9 Daftar Tools Riset Kata Kunci Gratis

oleh | Feb 27, 2024 | Tutorial SEO

Melakukan Research Keyword atau mencari kata kunci adalah salah satu langkah penting dalam optimasi SEO (Search Engine Optimization). Dengan melakukan research keyword, Anda dapat menemukan kata kunci yang relevan, populer, dan kompetitif untuk konten website Anda. Kata kunci yang tepat dapat meningkatkan visibilitas, trafik, dan konversi website Anda di mesin pencari.

Namun, riset kata kunci tidaklah mudah. Anda membutuhkan tools yang dapat membantu Anda mencari, menganalisis, dan membandingkan kata kunci dengan efektif dan efisien. Sayangnya, banyak tools research keyword yang berbayar dan mahal. Bagaimana jika Anda memiliki anggaran yang terbatas atau tidak ingin mengeluarkan biaya sama sekali?

Tenang, masih ada beberapa tools research keyword gratis yang dapat Anda gunakan. Tool-tool ini memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda, tetapi semuanya dapat membantu Anda dalam melakukan research keyword. Berikut ini adalah 9 daftar tools riset kata kunci gratis yang dapat Anda coba.

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah tools yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna mencari kata kunci yang relevan untuk kampanye iklan mereka. Namun, tool ini juga dapat digunakan untuk riset kata kunci secara umum. Anda dapat mengetahui volume pencarian, tingkat persaingan, dan perkiraan biaya per klik (CPC) dari kata kunci yang Anda masukkan.

Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan ide kata kunci terkait yang mungkin cocok untuk konten Anda. Anda dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan lokasi, bahasa, periode waktu, dan kategori. Anda juga dapat mengunduh data kata kunci dalam bentuk spreadsheet untuk kemudian dianalisis lebih lanjut.

Untuk menggunakan Google Keyword Planner, Anda memerlukan akun Google Ads. Namun, Anda tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan tool ini. Anda hanya perlu membuat kampanye iklan, tetapi Anda tidak perlu menjalankannya.

2. Google Trends

Google Trends adalah tools yang memungkinkan Anda melihat topik dan kata kunci yang sedang banyak dicari pengguna di Google. Anda dapat melihat tren pencarian berdasarkan lokasi, waktu, kategori, dan jenis pencarian (web, gambar, berita, video, atau belanja). Anda juga dapat membandingkan beberapa kata kunci atau topik sekaligus untuk melihat mana yang lebih populer.

Dengan Google Trends, Anda dapat mengetahui kata kunci yang sedang naik daun, musiman, atau menurun. Anda juga dapat menemukan kata kunci terkait yang mungkin relevan untuk konten Anda. Tool ini sangat berguna untuk menganalisis pasar, strategi SEO, dan kampanye pemasaran.

Untuk menggunakan Google Trends, Anda tidak memerlukan akun apapun. Anda cukup mengunjungi situs web Google Trends dan memasukkan kata kunci atau topik yang ingin Anda telusuri.

3. Ubersuggest

Ubersuggest adalah tools yang dikembangkan oleh Neil Patel, seorang ahli digital marketing terkenal. Tool ini dapat membantu Anda mencari kata kunci yang sesuai dengan niche dan tujuan Anda. Anda dapat mengetahui volume pencarian, tingkat persaingan, CPC, dan peluang SEO dari kata kunci yang Anda masukkan.

Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan ide kata kunci terkait, pertanyaan, perbandingan, dan saran dari tool ini. Anda juga dapat melihat analisis SERP (Search Engine Results Page) untuk melihat siapa saja kompetitor Anda dan bagaimana mereka merangkai konten mereka.

Ubersuggest memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Anda dapat menggunakan tools ini secara gratis dengan batasan jumlah pencarian per hari. Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan data yang lebih banyak, Anda dapat berlangganan versi premiumnya.

4. Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah tools yang dapat menghasilkan ratusan ide kata kunci terkait dari satu kata kunci utama. Tools ini menggunakan Google Autocomplete untuk menemukan kata kunci yang sering dicari pengguna. Anda dapat memilih mesin pencari (Google, YouTube, Bing, Amazon, eBay, Instagram, atau Twitter) dan negara yang ingin Anda targetkan.

Dengan versi gratis, Anda dapat melihat daftar kata kunci terkait beserta volume pencarian, tren, CPC, dan persaingan di Google Ads. Namun, Anda tidak dapat melihat data SEO seperti kesulitan dan potensi kata kunci. Anda juga tidak dapat mengunduh atau menyalin data kata kunci.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan data yang lebih lengkap, Anda dapat berlangganan versi pro Keywordtool.io. Anda juga dapat mencoba versi pro secara gratis selama 30 hari.

5. Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs Keyword Generator adalah tools yang dapat menghasilkan hingga 150 ide kata kunci terkait dari satu kata kunci utama. Tool ini menggunakan data dari 10 mesin pencari terbesar, yaitu Google, YouTube, Amazon, Bing, Yahoo, Yandex, Baidu, Naver, Daum, dan Seznam. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa mesin pencari yang ingin Anda gunakan.

Dengan versi gratis, Anda dapat melihat volume pencarian, kesulitan kata kunci, CPC, dan klik dari kata kunci yang Anda masukkan. Anda juga dapat melihat 50 pertanyaan terkait yang mengandung kata kunci Anda. Anda dapat mengunduh data kata kunci dalam bentuk CSV.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan data yang lebih banyak, Anda dapat berlangganan salah satu paket Ahrefs. Anda juga dapat mencoba semua fitur Ahrefs secara gratis selama 7 hari.

6. Soovle

Soovle adalah tools yang yang dapat memberikan Anda ide kata kunci dari berbagai sumber, seperti Google, YouTube, Wikipedia, Amazon, Yahoo, Bing, dan Answers. Tools ini sangat cepat dan mudah digunakan. Anda cukup memasukkan kata kunci utama dan tool ini akan menampilkan kata kunci terkait dari setiap sumber.

Anda dapat mengklik salah satu kata kunci terkait untuk melihat hasil pencariannya di sumber yang bersangkutan. Anda juga dapat mengunduh semua kata kunci terkait dalam bentuk CSV dengan mengklik ikon unduh di pojok kanan bawah.

Soovle adalah tool yang gratis dan tidak memiliki batasan penggunaan. Anda dapat menggunakan tools ini kapan saja dan sebanyak apapun yang Anda inginkan.

7. Wordtracker

Wordtracker adalah tools yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi, persaingan rendah, dan relevansi tinggi. Tool ini menggunakan data dari Google, Amazon, YouTube, dan eBay. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa sumber yang ingin Anda gunakan.

Dengan versi gratis, Anda dapat melihat volume pencarian, persaingan, dan KGR (Keyword Golden Ratio) dari kata kunci yang Anda masukkan. Anda juga dapat melihat ide kata kunci terkait dan pertanyaan yang mengandung kata kunci Anda. Anda dapat mengunduh data kata kunci dalam bentuk CSV.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan data yang lebih banyak, Anda dapat berlangganan salah satu paket Wordtracker. Anda juga dapat mencoba versi premium secara gratis selama 7 hari.

8. KWFinder

KWFinder adalah tools yang diklaim sebagai salah satu tool riset kata kunci terbaik dan paling akurat. Tools ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci long tail yang memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. Tool ini menggunakan data dari Google dan Bing. Anda dapat memilih lokasi dan bahasa yang ingin Anda targetkan.

Dengan versi gratis, Anda dapat melihat volume pencarian, kesulitan kata kunci, CPC, dan klik dari kata kunci yang Anda masukkan. Anda juga dapat melihat ide kata kunci terkait dan analisis SERP untuk melihat siapa saja kompetitor Anda. Anda dapat mengunduh data kata kunci dalam bentuk CSV.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan data yang lebih banyak, Anda dapat berlangganan salah satu paket KWFinder. Anda juga dapat mencoba semua fitur KWFinder secara gratis selama 10 hari.

9. Wordstream

Wordstream adalah tool yang dapat membantu Anda mengelola, mengoptimalkan, dan memperluas kampanye iklan online Anda. Tools ini menggunakan data dari Google, Facebook, Instagram, dan Bing. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa platform yang ingin Anda gunakan.

Dengan versi gratis, Anda dapat mendapatkan laporan kinerja akun iklan Anda, termasuk skor di sembilan area penting (plus tips untuk meningkatkannya). Anda juga dapat mendapatkan ide kata kunci dari tool gratis yang disediakan oleh Wordstream, yaitu Google Ads Performance Grader dan Free Keyword Tool.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dan data yang lebih banyak, Anda dapat berlangganan salah satu paket Wordstream. Anda juga dapat mencoba semua fitur Wordstream secara gratis selama 7 hari. Baca juga “10 Daftar Tools SEO Gratis di Tahun 2024“.

Itulah beberapa daftar tools riset kata kunci gratis yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan research keyword. Dan bagi anda yang mungkin sedang mencari jasa optimasi SEO dengan harga yang murah dan terpercaya, disini kami siap membantu meningkatkan trafik organic website anda.

Maka dari itu tunggu apalagi? Yuk kembangkan website anda dengan Jasa SEO dari BLOGLAB.ID.

Sumber artikel: www.niagahoster.co.id

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×