Apa itu Website Company Profile? Fungsi, Manfaatnya

oleh | Jul 10, 2023 | Website, WordPress

BLOGLAB – Jasa Pembuatan Website Profesional, selamat datang di blog kami. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang apa itu website company profile, fungsi, dan manfaatnya bagi perusahaan. Website company profile adalah salah satu elemen penting dalam dunia bisnis online yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan. Apa saja yang perlu Anda ketahui tentang website company profile? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Website Company Profil

apa itu website company profile

Web company profile adalah sebuah situs web yang berisi informasi tentang profil perusahaan yang mencerminkan identitas dan kompetensi perusahaan. Informasi yang disajikan di website company profile meliputi visi, misi, sejarah, produk atau jasa, tim, prestasi, dan lain-lain yang relevan dengan bidang dan tujuan perusahaan.

Website company profile biasanya digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan diri kepada calon klien, mitra, investor, media, atau masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak tentang perusahaan. Website company profile juga dapat menjadi sarana untuk menunjukkan kredibilitas, reputasi, dan nilai tambah perusahaan di mata pasar.

Contoh Website Company Profile

apa itu website company profile

Ada banyak contoh website company profile yang bagus yang bisa Anda jadikan inspirasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • BCA Digital. Situs profil BCA Digital adalah salah satu contoh web profil perusahaan yang bagus. Hadir dengan tampilan eye-catching menggunakan hero image header pada bagian homepage serta penggunaan desain gambar visual ala neumorphism. Situs ini juga menyajikan informasi tentang produk, layanan, tim, dan berita terkini dari BCA Digital secara lengkap dan menarik.
  • Gojek. Website company profile Gojek juga tak kalah menariknya. Dengan warna hijau khas sebagai identitas brand, situs ini menampilkan informasi tentang visi, misi, nilai, dan dampak sosial dari Gojek. Situs ini juga menawarkan berbagai fitur seperti karir, blog, media kit, dan hubungi kami yang mudah diakses.
  • Majoo. Situs company profile perusahaan lain yang bisa Anda contoh adalah milik Majoo. Majoo adalah perusahaan yang menyediakan software akuntansi online untuk UKM. Situs ini memiliki tampilan yang simpel dan profesional dengan warna biru dan putih sebagai dominan. Situs ini juga memberikan informasi tentang produk, fitur, harga, testimoni, dan kontak dari Majoo secara jelas dan informatif. Pelajari tentang “Dashboard Majoo“.
  • Pepsico. Contoh website company profile yang akan dibahas selanjutnya adalah Pepsico. Pepsico merupakan perusahaan yang berfokus pada makanan dan minuman. Company ini telah menghadirkan banyak merk makanan terkenal seperti Lays, Pepsi, hingga Quaker. Situs ini memiliki tampilan yang modern dan dinamis dengan penggunaan animasi dan video. Situs ini juga menyediakan informasi tentang sejarah, visi, misi, nilai, produk, karir, dan tanggung jawab sosial dari Pepsico secara detail dan menarik.

Fungsi Website Company Profile

apa itu website company profile

Website company profile memiliki beberapa fungsi penting bagi perusahaan, antara lain:

  • Meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan. Dengan memiliki website company profile yang profesional dan informatif, perusahaan dapat menunjukkan identitas dan kompetensinya secara online. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kesan positif dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.
  • Mempromosikan produk atau jasa perusahaan. Website company profile dapat menjadi sarana untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar. Perusahaan dapat menyajikan fitur, manfaat, testimoni, portofolio, dan harga dari produk atau jasa yang dijual secara lengkap dan menarik.
  • Membangun hubungan dengan pelanggan. Website company profile dapat menjadi media untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung atau tidak langsung. Perusahaan dapat menyediakan kontak, formulir, live chat, sosial media, newsletter, atau blog untuk berinteraksi dengan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.
  • Meningkatkan visibilitas dan trafik online perusahaan. Website company profile dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan eksposur dan kunjungan online dari calon pelanggan atau pihak lain yang tertarik dengan perusahaan. Dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang tepat, website company profile dapat muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google atau Bing.

Manfaat Website Company Profile

apa itu website company profile

Dari beberapa fungsi website company profile di atas, dapat disimpulkan bahwa website company profile memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  • Meningkatkan penjualan dan omzet perusahaan. Dengan website company profile yang efektif, perusahaan dapat menarik lebih banyak calon pelanggan dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dan omzet perusahaan secara signifikan.
  • Meningkatkan citra dan brand awareness perusahaan. Dengan website company profile yang kreatif dan unik, perusahaan dapat membedakan diri dari kompetitor dan menciptakan citra yang kuat di benak pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan nilai tambah perusahaan di mata pasar.
  • Menghemat biaya dan waktu promosi perusahaan. Dengan website company profile yang mudah diakses dan diperbarui, perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu yang biasanya dikeluarkan untuk promosi offline seperti brosur, spanduk, iklan cetak, atau televisi. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Cara Membuat Website Company Profile

apa itu website company profile

Cara membuat website company profile bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah, yaitu:

  • Beli hosting dan domain. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file website Anda, sedangkan domain adalah alamat website Anda di internet. Anda bisa memilih layanan hosting gratis domain, seperti Niagahoster, Dewaweb, atau Jagoan Hosting yang menawarkan paket hosting dengan domain gratis yang terjangkau dan berkualitas.
  • Install WordPress. WordPress adalah platform yang paling populer digunakan dalam pembuatan website. Anda bisa menginstall WordPress melalui Member Area Niagahoster, cPanel Dewaweb, atau Softaculous Jagoan Hosting dengan mudah dan cepat.
  • Install tema website perusahaan. Tema adalah tampilan atau desain website Anda. Anda bisa memilih tema website perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda dari direktori tema WordPress atau dari situs-situs penyedia tema premium seperti ThemeForest, Elegant Themes, atau StudioPress.
  • Lengkapi identitas perusahaan. Identitas perusahaan adalah informasi dasar tentang perusahaan Anda, seperti nama, logo, slogan, alamat, kontak, dan lain-lain. Anda bisa melengkapi identitas perusahaan melalui menu Appearance > Customize > Site Identity di dashboard WordPress.
  • Buat halaman web perusahaan. Halaman web perusahaan adalah halaman-halaman yang berisi informasi tentang profil perusahaan, seperti deskripsi, visi, misi, produk, layanan, tim, prestasi, dan lain-lain. Anda bisa membuat halaman web perusahaan melalui menu Pages > Add New di dashboard WordPress.
  • Isi konten ke halaman website. Konten adalah isi atau materi yang Anda sajikan di website Anda. Konten harus informatif, menarik, dan relevan dengan perusahaan Anda. Anda bisa mengisi konten ke halaman website melalui editor WordPress yang mudah digunakan.
  • Install plugin tambahan. Plugin adalah fitur tambahan yang bisa Anda tambahkan ke website Anda untuk meningkatkan fungsi dan performa website. Anda bisa memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda dari direktori plugin WordPress atau dari situs-situs penyedia plugin premium seperti CodeCanyon, WPMU DEV, atau Jetpack.
  • Publikasikan website. Setelah semua langkah selesai, Anda bisa mempublikasikan website Anda ke internet dengan mengklik tombol Publish di editor WordPress.

Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat website, silahkan hubungi kami sekarang juga untuk jasa pembuatan website company profil dengan penawaran harga yang murah dan berkualitas.

Kesimpulan

Website company profile adalah sebuah situs web yang berisi informasi tentang profil perusahaan. Website company profile memiliki beberapa fungsi penting bagi perusahaan, seperti meningkatkan kredibilitas, mempromosikan produk atau jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan visibilitas online. Website company profile juga memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, seperti meningkatkan penjualan dan omzet, meningkatkan citra dan brand awareness, dan menghemat biaya dan waktu promosi.

Jika Anda ingin memiliki website company profile yang profesional dan berkualitas untuk bisnis Anda, Anda dapat menghubungi kami di nomor 085314934782 atau email support@bloglab.id. Kami adalah tim ahli yang berpengalaman dalam membuat website company profile sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×