Cara Kalibrasi Analytical Balance atau Timbangan Analitik

oleh | Jan 7, 2023 | Kalibrasi

Halo sahabat Blog Lab, di pertemuan kali ini disini saya akan memberikan informasi kepada teman-teman yang mungkin ingin mengetahui bagaimana caranya melakukan sebuah kalibrasi alat laboratorium yang bernama timbangan analitik atau juga biasa disebut analytical balance. Untuk itu silahkan anda baca pembahasan cara kalibrasi analytical balance berikut ini dengan seksama. Namun sebelumnya apakah anda tahu apa itu kalibrasi, berikut penjelasan singkatnya sebelum lanjut ke topik utamanya.

Pengertian Kalibrasi

Kalibrasi adalah proses pengukuran dan penyesuaian kinerja suatu sistem atau peralatan agar sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk menjamin bahwa sistem atau peralatan tersebut dapat bekerja dengan akurat dan dapat diandalkan. Proses kalibrasi juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengurangi ketidakpastian dalam pengukuran yang dilakukan oleh sistem atau peralatan tersebut. Dalam beberapa kasus, kalibrasi juga bertujuan untuk menyesuaikan sistem atau peralatan agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh badan atau lembaga yang berwenang. Baca juga “Cara menggunakan Analytical Balance yang benar“.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai tentang apa itu kalibrasi secara umum, dan selanjutnya kita akan membahas tentang kalibrasi timbangan analitik namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa itu timbangan analitik berikut penjelasan singkatnya.

Apa itu Timbangan Analitik

Timbangan analitik adalah jenis timbangan yang memiliki kemampuan untuk menimbang dengan akurasi yang tinggi, biasanya dengan resolusi pengukuran hingga ke desimal kelima. Timbangan analitik sering digunakan dalam laboratorium dan industri untuk keperluan analisis kimia dan pengukuran yang membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi. Timbangan analitik dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu timbangan analitik dengan platform terpisah dan timbangan analitik dengan platform terintegrasi. Timbangan analitik dengan platform terpisah memiliki platform yang terpisah dari timbangan itu sendiri, sedangkan timbangan analitik dengan platform terintegrasi memiliki platform yang terintegrasi dengan timbangan tersebut. Timbangan analitik juga dapat dibedakan berdasarkan sistem pengukurannya, seperti timbangan analitik dengan sistem gravimetrik atau timbangan analitik dengan sistem volumetrik. Baca juga “Manual Book Analytical Balance Lengkap“.

Cara Kalibrasi Analytical Balance atau Timbangan Analitik
Gambar Timbangan Analitik (Analytical Balance)

Nah selanjutnya setelah anda membaca dan mengetahui apa itu timbangan analitik atau analytical balance selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara melakukan kalibrasinya berikut adalah pembahasannya.

Cara Kalibrasi Timbangan Analitik (Analytical Balance)

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi timbangan analitik secara lengkap:

  1. Pastikan bahwa timbangan analitik telah terpasang dengan benar dan stabil.
  2. Pastikan bahwa timbangan analitik telah dikalibrasi sebelumnya atau telah mengalami proses kalibrasi yang sesuai.
  3. Pastikan bahwa timbangan analitik telah dinyalakan dan telah mencapai kondisi termal yang stabil.
  4. Pastikan bahwa timbangan analitik tidak terpengaruh oleh angin atau getaran yang berlebihan.
  5. Siapkan beberapa benda uji yang memiliki massa yang telah diketahui dengan akurat, misalnya benda uji standar yang telah terkalibrasi dengan baik.
  6. Letakkan benda uji tersebut di atas platform timbangan analitik.
  7. Periksa apakah massa yang tertera di layar timbangan analitik sesuai dengan massa yang telah diketahui. Jika terdapat selisih, maka timbangan analitik memerlukan proses kalibrasi.
  8. Masuk ke menu kalibrasi pada timbangan analitik, kemudian ikuti petunjuk yang tertera di layar.
  9. Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh timbangan analitik untuk melakukan kalibrasi. Biasanya, timbangan analitik akan meminta Anda untuk menggunakan benda uji standar yang telah disiapkan sebelumnya untuk melakukan kalibrasi.
  10. Setelah proses kalibrasi selesai, periksa kembali apakah massa yang tertera di layar timbangan analitik sesuai dengan massa yang telah diketahui. Jika hasilnya sesuai, maka timbangan analitik sudah terkalibrasi dengan baik. Namun jika masih terdapat selisih, ulangi proses kalibrasi hingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.
  11. Catat hasil kalibrasi timbangan analitik dan simpan sebagai dokumentasi.

Kesimpulan

Nah itulah langkah-langkah cara kalibrasi timbangan analitik yang bisa anda lakukan sendiri, namun admin sarankan jika ingin melakukan sebuah kalibrasi yang secara maksimal itu harus dilakukan oleh orang yang ahli dan juga sudah berpengalaman dalam hal melakukan kalibrasi. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini yang dapat admin sampaikan kepada anda mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×