Fungsi Fume Hood atau Lemari Asam

oleh | Agu 16, 2022 | Laboratorium

Jika anda sering di laboratorium mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar nama salah satu alat berikut ini yaitu alatnya yang bernama Fume Hood atau disebut lemari asam, untuk itu silahkan anda simak pembahasannya tentang apa saja fungsi Fume Hood atau lemari asamnya berikut ini.

Fume Hood / Lemari Asam

Fume hood merupakan sebuah instrumnet laboratorium atau sebuah sungkup asap atau juga biasa disebut lemari asap adalah sebuah peralatan ilmiah yang besar, biasa terdapat dalam laboratorium kimia. Sungkup asap berguna untuk mengurangi kontak seseorang terhadap asap yang berbahaya.

Fungsi Fume Hood

Dan selanjutnya apa sih fungsi dari fume hood tersebut? Nah untuk itu berikut adalah beberapa fungsi dari alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fume hood atau juga biasa disebut dengan lemari asam yang merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk dapat menjaga suhu udara tetap stabil dan melindungi bahan ataupun pada larutan kimia yang disimpan di lemari ini dengan tingkat keasaman yang tinggi.
  2. Dan secara ummumnya, lemari asam digunakan untuk membantu memindahkan suatu bahan kimia yang mengandung asam ke wadah dengan tingkat bahaya yang dapat diminimalisasi.

Macam-macam Fume Hood

Lalu apa saja macam-macam fume hood ini? Dan berikut ini silahkan perhatikan beberapa contoh macam Fume Hood, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. ENVILIFE FH1000A – Ducted Fume Hood

Gambar ENVILIFE FH1000A – Ducted Fume Hood
Sumber: envilife.co.id

Envilife FH1000A – Ducceded Fume Hood, produk ini milik seri Hood FH (A) Fume. Hood asap adalah semacam tekanan negatif dari sistem ventilasi untuk melindungi operator dan lingkungan laboratorium. Udara udara mengalir ke lubang depan tudung asap dan secara konsisten diventilasi oleh blower ekstrak. Oleh karena itu, asap, uap, gas beracun, aerosol, dan zat korosif yang terkontaminasi yang dapat diproduksi selama percobaan dapat dicegah agar tidak menyebar ke operator atau ke ruang laboratorium. Selain itu, udara yang tercemar dapat dimurnikan dengan filter karbon (opsional) yang diaktifkan sebelum menguras saluran. Dengan demikian, lingkungan luar juga dapat dilindungi. Selengkapnya.

2. ENVILIFE FH1000P – Ducted Fume Hood

Gambar ENVILIFE FH1000P – Ducted Fume Hood
Sumber: envilife.co.id

ENVILIFE FH1000P – Ducted Fume Hood, Ini adalah jenis baru peralatan teknis untuk bengkel ber-AC dan bengkel bersih. Secara luas digunakan dalam elektronik, kimia, mesin, kedokteran, universitas, laboratorium dan bidang lainnya. Lemari asam dapat digunakan untuk pengoperasian infeksi yang berpotensi berbahaya atau tidak diketahui faktor, serta percobaan asam kuat, alkali kuat, korosif kuat dan mudah menguap. Lindungi keselamatan operator dan sampel.

Fume Hood digunakan untuk melindungi lingkungan lab dan operator selama bahan kimia umum aplikasi. Ini secara aktif melindungi operator dari menghirup uap beracun dan secara dramatis mengurangi risiko kebakaran dan ledakan. Dengan memasang filter yang tepat, itu juga dapat melindungi lingkungan. Selengkapnya.

3. ENVILIFE FH1000X – Fume Hood

Gambar ENVILIFE FH1000X – Fume Hood
Sumber: envilife.co.id

ENVILIFE FH1000X – Fume Hood, Fume hood adalah lemari asam untuk menjaga suhu udara tetap stabil dan melindungi bahan maupun larutan kimia yang memiliki tingkat konsentrasi keasaman yang tinggi. Selengkapnya.

4. Fume Hood

Gambar Fume Hood
Sumber: envilife.co.id

Fume Hood atau biasa disebut dengan lemari asam sangat sering dijumpai pada laboratorium, apalagi laboratorium tersebut sudah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional),

Lemari asam memiliki fungsi yang cukup penting dalam suatu laboratorium., yakni untuk melindungi personil dari suatu bahaya yang cukup mengancam yaitu terhirup nya suatu gas yang beracun selama proses pengujian, riset, ataupun pembelajaran yang mungkin secara sengaja dilakukan di laboratorium.

Terkadang lemari asam juga berfungsi untuk mengurangi uap berbahaya di ruangan laboratorium karena daya hisap yang cukup kuat mengakibatkan udara di sekitar ruangan laboratorium ikut terhisap. Desain lemari asam yang dilengkapi dengan laci di bawahnya juga berfungsi untuk lemari penyimpanan bahan kimia berbahaya yang bersifat mudah menguap. Selengkapnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *