis dan optimasi situs web Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Kunjungi website resminya disini.

8. Answer The Public

Answer The Public adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh CoverageBook, sebuah perusahaan PR dan media online. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan visualisasi yang berkaitan dengan pertanyaan dan topik yang dicari oleh pengguna internet. Anda dapat melihat statistik seperti jumlah pencarian, jenis pertanyaan, hubungan kata kunci, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Answer The Public untuk menemukan ide konten, judul, dan headline yang menarik dan relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. Anda juga dapat mengunduh data dan visualisasi yang dihasilkan oleh tools ini dalam format CSV atau PNG.

Answer The Public adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang apa yang ingin diketahui dan ditanyakan oleh audiens Anda. Tools ini juga membantu Anda menciptakan konten yang informatif, bermanfaat, dan menarik bagi audiens Anda.

Kunjungi website resminya disini.

9. CanIRank

CanIRank adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh CanIRank, sebuah perusahaan tools SEO dan konsultan. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan rekomendasi yang berkaitan dengan kemampuan situs web Anda untuk bersaing dan mendapatkan peringkat di mesin pencari. Anda dapat melihat statistik seperti kesulitan kata kunci, potensi lalu lintas, kekuatan situs web, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan CanIRank untuk menemukan ide kata kunci, konten, dan link yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web Anda. Anda juga dapat membuat proyek dan mengatur alat pemberitahuan untuk memantau dan meningkatkan kinerja situs web Anda.

CanIRank adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana situs web Anda dapat menyaingi dan mengalahkan pesaing Anda di mesin pencari. Tools ini juga membantu Anda menemukan rekomendasi dan tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda.

Kunjungi website resminya disini.

10. Woorank

Woorank adalah tools SEO gratis yang dikembangkan oleh Woorank, sebuah perusahaan tools SEO dan analitik. Tools ini memberikan Anda akses ke berbagai data dan laporan yang berkaitan dengan analisis dan optimasi situs web. Anda dapat melihat statistik seperti skor SEO, kesalahan teknis, saran perbaikan, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Woorank untuk melakukan analisis kompetitor, analisis media sosial, analisis mobile, dan lain-lain. Anda juga dapat mengunduh laporan yang dihasilkan oleh tools ini dalam format PDF atau slide.

Woorank adalah tools SEO gratis yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer, karena tools ini memberikan Anda gambaran yang jelas dan mendalam tentang bagaimana situs web Anda berkinerja di berbagai aspek SEO. Tools ini juga membantu Anda melakukan analisis dan optimasi situs web Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Kunjungi website resminya disini.

Kesimpulan

Itulah 10 daftar tools SEO gratis di tahun 2024 yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web Anda. Tools SEO gratis ini dapat memberikan Anda banyak manfaat, seperti meningkatkan visibilitas, lalu lintas, dan konversi situs web Anda, tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Namun, Anda juga perlu ingat bahwa tools SEO gratis ini memiliki keterbatasan dan kekurangan, seperti fitur yang terbatas, data yang tidak lengkap, atau akurasi yang tidak selalu terjamin. Oleh karena itu, Anda tidak dapat mengandalkan tools SEO gratis ini sepenuhnya, tetapi Anda perlu menggabungkannya dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman Anda sendiri dalam bidang SEO.

Jika Anda ingin mendapatkan tools SEO yang lebih lengkap, canggih, dan andal, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tools SEO berbayar yang tersedia di pasaran, seperti Ahrefs, SEMrush, Moz, dan lain-lain. Tools SEO berbayar ini dapat memberikan Anda fitur dan fungsi yang lebih banyak dan lebih baik, tetapi Anda juga perlu membayar biaya bulanan atau tahunan untuk menggunakannya.

Pilihan tools SEO yang Anda gunakan tergantung pada kebutuhan, tujuan, dan anggaran Anda. Yang terpenting adalah Anda menggunakan tools SEO yang sesuai dengan situs web dan bisnis Anda, dan Anda menggunakannya dengan benar dan optimal. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kinerja dan hasil situs web Anda di mesin pencari.

Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau komentar, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Selamat mencoba tools SEO gratis di tahun 2024!

Sumber: buffer.com

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×