Test Sieve, Alat Ukur Particle Size

oleh | Nov 8, 2022 | Laboratorium

Alat ukur partikel size ukuran partikel bagi beberapa industri sangatlah penting atau bisa dikatakan titik kritis pada spesifikasi produk karena bisa jadi ukuran partikel akan mempengaruhi kualitas produk itu sendiri. Aplikasi dalam analisa ukuran partikel ini sangat beragam misalnya dalam industri semen, pertambangan, bahkan sampai industri makanan.

Alat pengukur partikel ini juga bermacam macam jenisnya, ada yang sederhana seperti model ayakan sampai dengan model canggih yang menggunakan sistem kamera. Test sieve merupakan salah satu alat ukur partikel yang sederhana tetapi penggunaanya sangatlah luas untuk saat ini.

Test sieve bisa kita temukan dengan berbagai ukuran yaitu antara 20 mikron sampai dengan 125 mm karena alat ini optimum bisa digunakan sebagai pengukur partikel dengan rentang ukur tersebut. Jika ternyata target pengukuran lebih kecil dari 5 mikron sangat disarankan menggunakan instrument ataupun metode yang lainnya seperti optical microscopy ataupun electrical sensing zone.

Alat ini berbentu seperti silinder dengan anyaman kawat didalamnya dimana anyaman tersebut membentuk lubang bujur sangkar.

Dalam menggunakan alat ini bisa langsung digunakan dengan secara manual ataupun tangan, penggunakan secara manual tentu mempunyai kekurangan dimana hasil yang didapatkan mempunyai reproducbility yang kurang baik. Sehingga saat ini, kebanyakan industri menggunakan test sieve selalu berpasangan dengan shieve shacker yang mungkin sudah banyak dijual di pasaran.

Ukuran yang lazim digunakan untuk mengenali alat ini adalah MESH sebagai pengganti mikron. Dimana mesh didefinisikan sebagai banyaknya lubang (tentunya ditambah dengan tebal wire atau kawat dalam satu inch. Karena perhitungan agak sedikit rumit jika dijelaskan disini silakan langsung download sumbernya yang berjudul “test sieving manual – Guide to the use, terminology and general information relative to test sieve and equipment for particle analysis” langsung ketikkan judul tersebut di google dan anda akan langsung mendapatkan dalam versi PDF nya.

Test sieve dalam penggunaanya biasanya tidak hanya menggunakan single test sieve melainkan beberapa test sieve dengan berbagai ukuran tersusus secara berurutan dari atas ke bawah dan tentunya dari ukuran yang paling besar diatas sampai yang paling kecil ada dibawah (ukuran mikronnya). Sehingga dari hasil analisa ini kita mampu menentukan distribusi partikel dimana pada ukuran berapa partikel tersebut banyak terkonsentrasi.

Sejalan dengan pengguan test sieve dalam suatu analisa dan juga pembersihan alat, maka tidak dapat dihindari kemungkinan diameter dari lubang alat ini bisa mengalami perubahan. Sehingga sangat disarankan alat ini dikalibrasi secara berkala sehingga menjamin keakuratannya. Untuk melakukan kalibrasi test sieve silakan klik disini.

Oh ya untuk melakukan pembersihan terhadap ini disarankan menggunakan ultrasonic cleaner sehingga partikel partikel yang terjebak di dalam lubang alat tersebut bisa sepenuhnya terangkat. Jika anda ingin membeli berbagai macam alat-alat laboratorium silahkan kunjungi link berikut ini.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×