Macam-macam Glassware Laboratorium dan Gambarnya

Apakah anda sebelumnya di laboratorium atau ketika belajar tentang laboratorium kimia khususnya pernah mendengar kata Glassware? Nah di pembahasan ini kali ini admin akan memberikan informasi kepada teman-teman mengenai apa itu Glassware dan juga apa saja macam-macam glasware atau alat lab yang terbuat dari kaca. Nah untuk itu berikut ini adalah penjelasan mengenai alatnya.

Glassware Laboratorium

Laboratory Glassware atau Glassware Laboratorium yaitu biasa disebut juga sebagai kumpulan instrument laboratorium yang merupakan terbuat dari suatu bahan kaca, dan dapat digunakan untuk melakukan seperti percobaan ilmiah, dan terutama dalam laboratorium kimia dan biologi.

Peralatan Glassware Laboratorium ini pada umumnya yaitu digunakan karena sifatnya kaca yang inert atau (tidak bereaksi dengan zat kimia), transparan, dan tahan panas untuk beberapa aplikasi.

Selain itu juga bukan hanya sebuah kaca bahan kuarsa ini biasanya digunakan untuk keperluan suatu bahan untuk pembuatan Glassware Laboratorium hal tersebut ini biasanya karena glassware ini tersebut sifatnya yang dapat bertahan pada suatu keadaan yang panas pada temperatur yang sangat tinggi dan juga memiliki suatu sifat terawang di beberapa spektrum elektromagnetis.

Jenis-jenis Glassware Laboratorium

Nah selanjutnya untuk pembahasan paling penting di artikel ini kita akan mempelajari apa saja jenis-jenis glassware atau macam-macam glassware laboratorium, untuk itu berkut ini adalah sebagai berikut:

1. Tabung Erlenmeyer Flask

gambar Tabung Erlenmeyer Flask
Sumber: aliexpress.com

Erlenmeyer atau dikenal juga dengan nama atau sebutan yaitu labu erlenmeyer yatut sebuah peralatan laboratoriu yaitu salah satu alat gelas laboratorium yang salah satu fungsinya yaitu untuk menjadikan wadah dari bahan kimia cair. Dan gelas ini juga biasanya sering dipakai atau digunakan untuk melakukan sebuah proses pada titrasi untuk menampung larutan yang akan digunakan.

2. Gelas Beaker

Gambar Gelas Beaker
Sumber: bukalapak.com

Gelas kimia atau biasa disebut gelas beker merupakan sebuah peraatan gelas laboratorium yang terbuat dari bahan kaca dengan memiliki berbagai ukuran sesui kebutuhan di laboratoriumnya. Dan juga untuk fungsi gelas kimia (gelas beker) ini diantaranya yaitu sebagai suatu tempat untuk mereaksikan sebuah bahan, atau juga untuk tempat menampung suatu bahan kimia yang berupa seperti larutan, padatan, pasta ataupun tepung, tempat melarutkan bahan dan tempat memanaskan bahan.

3. Boiling flask

Gambar Boiling flask
Sumber: corning.com

Boiling flask atau juga biasa disebut yaitu Labu didih ini biasanya yang terbuat dari bahan kaca khusus untuk di laboratorium yang dapat tahan terhadap suatu panas pada kisaran suhu 120 sampai 300 ‘C. Dan untuk ukurannya itu bisa beragam, dari mulai 250 mL bahkan sampai 2000 mL. Untuk Fungsi labu didih (boiling flask) ini yaitu untuk memanaskan sebuah larutan dan menyimpan larutan di laboratorium kimia atau biologi.

4. Funnel

Gambar Funnel laboatorium
Sumber: indiamart.com

Funnel laboratroium ini merupakan sebuah alat laboratorium yang biasa digunakan untuk jembatan dan juga untuk dapat menyalurkan suatu zat cair atau zat halus yaitu ke dalam sebuah wadah dengan memiliki lubang kecil yang tanpa corong, tumpahan mungkin terjadi. Corong pada funnel laboratorium ini tersebut biasanya itu terbuat dari bahan stainless steel, aluminium, kaca, atau plastik.

5. Condenser

Gambar Condenser laboratorium
Sumber: alibaba.com

Condenser atau Kondensor laboratroium atau pendingin balik merupakan sebuah peralatan gelas laboratorium yang biasanya digunakan untuk membantu melakukan sebuah proses repruk (pemanasan dengan pendingin balik) dalam proses distilasi.

Nah itulah beberapa jenis atau macam-macam glassware laboratorium atau peralatan laboratroium yang terbuat dari kaca. Dan disini juga admin akan memberikan informasi khususnya bagi anda yang sedang mencari dan ingin membeli berbagai macam peralatan laboratorium anda bisa mengunjungi website berikut ini www.envilife.co.id dimana perusahaan ini yang bernama PT. Envilife Teknologi Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *