5 Alat Pelindung Diri di Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya

oleh | Des 19, 2022 | Laboratorium

Selamat datang di Blog Lab yang akan membahas tentang alat pelindung diri di laboratorium. Alat pelindung diri merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi para pekerja laboratorium karena dapat melindungi dari bahaya yang mungkin terjadi di laboratorium serta membantu menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan kerja. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa alat pelindung diri yang umum digunakan di laboratorium beserta gambar dan fungsinya.

Apa itu alat pelindung diri?

Alat pelindung diri (APD) merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi para pekerja laboratorium. APD tidak hanya melindungi pekerja dari bahaya yang mungkin terjadi di laboratorium, tetapi juga membantu menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan kerja.

Daftar alat pelindung diri di Laboratorium

Berikut adalah beberapa alat pelindung diri yang umum digunakan di laboratorium beserta gambar dan fungsinya:

1. Sarung tangan laboratorium

Alat Pelindung Diri di Laboratorium: Sarung tangan laboratorium
Gambar Sarung tangan laboratorium

Sarung tangan laboratorium adalah alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi tangan dari kontaminasi bahan kimia atau bahan lain yang berbahaya yang mungkin terjadi di laboratorium. Sarung tangan ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia seperti neoprene atau nitril, sehingga dapat melindungi tangan Anda dengan baik.

2. Masker wajah

Alat Pelindung Diri di Laboratorium: Masker wajah
Gambar Masker wajah

Masker wajah digunakan untuk melindungi muka dan hidung dari partikel-partikel yang mungkin terbang di udara selama bekerja di laboratorium. Masker wajah ini dapat terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia atau bahan yang dapat menyaring udara seperti kain filter.

3. Kacamata pelindung

Alat Pelindung Diri di Laboratorium: Kacamata pelindung
Gambar Kacamata pelindung

Kacamata pelindung adalah alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi mata dari bahan kimia atau partikel yang mungkin terbang di udara selama bekerja di laboratorium. Kacamata pelindung ini terbuat dari bahan yang kuat seperti polycarbonate atau acetate yang dapat melindungi mata Anda dengan baik.

4. Lab coat

Alat Pelindung Diri di Laboratorium: Lab coat
Gambar Lab coat

Lab coat adalah jaket yang digunakan oleh para pekerja laboratorium untuk melindungi pakaian dari kontaminasi bahan kimia atau bahan lain yang berbahaya yang mungkin terjadi di laboratorium. Lab coat ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia seperti polyester atau nylon, sehingga dapat melindungi pakaian Anda dengan baik.

5. Sepatu laboratorium

Alat Pelindung Diri di Laboratorium: Sepatu laboratorium
Gambar Sepatu laboratorium

Sepatu laboratorium adalah alat pelindung diri yang digunakan untuk melindungi kaki dari bahan kimia atau bahan lain yang berbahaya yang mungkin terjadi di laboratorium. Sepatu ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia seperti neoprene atau nitril, sehingga dapat melindungi kaki Anda dengan baik.

Kesimpulan

Dengan menggunakan alat pelindung diri yang tepat, para pekerja dapat bekerja dengan lebih aman dan nyaman di laboratorium. Selain itu, dengan menggunakan alat pelindung diri, para pekerja juga dapat membantu menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan kerja di laboratorium.

Meskipun alat pelindung diri sangat penting bagi para pekerja laboratorium, tetapi tidak semua alat pelindung diri cocok untuk digunakan pada setiap kondisi kerja. Oleh karena itu, penting bagi para pekerja untuk memahami dan memilih alat pelindung diri yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kerja di laboratorium.

Selain itu, para pekerja juga harus memahami cara menggunakan alat pelindung diri di laboratorium dengan benar agar dapat memberikan perlindungan yang maksimal bagi diri mereka sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca instruksi penggunaan yang disediakan oleh produsen atau dengan meminta bantuan dari supervisor atau instruktur laboratorium.

Jadi, jangan lupa untuk selalu memakai alat pelindung diri yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kerja di laboratorium agar dapat bekerja dengan aman dan nyaman.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×