Macam-macam Peralatan Industrial Hygiene

oleh | Nov 14, 2022 | Industrial Hygiene

Hallo sahabat blog lab, pada pertemuan kali ini disini admin akan mengenalkan kepada anda beberapa macam-macam alat Industrial Hygiene yang harus anda ketahui, maka dari itu simak berikut ini daftar alat-alatnya.

Industrial Hygiene

Industrial Hygiene merupakan suatu ilmu yang memiliki beberapa fungsi penting dalam mengurus sebuah Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan juga sebuah Lingkungan atau dapat disingkat yaitu (K3L) di suatu tempat kerja khususnya di industri. Dan maka dari itu sebuah perusahaan tentunya pasti memeilki sebuah peralatn khusus untuk Industrial Hygiene yang dapat menunjang terhadap (K3L). Maka dari itu disini saya akan memberikan beberapa contoh macam-macam alat yang biasa digunakan di lingkungan Industrial Hygiene diantaranya berikut ini.

Macam-macam alat Industrial Hygiene

Berikut adalah beberapa contoh jenis alat Industrial Hygiene, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Emission Gas Analyzer

AE-Gas Online Automobile Emission Gas Analyzer
AE-Gas Online Automobile Emission Gas Analyzer

Emission Gas Analyzer mengadopsi independen hak kekayaan intelektual spektrum penyerapan ultraviolet teknologi analisis gas untuk mengukur NO dan NO2 konsentrasi. Mengadopsi prinsip NDIR untuk mengukur HC, CO, CO2 secara bersamaan dan teknologi ECD seumur hidup untuk sensor O2. Sensor gas inti dikembangkan dengan desain modular, integrasi tinggi, dan fitur perawatan rendah, yang dapat digunakan untuk deteksi gas dengan kelembapan tinggi, kelembapan rendah, dan konsentrasi rendah. Model ini dapat menghitung dan menampilkan rasio bahan bakar secara otomatis dan mendukung pengujian berdasarkan kondisi operasi yang ditentukan pengguna (Uji kondisi stabil dan kondisi kerja).


2. Portable Sodium Ion Meter

Portable Sodium Ion Meter
BANTE 321-Na Portable Sodium Ion Meter

BANTE 321-Na Portable Sodium Ion Meter adalah alat pengukur ion natrium portabel profesional, cocok untuk outdoor aplikasi, akurasi: 0,5% F.S.


3. Hand ARM Vibration

Hand ARM Vibration
CVK HEALTHVIB HAV100-3Ch Hand Arm Vibration

Sistem HealthVib HAV100 mengukur dan menganalisis HAV seperti yang dipersyaratkan oleh ISO-5349 dan Arahan UE 2002/44/EG. Mengukur dengan menggunakan HealthVib HAV mudah dipelajari dan bawa. Unit tidak memerlukan kabel atau konfigurasi khusus apa pun. KesehatanVib HAV dapat digunakan dalam kondisi lapangan. HealthVib HAV100-3Ch adalah sistem instrumen untuk mengukur getaran lengan tangan di satu tangan dalam tiga arah, x,yx,z, dihitung sebagai jumlah vektor sesuai dengan arahan UE. Fungsionalitas ini mengungkapkan getaran asal dan dengan demikian membuatnya lebih mudah untuk memilih tindakan pencegahan yang dikoreksi. Getaran data disimpan dan dianalisis selama pengukuran. HealthVib HAV100-3Ch terhubung ke Vibindicator™ HAV untuk simultan presentasi paparan getaran aktual dan akumulasi.


4. Whole Body Vibration Measurement System

Whole Body Vibration Measurement System
CVK HEALTHVIB WBV500 Whole Body Vibration Measurement System

Sistem HealthVib® WBV500 mengukur dan menganalisis, misalnya di kursi pengemudi atau berdiri seperti yang dipersyaratkan oleh ISO-2631 dan EU-directive 2002/44/EG. Ukur menggunakan HealthVib® WBV mudah dipelajari dan dilakukan. Data getarannya adalah dikumpulkan dan dianalisis secara nirkabel dan dalam tiga arah secara bersamaan.

Menurut panduan dalam ISO-2631 dan EU-directive 2002/44/EG; HealthVib®WBV 500 mengukur dan menganalisis getaran seluruh tubuh dalam tiga arah. HealthVib®WBV500 mudah digunakan dan tidak memerlukan apa pun pengetahuan keahlian, kabel, perangkat lunak atau konfigurasi khusus lainnya. Arah dominan paparan getaran secara bersamaan pada warna-warni tampilan yang selain terhubung ke guncangan Vibindicator WBV.

Data getaran dikumpulkan dan dianalisis dalam tiga arah secara bersamaan. Melalui penggunaan kontrol tombol, hasil dapat ditampilkan sebagai r.m.s atau VDV, interval 1/detik, dosis getaran harian delapan/jam. Juga faktor puncak dan SED dapat dibaca. Dosis getaran ditampilkan pada layar warna 128*128 px dan juga dapat dikirim pada layar eksternal (Vibindicator Shock). Dengan memiliki fungsi stop & start otomatis, data yang tidak diinginkan dikecualikan.


5. Digital Combustible Gas Detector

Digital Combustible Gas Detector
Digital Combustible Gas Detector – SPD202/EX Graigar

Digital Combustible Gas Detector – SPD202/EX Graigar, Detektor gas yang mudah terbakar SPD202 dapat digunakan di area berbahaya di dalam dan di luar ruangan, di mana gas yang mudah terbakar diproduksi, disimpan, digunakan, dll., Seperti kimia, minyak bumi, metalurgi, depot minyak, stasiun LPG (Liquefied Petroleum Gas), farmasi, transmisi gas dan distribusi, dll untuk mendeteksi kebocoran dan menunjukkan konsentrasi bocor dengan tampilan digital. Perangkat ini dapat mengatur nilai mengkhawatirkan dua tingkat. Detektor dapat meningkatkan alarm akustik-optik ketika konsentrasi yang terdeteksi mencapai nilai preset.


6. Tracer Gas Analyzer

Tracer Gas Analyzer
ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer

Alat uji Fumigasi yaitu ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer alat yang berfungi untuk mendeteksi suatu gas dan alat ini dipakai oleh orang saat melakukan aktifitas di lingkungan industri atau pabrik ketika sedang memasuki ruangan yang rentang dengan gas yang berbahaya, dengtan adanya alat fumigasi ini kita bisa mengetahui berapa kadar gas dalam ruangan tersebut sehingga setelah mengetahui gas tersebut apakah kita boleh masuk ruangan tersebut atau tidak setelah mengetahui berapa kadarnya.


7. Portable Gas Detector

Portable Gas Detector
ENV3000 – G4 Portable Gas Detector

Seri ENV3000 – G4 Portable Gas Detector adalah detektor gas portabel berperforma tinggi yang dapat mendeteksi beberapa gas (senyawa organik yang mudah menguap VOC, gas yang mudah terbakar, dan gas beracun) secara bersamaan dan memiliki fungsi man down alarm. Perangkat ini memiliki fungsi operasi yang manusiawi seperti deteksi keamanan satu tombol, penyimpanan satu tombol, membalik gambar otomatis, serta fungsi alarm man down.; Dengan fungsi transmisi Bluetooth opsional, memungkinkan personel keselamatan mendapatkan data waktu nyata dan status alarm. Ini telah memperoleh sertifikasi tahan ledakan IECEX internasional, ATEX dan sertifikasi tahan ledakan Cina; Saat lulus uji antistatik, dan tingkat perlindungan mencapai IP67; Dengan desain produk yang lebih aman dan desain modul yang membuat deteksi lebih cepat, dan desain ergonomis yang ringkas membuat perangkat mudah dibawa; Terlebih lagi, perangkat ini juga merupakan instrumen tujuan ganda hisap dan difusi.

Instrumen ini juga bekerja dalam mode hisap. Ketika pompa udara gagal atau dalam situasi darurat khusus, ia dapat secara otomatis beralih ke metode pengambilan sampel difusi, sehingga meningkatkan perlindungan ke Tingkat yang baru. Tanda tahan ledakan dari seri ENV3000 – G4 Portable Gas Detector adalah Ex ia IIC T4 Ga, yang berlaku untuk campuran gas eksplosif zona 0, zona 1, dan zona 2 pabrik dengan grade A, B, dan C dan kelompok suhu T1~T4


8. Digital wet and bulb thermometer Heatstress Monitoring

ENVILIFE HSM120 Digital wet and bulb thermometer Heatstress Monitoring
ENVILIFE HSM120 Digital wet and bulb thermometer Heatstress Monitoring

Heat Stress Monitoring mengukur dan merekam suhu udara sekitar, kelembapan, aliran udara, dan pancaran panas dari sumber matahari seperti tungku, oven, dan ketel. Alat ini dirancang untuk memberikan data untuk menghilangkan paparan panas di tempat kerja, sehingga pekerja dapat mengambil tindakan berdasarkan membaca mereka. Alat ini dengan cepat menghitung jumlah waktu seorang pekerja dapat ditempatkan pada suhu ekstrem.


9. Portable Multi Gas Detector Indoor Air Quality

Portable Multi Gas Detector Indoor Air Quality
ENVILIFE IAQ1200 Portable Multi Gas Detector – Indoor Air Quality

Detektor gas seri IAQ1200 adalah jenis detektor gas multi ukuran mini dan akurasi tinggi. Mudah dioperasikan, fungsi yang komprehensif, dapat mengukur 4 bahaya gas umum: karbon monoksida, hidrogen sulfida, gas yang mudah terbakar dan penipisan oksigen, multi gas lainnya tersedia untuk penyesuaian. Detektor dengan klip belakang, dilindungi oleh kotak silikon, cocok untuk berbagai jenis situasi.


10. Multi Gas Analyzer Indoor Air Quality

Multi Gas Analyzer Indoor Air Quality
ENVILIFE IAQ9000 Multi Gas Analyzer Indoor Air Quality

Penganalisis gas seri IAQ9000 adalah pengumpul data yang dapat dengan cepat memperoleh dan menganalisis komponen konsentrasi gas dalam penelitian ilmiah, universitas, dan lingkungan kerja yang kompleks. Penganalisis gas IAQ9000 dapat mendeteksi hingga 18 gas secara bersamaan. Itu dapat mengintegrasikan elektrokimia, katalisis, konduktivitas termal, inframerah, ion cahaya, ultraviolet dan prinsip deteksi lainnya, dengan fokus pada akurasi deteksi gas dan pengalaman pengguna.


11. Online Gas Alarm

Online Gas Alarm
ENVILIFE IAQ95-A Online Gas Alarm

ENVILIFE IAQ95-A series Online Gas Alarm adalah semacam pemantauan konsentrasi gas dalam berbagai jenis situasi atau saluran pipa 24 jam terus menerus dipasang di dinding jenis detektor gas. Menggunakan sensor merek pertama di dunia, dan teknologi proses mikro canggih, dengan tampilan data dan alarm tinggi/rendah, respons cepat, presisi tinggi, dan stabilitas yang baik. Didukung oleh 24V DC, dengan 4-20mA, RS485, output sinyal relai. Bukti ledakan, cocok untuk berbagai jenis situasi.


12. Online Gas Detector With Display

Online Gas Detector With Display
ENVILIFE IAQ95-D Online Gas Detector With Display

ENVILIFE IAQ95-D Online Gas Detector With Display adalah sejenis pemantauan konsentrasi gas dalam berbagai jenis situasi atau pipa 24 jam terus menerus jenis gas yang dipasang di dinding detektor. Menggunakan sensor merek pertama di dunia, dan teknologi proses mikro canggih, dengan data tampilan, respon cepat, presisi tinggi dan bagus stabilitas. Didukung oleh 24V DC, dengan 4-20mA, RS485, keluaran sinyal relai. Bukti ledakan, cocok untuk berbagai jenis situasi.


13. Gas Find IR Gas Detection and Thermal Inspection

FLIR GF77 Gas Find IR Gas Detection and Thermal Inspection
FLIR GF77 Gas Find IR Gas Detection and Thermal Inspection

FLIR GF77 Gas Find IR Gas Detection and Thermal Inspection – Tingkatkan kejernihan gambar dan deteksi gas dengan fitur-fitur canggih dari FLIR. Itu GF77 dikalibrasi untuk suhu, sehingga Anda dapat menyesuaikan kontras secara manual antara awan gas dan latar belakang. Atau, tingkatkan kontras secara instan dengan 1-Touch Fitur penyesuaian otomatis Level/Span. Terakhir, tekankan gerakan plume dengan FLIR Mode Sensitivitas Tinggi (HSM).


14. Automobile Emission Gas Analyzer

Automobile Emission Gas Analyzer
Gasboard-5020 Automobile Emission Gas Analyzer

Gasboard-5020 gas analyzer emisi dapat digunakan untuk pengukuran konsentrasi gas emisi mobil CO ,CO2 ,HC ,O2 dan NO (opsional). Ini didasarkan pada metode sumber inframerah berdenyut dan sumber tunggal dua sinar non-dispersi inframerah (NDIR), penganalisis ini dirancang dengan dimensi fisik portabel dan lebih kecil.


15. Hand-held Personal Gas Monitor

Hand-held Personal Gas Monitor
GASHAWK TX7000 Trolex – Hand-held Personal Gas Monitor

GasHawk adalah monitor gas pribadi genggam untuk perlindungan keselamatan personel bekerja di area yang berpotensi berbahaya.


16. Heat Stress Monitoring

Heat Stress Monitoring
Heat Stress Monitoring – TWL-1S Scarlet tech

Heat stress Monitoring atau pemantauan tekanan panas Scarlet TWL-1S adalah alat yang dirancang untuk mengukur indeks panas WBGT dan batas kerja termal (TWL). TWL mengukur suhu udara, kelembaban, panas radiasi, dan kecepatan angin untuk menghasilkan instruksi untuk rencana kerja, istirahat, dan hidrasi. Kami mengintegrasikan algoritma TWL dan jadwal istirahat kerja berdasarkan pedoman terbaru. Antarmuka yang ramah pengguna bahkan menunjukkan warna yang berbeda untuk memastikan pengguna sesuai dengan jadwal TWL. Misalnya, merah berarti tidak aman untuk bekerja, kuning berarti zona penyangga, dan hijau berarti aman untuk bekerja.


17. Infrared thermometer

Infrared thermometer
KIMO Instrument KIRAY 300 – Infrared thermometer

KIMO Instrument KIRAY 300 – Infrared thermometer, Termometer inframerah Kiray 300 adalah termometer yang digunakan untuk mendiagnosis, memeriksa, dan memeriksa suhu apa pun. Berkat sistem optiknya yang rumit dengan penampakan laser ganda, alat ini memungkinkan pengukuran yang mudah dan akurat dari target kecil yang jauh. Instrumen KIRAY 300 memiliki memori internal yang dapat menyimpan hingga 100 pengukuran. Kompatibel dengan K probe termokopel.


18. Fast Multipurpose Explosive Detector

Fast Multipurpose Explosive Detector
miniEXPLONIX 3 – Fast Multipurpose Explosive Detector

MiniEXPLONIX menggunakan teknologi IRSSIL-D yang unik untuk deteksi jejak ledakan yang cepat dan tepat di berbagai bidang operasi. Kemampuan deteksi mencakup berbagai bahan peledak, termasuk bahan peledak buatan sendiri serta bahan peledak yang tidak ditandai.


19. Human Vibration Analyzer

Human Vibration Analyzer
MMF VM31 4-Channel Human Vibration Analyzer

VM31 4-Channel Human Vibration Analyzer dari MMF membuat alat serbaguna untuk pengukuran respons manusia terhadap getaran, pemantauan kondisi mesin atau sebagai pengukur getaran dan penganalisis frekuensi untuk aplikasi lain yang membutuhkan tunggal atau tri-aksial pengukuran getaran. Desain meteran yang ringkas dengan layar OLED berwarna memungkinkan pengoperasian yang cepat dan ramah pengguna.


20. Handheld Multifunction Digital Lux Meter

Handheld Multifunction Digital Lux Meter
MT-30 Handheld Multifunction Digital Lux Meter

MT-30 Handheld Multifungsi Lux Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecerahan dan intensitas cahaya di lingkungan. Banyak digunakan di Pabrik, Gudang, Sekolah, Kantor, Keluarga, Jalan Konstruksi Lampu, Laboratorium, dll.


21. Multi Gas Monitor

Multi Gas Monitor
Multi Gas Monitor – P400 SENSIT Technologies

SENSIT® P400 adalah monitor gas pribadi canggih yang digunakan untuk memperingatkan pengguna tentang gas berbahaya di area kerja. SENSIT® P400 meningkatkan standar daya tahan. Perumahan terbuat dari yang terbukti di lapangan polikarbonat dengan penutup luar pelindung seperti karet permanen. SENSIT® P400 menawarkan desain yang mudah digunakan, tampilan grafis besar dan 3 jenis alarm; terdengar, visual dan getaran.


22. Noise Dosimeter

Noise Dosimeter
Noise Dosimeter – doseBadge5 Cirrus Research

Noise Dosimeter – doseBadge5 Cirrus Research tersedia dengan berbagai jumlah doseBadge serta semua item yang diperlukan untuk pengukuran kebisingan higiene pekerjaan dan industri. Setiap kit berisi DosisBadges bersama dengan Unit Pembaca, Pengisi Daya, Catu Daya, Kit Pemasangan, Perangkat Lunak, Panduan Pengguna, Kabel USB, Sertifikat Kalibrasi, dan Baterai untuk Unit Pembaca. Kit pengukuran dapat diperluas dengan doseBadges dan unit pengisi daya tambahan sesuai kebutuhan. Ini dapat berupa CR:110A doseBadges standar atau CR:110AIS yang Aman Secara Intrinsik.


23. Portable Ambient CO Monitor

Portable Ambient CO Monitor
Portable Ambient CO Monitor – WTE-260 Envilife

WTE-260 Envilife – Portable Ambient CO Monitor adalah alat untuk mendeteksi keberadaan karbon monoksida di area sekitar dan memperingatkan pengguna baik secara visual maupun audio tentang konsentrasi gas berbahaya di sekitarnya, misalnya: ketika pemasangan dan servis pemanas gas.


24. Portable Methane Detector

Portable Methane Detector
Portable Methane Detector – SENSIT® PMD SENSIT Technologies

Sensit® PMD, disebut sebagai “PMD”, dirancang untuk mendeteksi gas metana dari 1 ppm ke atas hingga 100% volumenya. PMD dapat digunakan untuk survei jalan kaki dan survei kendaraan (bila terpasang dengan benar) untuk sistem perpipaan gas alam bawah tanah. Aplikasi lain termasuk: pemantauan TPA dan pemeriksaan sistem perpipaan di mana gas pengganggu lainnya dapat memberikan pembacaan yang tidak akurat.


25. Low Cost Noise Dosimeter

Low Cost Noise Dosimeter
SCARLET TECH ST-130/S High Performance, Low Cost Noise Dosimeter

Scarlet ST-130 Noise Dosimeter adalah alat yang ideal untuk melakukan pekerjaan dan industri pengukuran kebisingan kebersihan dan memberikan solusi unik untuk aplikasi ini. ST-130 adalah dirancang untuk memenuhi pengukuran dosis standar peraturan OHSA, IEC dan ISO. Ke mengukur paparan kebisingan jangka panjang, ST-130 hadir dengan yang kecil, ringan, bebas kabel desain dan dapat dikenakan di bahu untuk ketidaknyamanan minimal.


26. Sound Level Meter

Sound Level Meter
SCARLET TECH ST-15D Class1 Sound Level Meter

SCARLET TECH ST-15D Class1 Sound Level Meter atau Pengukur level suara adalah perangkat yang memungkinkan Anda menentukan akustik intensitas dan untuk mengukur tingkat tekanan suara, tetapi tidak tentu menentukan tingkat suara dalam kaitannya dengan toleransi manusia telinga. Pengukur level suara Scarlet Tech ScarletSound™ cocok untuk aplikasi profesional, termasuk pengukuran suara di tempat kerja dan pengukuran suara lingkungan.

Penganalisis suara menyediakan analisis pita oktaf untuk membantu Manajer Keselamatan mengidentifikasi dengan tepat sumber kebisingan dengan mudah dengan melihat ke yang paling relevan komponen frekuensi. Informasi domain frekuensi didasarkan pada teknologi DSP. ScarletSound™ ST-15D adalah yang Anda butuhkan.


27. Flue Gas Analyzer

Flue Gas Analyzer
SENSONIC 1400 Flue Gas Analyzer

Sensonic mencoba dan menguji penganalisis genggam. Dimensinya yang kecil dan bobotnya yang ringan membuatnya sangat nyaman bagi teknisi yang menggunakan penganalisis setiap hari. Sensonic 1400 dapat dilengkapi dengan hingga 4 sel elektrokimia. Secara default dilengkapi dengan baterai Li-ion. Cocok untuk uji jelaga menggunakan volume gas yang dikontrol secara elektronik. Ini memegang memori besar yang mampu menyimpan 32 laporan pengukuran. Diproduksi sesuai dengan prinsip EN50379. Alternatif yang menarik untuk penganalisa lain yang lebih besar.


26. Sound Level Meter Optimus+ Red C

Sound Level Meter Optimus+ Red C
Sound Level Meter atau Alat Pengukur Tingkat Suara – Optimus+ Red C

Sound Level Meter merupakan suatu perangkat alat uji untuk mengukur tingkat kebisingan suara, hal tersebut sangat di perlukan terutama untuk lingkungan. Optimus+ Red adalah data logging kebisingan di pengukur tingkat suara kerja, yang dirancang khusus untuk melakukan pengukuran tingkat kebisingan dan penilaian risiko di tempat kerja. Dengan demikian, memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pengendalian Kebisingan di Peraturan Kerja 2005.


27. Acoustic Pipe Locator

Acoustic Pipe Locator
Ultra-Track APL – Acoustic Pipe Locator

ULTRA-TRAC® APL adalah pilihan sempurna untuk secara akurat menemukan sistem perpipaan bawah tanah yang tidak ditandai. Acoustic Pipe Locator menemukan pipa dan sistem plastik dengan kabel pelacak yang hilang atau rusak. Pipa gas alam, saluran air dan saluran pembuangan mudah dilacak menggunakan teknologi akustik tercanggih.


28. Vibration Meter

Vibration Meter
Vibration Meter – ST-140 TENMARS

Vibration Meter – ST-140 TENMARS – adalah alat untuk mengukur getaran, yaitu mengukur getaran mesin yang berputar dan bolak-balik, serta kerusakan bantalan, item pengukuran adalah akselerasi, kecepatan, perpindahan, yang dapat memeriksa apakah mesin akan diperbaiki atau ditingkatkan.


Kesimpulan

Nah itulah beberapa contoh daftar alat-alat Industrial Hygiene yang bisa membantu dan menunjang suatu kegian bekerja untuk keselamatan kesehatan kerja di lingkungan Industri, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai alat Industrial Hygiene diatas. semoaga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×