Cara Membersihkan Fume Hood dengan Mudah

oleh | Mei 29, 2023 | Laboratorium

Halo sahabat Bloglab. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi dengan Anda tentang cara membersihkan fume hood dengan mudah. Fume hood adalah alat laboratorium yang sangat penting untuk menyimpan atau menggunakan bahan kimia yang berbahaya, mudah menguap, atau menghasilkan gas. Namun, fume hood juga perlu dibersihkan secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak menjadi sarang kotoran, debu, atau tumpahan zat. Jika fume hood kotor, maka kinerjanya akan menurun dan dapat membahayakan pengguna dan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mudah membersihkan fume hood dengan baik dan benar.

Apa itu Fume Hood?

Apa itu Fume Hood

Fume hood atau lemari asam adalah alat laboratorium yang berfungsi untuk menyimpan atau menggunakan bahan kimia yang berbahaya, mudah menguap, atau menghasilkan gas. Fume hood memiliki saluran udara di bagian atasnya yang dapat membuang gas beracun ke luar ruangan. Fume hood sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium kimia. Baca selengkapnya di “Fungsi Fume Hood atau Lemari Asam“.

Namun, fume hood juga perlu dibersihkan secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak menjadi sarang kotoran, debu, atau tumpahan zat. Jika fume hood kotor, maka kinerjanya akan menurun dan dapat membahayakan pengguna dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mudah membersihkan fume hood dengan baik dan benar.

Cara Membersihkan Fume Hood

Cara Membersihkan Fume Hood

Berikut ini adalah bagaimana caranya melakukan perawatan terhadap Fume Hood yaitu bagaimana cara membersihkannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Matikan aliran listrik dan angin fume hood

Sebelum membersihkan fume hood, pastikan Anda mematikan aliran listrik dan angin fume hood terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja akibat sengatan listrik atau terhirupnya gas beracun. Selain itu, Anda juga harus mengenakan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, masker, kacamata, dan sepatu bot.

2. Kosongkan isi fume hood

Setelah mematikan aliran listrik dan angin fume hood, Anda harus mengosongkan isi fume hood dari semua bahan kimia, alat-alat, atau sampel yang ada di dalamnya. Simpan bahan kimia di tempat yang aman dan sesuai dengan labelnya. Jangan mencampur bahan kimia yang berbeda atau tidak sesuai. Jika ada tumpahan zat di dalam fume hood, bersihkan segera dengan cara yang sesuai dengan jenis zatnya.

3. Bersihkan permukaan dalam fume hood

Setelah mengosongkan isi fume hood, Anda dapat membersihkan permukaan dalam fume hood dengan menggunakan lap basah yang telah dicelupkan ke dalam larutan sabun cuci piring atau deterjen. Gosok permukaan dalam fume hood dengan lembut dan hati-hati agar tidak merusak lapisan pelindungnya. Jika ada noda yang sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan sikat gigi atau spons untuk menggosoknya.

4. Bersihkan filter atau penutup fume hood

Filter atau penutup fume hood adalah bagian yang berfungsi untuk menyaring udara yang keluar dari fume hood. Filter atau penutup fume hood sering kali kotor akibat menangkap debu atau minyak dari bahan kimia yang digunakan di dalam fume hood. Untuk membersihkannya, Anda harus melepaskan filter atau penutup fume hood terlebih dahulu dari tempatnya.

Kemudian, rendam filter atau penutup fume hood dalam air hangat yang telah dicampur dengan soda kue dan sabun cuci piring. Biarkan selama 10 sampai 15 menit agar noda minyak dan debu terangkat. Setelah itu, sikat filter atau penutup fume hood dengan sikat sampai bersih dan bilas dengan air bersih. Keringkan filter atau penutup fume hood dengan lap kering atau angin-anginkan di tempat yang teduh.

5. Pasang kembali filter atau penutup fume hood

Setelah filter atau penutup fume hood bersih dan kering, Anda dapat memasangnya kembali ke tempatnya dengan hati-hati. Pastikan filter atau penutup fume hood terpasang dengan benar dan rapat agar tidak ada celah udara yang bocor. Jika perlu, Anda dapat mengganti filter atau penutup fume hood yang sudah rusak atau aus dengan yang baru.

Kesimpulan

Demikianlah cara membersihkan fume hood dengan baik dan benar. Dengan membersihkan fume hood secara rutin, Anda dapat menjaga kualitas dan kinerja fume hood agar tetap optimal dan aman. Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan fume hood di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Dan diinformasikan bagi teman-teman yang ingin membeli fume hood anda bisa membelinya melalui link berikut ini di www.envilife.co.id yang menjual peralaran laboratorium dengan lengkap dan harga terjangkau yaitu perusahaan yang bernama PT Cakwala Bima Instrument.

Sumber referensi:
https://www.lemariasam.id/tips-membersihkan-fume-hood-dengan-baik-dan-benar/
https://andarupm.co.id/fume-hood/
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×