Cara menggunakan Analytical Balance yang benar

Apakah anda sedang melakukan peneliatian di laboratorium anda? dan kebetulan anda ingin menggunakan atau mengoperasikan salah satu alat laboratroium yang bernama Analytical Balance namun anda bingung bagaimana cara menggunakan alat tersebut. Nah anda sudah tepat sekali sudah membuka halaman ini karena disini admin akan memberikan solusi bagi anda khususnya bagi yang belum mengetahui bagaimaca cara menggunakan Analytica Balance.

Namun sebelum anda lanjut ke pembahasannya terlebih dahulu anda harus tahu dulu secara umum apa itu analytical balance, untuk membaca tentang pengertian alatnya silahkan anda kunjungi artikel berikut tentang “Pengertian Analytical Balance“.

Setelah anda membaca dan memahami apa itu analytical balance atau timbangan analitik selanjutnya perlu anda ketahui juga apa saja contoh macam-macam alatnya, untuk melihat apa saja macam-macamnya silahkan anda baca arikel berikut ini “Macam-macam timbangan analitik“.

Tidak lupa juga selanjutnya anda harus mengetahui apa fungsi analytical balance tersebut yang bisa anda lihat pembahasannya di artikel berikut tentang “fungsi analytical balance“.

Nah jika ketika pembahasan diatas sudah anda baca dan dipahami selanjutnya langsung saja ke pokok pembahasan utama kita yaitu tentang bagaimana cara menggunakan analaytical balance atau cara menggunakan timbangan digital berikut ini.

Langkah-langkah penggunaan timbangan analitik

Silahkan anda ikuti langkah-langkah cara menggunakan analytical balance berikut ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama, silahkan anda hidupkan alatnya yaitu dengan menekan tombol “POWER ON“.
  2. Selanjutnya, silahkan geser kaca yang ada disebelah kanan atau kiri timbangan dengan posisi terbuka.
  3. Kemudian silahkan anda masukkan dan juga silahkan anda letakkan wadah timbang diatas piringan timbangan tersebut.
  4. Geser kaca yang ada disebelah kanan atau kiri timbangan pada posisi tertutup.
  5. Selanjutnya yang anda harus lakukan yaitu tekan tombol >0/T< untuk membuat berat wadah yang digunakan sebagai tempat sampel tidak terhitung.
  6. Geser kaca pada posisi terbuka, silahkan anda masukkan suatu sampel yang akan dicoba untuk ditimbang sedikit demi sedikit yaitu menggunakan spatula (hindari sampel terjatuh disekitar plat timbangan) karena berat sampel yang jatuh juga akan ikut terhitung.
  7. Yang selanjutnya, silahkan anda geser kaca yang ada disebelah kanan tersebut dan kiri timbangan pada posisi tertutup agar udara tersebut tidak dapat masuk dan berat sampel yang ditimbang akurat (angka ditimbangan stabil/tidak naik turun lagi).
  8. Dan yang terakhir silahkan anda lakukan geser kaca pada posisi terbuka, ambil wadah jika penimbangan telah selesai dilakukan.

Catatan penting penggunaan alat

Berikut ini adalah catatan yang penting untuk anda ketahui ketika menggunakan timbangan digital, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum menimbang, terlebih dahulu pastikan water pass neraca berada tepat ditengah lingkaran
  2. Sebelum dan setelah menimbang jangan lupa membersihkan timbangan
  3. Matikan timbangan setelah selesai digunakan dengan menekan tombol “Off” dan mencabut dari sumber arus listrik. Lihat berikut ini bagian-bagian neraca analitik.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan kepada anda mengenai tentang cara menggunakan analytical balance yang benar, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda. Terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *