Daftar Alat Laboratorium Yang Terbuat Dari Glassware

Pada pembahasan kali ini disini Blog Lab akan memberikan informasi kepada teman-teman yang mungkin sedang mencari apa saja peralatan laboratorium yang terbuat dari bahan kaca atau glassware. Dalam bidang laboratorium, peralatan khusus yang dibutuhkan untuk melakukan praktikum, penelitian, pengujian, dan lainnya, salah satunya adalah peralatan yang terbuat dari kaca.

Kenama menggunakan bahan dari kaca?

Karena kaca merupakan bahan yang cukup kuat dan stabil terhadap kebanyakan bahan kimia. Menggunakan wadah plastik atau logam dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya reaksi atau meleleh. Banyak peralatan laboratorium yang tersedia, beberapa diantaranya akan diperkenalkan beserta fungsinya.

Macam-macam alat laboratorium dari Glassware

Berikut ini adalah beberapa macam peralatan laboratorium yang terbuat dari glassware atau kaca yang harus anda ketahui, diantaranya yaitu adalah sebagai berikut:

1. Beaker Glass

Gambar Beaker Glass

Beaker gelas berbentuk gelas dan biasa digunakan untuk menampung larutan atau cairan dengan ketelitian yang rendah. Beaker glass juga dapat digunakan sebagai wadah untuk memanaskan cairan dengan hotplate.

2. Pipet Tetes

Gambat Pipet Tetes

Pipet tetes adalah salah satu peralatan laboratorium yang digunakan untuk memindahkan atau menambahkan larutan kimia ke bahan kimia lain. Biasanya, bahan yang dipindahkan memiliki volume yang sangat kecil atau hanya beberapa tetes saja. Pipet tetes memiliki ujung yang runcing sehingga cukup rentan terhadap kerusakan. Beberapa pipet tetes memiliki hitungan 20 tetes = 1mL.

3. Tabung Reaksi

Gambar Tabung Reaksi

Tabung reaksi adalah salah satu peralatan yang paling umum digunakan, tabung reaksi tidak memiliki ukuran yang tetap. Karena itu, tabung reaksi biasanya digunakan hanya sebagai tempat untuk melakukan pengujian reaksi atau sebagai wadah untuk campuran yang tidak memerlukan satuan volume. Contohnya adalah uji suatu larutan dengan tetesan zat lain.

4. Labu Erlenmeyer

Gambar Labu Erlenmeyer

Labu Erlenmeyer juga dapat digunakan untuk menampung larutan yang cukup banyak dan memiliki ketelitian yang lebih baik dibandingkan dengan beaker glass karena bentuknya yang cekung. Labu Erlenmeyer digunakan pada saat titrasi, larutan lebih mudah dikocok dan tidak tumpah. Namun, labu Erlenmeyer juga dapat digunakan untuk memanaskan dengan hotplate. Penamaan “Erlenmeyer” diberikan sesuai dengan nama penemunya, yaitu Emil Erlenmeyer pada tahun 1860.

5. Pengaduk Kaca

Gambar Pengaduk Kaca

Batang pengaduk atau pengaduk kaca adalah alat yang digunakan untuk mencampur larutan atau untuk mengambil sesuatu di dasar beaker. Biasanya batang pengaduk ini juga digunakan dalam proses pemisahan campuran melalui dekantasi.

Nah itulah beberapa macam peralatan laboratorium yang terbuat dari glassware atau dari bahan kaca yang biasanya sering anda temukan di laboratorium dan wajib anda ketahui, demikian pembahasan dari saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *