Cara Merawat Alat Ukur Panjang

oleh | Nov 8, 2022 | Laboratorium

Hallo sahabat bloglab, dalam postingan ini kita tidak akan membahas mengenai bermacam macam alat ukur panjang, karena hal ini mungkin bisa teman-teman dapatkan dengan mudah di internet. Contoh dari alat ukur panjang tersebut adalah jangka sorong, mikrometer, stell ruler, dial gauge, dll.

Oh ya, alat ukur panjang ini juga harus di kalibrasi secara berkala sehingga menjamin tingkat keakuatannya. Dan tak kalah penting dari kalibrasi, maka alat ukur ini juga harus dirawat dengan baik.

Artikel ini membahas bagaimana sih cara merawat alat ukur panjang seperti mikrometer, jangka sorong, serta dial gauge?

Pengertian Alat Ukur Panjang

Alat ini merupakan sebuah alat ukur yang berfungsi untuk dapat mengukur panjang suatu benda atau objek contoh untuk alat ini yaitu seperti Mikrometer, jangka sorong, dial gauge dan lain-lain.

Sebelum pada tahap perawatan, pastikan terlebih dahulu bahwa anda membeli alat ukur tersebut sesuai dengan penggunaanya. Perhatikan mengenai tipenya (misalnya : jangka sorong yang mungkin spesifik terhadap kebutuhan pengukuran anda), resolusinya (Karena suatu alat dengan resolusi yang tinggi biasanya juga diimbangi dengan harga yang tinggi pula). Jika berkenan silakan konsultasikan kepada kami karena kami juga melayani penjualan berbagai macam alat ukur.

Cara Perawatan

Berikut ini adalah point yang mungkin harus diperhatikan dalam merawat alat ukur panjang:

  1. Mikrometer, jangka sorong, dial gauge sudah pasti harus kita jaga agar tidak terjatuh atau terjadi benturan yang mengakibatkan kerusakan.
  2. Jaga alat ukur tersebut dari debu atau kotoran pada bagian bagiannya baik sebelum atau sesudah pemakaian (tentu saja dalam pembersihan disarankan menggunakan kain bersih atapun chamois). Hal ini mungkin Hampir mirip dengan cara merawat anak timbangan yang sudah dibahas sebelumnya,
  3. Bersihkan pula permukaan ukur sebelum dilakukan pengukuran untuk menjamin hasil pengukuran tersebut.
  4. Dalam kasus mikrometer, untuk memaju mundurkan alat ukur jangan pernah mencoba dengan memutar rahangnya. dan gunakan penghenti rachet untuk memperoleh hasil pengukuran yang baik.
  5. Simpan alat ukur ini dalam kondisi terbebas dari paparan sinar matahari secara langsung, kelembapan yang tinggi, terbebas dari kotaran ataupun debu, serta kondisi suhu yang terlalu fluktuatif. Pengaruh suhu ini mungkin kurang begitu terlihat jika rentang ukur mikrometer hanya 25 mm, tetapi untuk mikrometer luar dengan rentang ukur sampai 300 mm perubahan suhu 10 derajat celcius akan mengakibatkan perubahan panjang sebesar 0.012 mm.
  6. Untuk jangka sorong, pernah menggunakan ujung jaw sebagai alat pembagi yang biasa kita lakukan terhadap jangka.
  7. Baut penekan dalam jangka sorong ini harus kita jaga dalam keadaan kencang agar slider dapat bergerak dengan lancar.
  8. Untuk pengukuran bagian luar, letakkanlah benda yang akan dikur pada bagian dalam rahang pengukur luar dan sedekat mungkin pada permukaan referensi batang ukur utama.
  9. Dalam melakukan pengambilan data khususnya untuk mikrometer dan jangka sorong analog, pastikan garis penglihatan mata tegak lurus pada titik hasil pengukuran di graduasi. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan paralax pada saat pembacaan alat ukur panjang jenis ini.

Kesimpulan

Mah itulah yang dapar admin sampaikan kepada anda mengenai bagaimana cara perawatan alat ukur panjang seperti Mikrometer, jangka sorong, dial gauge, mudah mudahan postingan ini bermanfaat, dan bagi anda yang ingin membeli berbagai macam peralatan laboratorium silahkan kunjungi link berikut ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×