Struktur Organisasi Laboratorium

oleh | Agu 21, 2022 | Laboratorium

Sebuah laboratorium terdapat orang yang mengurusinya. Pengelolaan laboratorium dapat diartikan sebagai langkah pengadministrasian, perawatan, pengamanan, serta perencanaan untuk pengembangan secara efektif dan efisien sebuah laboratorium.

Fungsi laboratorium di sekolah sebagai salah satu fasilitas penunjang proses pembelajaran. Pengelolanya di bawah koordinasi kepala laboratorium. Pengelola laboratorium di sekolah umumnya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, koordinator laboratorium, penanggungjawab laboratorium, dan laboran.

Sebuah laboratorium harus mempunyai tata tertib. Hal ini merupakan pedoman umum yang dirumuskan untuk menjaga keselamatan kerja dan memelihara fasilitas laboratorium. Marilah kita pelajari tugas penanggung jawab laboratorium dan juga laboran secara spesifik.

1. Penanggung jawab laboratorium kimia

Penggung jawab laboratorium adalah kepala laboratorium. Ia bertugas menyusun tata tertib laboratorium, program kerja laboratorium, engajukan kebutuhan alat dan bahan, menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan praktikum bersama-sama dengan laboran, bertanggung jawab terhadap perawatan sarana prasarana, dan melakukan administrasi alat bahan, dan fasilitas laboratorium.

Pengelola juga bertanggung jawab terhadap keamanan, keselamatan, kebersihan sehingga nyaman dan kondusif menjamin keselamatan kerja di laboratorium.

2. Laboran

Seorang laboran dapat bekerja secara optimal jika menguasai dan memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan ruang lingkup tugasnya di laboratorium. Tugas seperti administrasi laboratorium, layanan, pemeliharaan, dan perawatan alat-alat bahan laboratorium, serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh penanggung jawab laboratorium. Adapun tugas yang lebih rinci:

  • Menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan praktikum.
  • Memberikan pelayanan kepada guru dan praktikan selama kegiatan praktikum berlangsung.
  • Melakukan perawatan sarana dan prasarana.
  • Melakukan inventarisasi dan administrasi alat, bahan, serta fasilitas yang ada
  • Bertanggung jawab terhadap keamanan, keselamatan, kebersihan, dan keindahan laboratorium.
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×