Pengertian Emas, Macam-macam dan Manfaatnya

oleh | Mei 12, 2023 | Kimia

Emas adalah logam mulia yang berwarna kuning dan bersifat lunak dan mudah ditempa. Emas memiliki simbol kimia Au dari bahasa Latin ‘aurum’ yang berarti ‘fajar bersinar’. Emas adalah salah satu elemen paling langka di kerak bumi dengan kelimpahan sekitar 0,005 bagian per juta. Emas juga merupakan salah satu logam pertama yang diketahui manusia dan digunakan sebagai perhiasan, mata uang, dan simbol kekayaan dan keindahan sejak zaman kuno.

Jenis-jenis Emas

Emas dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk, kadar, warna, dan kegunaannya. Berikut adalah beberapa jenis emas yang umum dikenal:

1. Emas perhiasan

jenis Emas perhiasan
Sumber gambar: lazismu.org

Emas perhiasan adalah emas yang dibentuk menjadi berbagai macam perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, anting, dan lain-lain. Emas perhiasan biasanya memiliki kadar emas yang bervariasi dari 24 karat (murni) hingga 10 karat (41,7% emas). Emas perhiasan sering dicampur dengan logam lain seperti tembaga, perak, nikel, atau seng untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahan.

2. Emas batangan

jenis Emas batangan
Sumber gambar: freepik.com

Emas batangan adalah emas yang dibentuk menjadi batang atau koin dengan kadar emas yang tinggi (biasanya 99,99%). Emas batangan merupakan salah satu bentuk investasi emas yang populer karena memiliki nilai jual yang tinggi dan mudah disimpan dan diperdagangkan. Di Indonesia, salah satu produsen emas batangan terkenal adalah PT Aneka Tambang (Antam).

3. Emas putih

jenis Emas putih
Sumber gambar: selera.id

Emas putih adalah emas yang dicampur dengan logam lain seperti paladium, platinum, atau nikel untuk menghasilkan warna putih atau abu-abu. Emas putih biasanya digunakan untuk membuat perhiasan yang lebih modern dan elegan. Emas putih juga lebih tahan terhadap karat dan goresan daripada emas kuning.

4. Emas merah

jenis Emas merah
Sumber gambar: ubslifestyle.com

Emas merah adalah emas yang dicampur dengan logam lain seperti tembaga atau perak untuk menghasilkan warna merah atau merah muda. Emas merah biasanya digunakan untuk membuat perhiasan yang lebih romantis dan feminin. Emas merah juga lebih lunak dan mudah dibentuk daripada emas kuning.

5. Emas hijau

jenis Emas hijau
Sumber gambar: bukalapak.com

Emas hijau adalah emas yang dicampur dengan logam lain seperti perak atau kadmium untuk menghasilkan warna hijau atau hijau kekuningan. Emas hijau biasanya digunakan untuk membuat perhiasan yang lebih unik dan eksotis. Emas hijau juga lebih tahan terhadap oksidasi daripada emas kuning.

Manfaat Emas

Emas memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik sebagai benda seni, investasi, maupun teknologi. Berikut adalah beberapa manfaat emas yang penting:

  • Perhiasan. Emas merupakan bahan perhiasan yang paling diminati sejak zaman dahulu karena memiliki warna yang indah, kilau yang menawan, dan nilai yang tinggi. Perhiasan emas dapat menambah kecantikan dan kepercayaan diri bagi pemakainya. Perhiasan emas juga dapat menjadi simbol status sosial, budaya, atau agama bagi pemiliknya.
  • Investasi. Emas merupakan instrumen investasi yang aman dan terpercaya karena memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat.
  • Teknologi. Emas merupakan logam yang memiliki sifat konduktivitas listrik dan termal yang tinggi, serta tahan terhadap korosi dan oksidasi. Emas juga memiliki kemampuan untuk merefleksikan cahaya inframerah dan ultraviolet. Hal ini membuat emas sangat berguna dalam berbagai bidang teknologi seperti elektronik, komunikasi, kedokteran, dan energi. Emas dapat digunakan untuk membuat komponen elektronik seperti kabel, konektor, chip, dan baterai. Emas juga dapat digunakan untuk membuat peralatan medis seperti alat pacu jantung, implan gigi, dan obat kanker.
  • Seni. Emas merupakan bahan seni yang memiliki nilai estetika yang tinggi karena memiliki warna dan kilau yang menarik. Emas dapat digunakan untuk membuat berbagai karya seni seperti lukisan, patung, kerajinan, dan arsitektur. Emas juga dapat digunakan untuk membuat dekorasi atau aksesoris yang menambah keindahan dan kemewahan suatu ruangan atau benda.

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Emas asli dan palsu memiliki beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari ciri-ciri fisik maupun kimia. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan emas asli dan palsu:

  • Lihat warna. Emas asli memiliki warna kuning yang mengkilap dan berkilau, sedangkan emas palsu cenderung berwarna kuning gelap atau pudar. Emas asli juga tidak akan berubah warna meskipun terkena air, udara, atau zat kimia lainnya.
  • Raba tekstur. Emas asli memiliki tekstur yang halus dan licin, sedangkan emas palsu cenderung kasar dan bergerigi. Emas asli juga lebih lunak dan mudah dibentuk daripada emas palsu.
  • Tes magnet. Emas asli tidak akan tertarik oleh magnet karena tidak mengandung logam feromagnetik seperti besi atau nikel. Emas palsu akan tertarik oleh magnet karena mengandung logam lain yang bersifat magnetis.
  • Tes gores. Emas asli tidak akan meninggalkan bekas goresan jika digores dengan benda tajam seperti pisau atau jarum. Emas palsu akan meninggalkan bekas goresan yang berwarna hitam atau abu-abu karena lapisan emasnya terkelupas.
  • Tes asam. Emas asli tidak akan bereaksi dengan asam karena bersifat inert atau tahan terhadap zat kimia lainnya. Emas palsu akan bereaksi dengan asam dan menghasilkan gelembung gas atau perubahan warna.

Kesimpulan

Emas adalah logam mulia yang memiliki banyak keunggulan dan manfaat bagi manusia. Emas dapat digunakan sebagai perhiasan, investasi, teknologi, dan seni. Emas juga memiliki nilai yang tinggi dan stabil sepanjang masa. Namun, kita harus berhati-hati dalam membeli atau menjual emas karena banyak beredar emas palsu yang menipu. Kita harus mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu dengan baik agar tidak rugi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang emas.

Artikel ini dikutip dari sumber:
1. pakarkimia.com
2. tanamduit.com
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×