Dry Bath: Pengertian, Fungsi dan Macam-macam

oleh | Agu 5, 2022 | Laboratorium

Hallo sahabat Blog Laboratorium, di artikel ini admin akan menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk anda khususnya yang belum mengetahui apa pengertian Dry bath, apa fungsi Dry bath dan juga belum mengetahui apa saja contoh macam-macam Dry bath.

Nah dan untuk penjelasan diatas kita akan bahas pembahasannya dibawah ini, silahkan anda baca dengan seksama supaya anda bisa lebih paham apa yang admin jelaskan di artikel ini tentang alat laboratorium yang bernama Dry Bath ini.

Yang pertama kita akan mulai pembahasannya dari mulai apa itu Dry Bath atau apa pengertian Dry Bath tersebut berikut ini.

Pengertian Dry Bath

Dry Bath adalah sebuah instument atau sebuah peralatan laboratorium yang sistemnya tersebut itu menggunakan suatu teknik yang disebut termoelektrik yang canggih dengan memiliki cara kerjanya yang dapat diatur oleh sebuah mikroprosesor sehingga dengan melakukan sebuah teknik ini, suhu yang dicapai alat ini itu dapat terkontrol, lebih stabil dan lebih akurat.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian alat laboratorium yang bernama Dry Bath, dan selanjutnya kita akan lanjut membahas ke fungsi alatnya. Apa sih fungsi Dry Bath ini, lihat penjelasannya berikut ini.

Fungsi Dry Bath

Nah berikut ini adalah fungsi atau kegunaan Dry Bath yang bisa anda lihat apa saja fungsinya berikut ini, diantaranya yaitu:

  1. Alat laboratorium ini yaitu dapat membantu optimalisasi proses inkubasi kultur.
  2. Selanjutnya dapat membantu optimalisasi proses aktivasi kultur.
  3. Dapat membantu optimalisasi proses denaturasi DNA.
  4. Dapat membantu optimalisasi proses immunoassay.
  5. Dapat membantu optimalisasi proses reaksi enzim.
  6. Dan masih banyak lagi fungsi alat laboratorium ini.

Nah itulah beberapa fungsi atau prinsip kerja dry bath yang dapat admin sampaikan, dan selanjutnya jika anda sudah membaca pembahasan diatas tentang pengertian Dry bath dan juga fungsinya selanjutnya berikut ini anda dapat melihat apa saja contoh macam-macam Dry bath.

Prinsif Kerja Dry Bath

Dry bath adalah alat yang digunakan untuk mempertahankan suhu yang diinginkan pada suatu sampel atau reaksi kimia. Alat ini terdiri dari sebuah tabung yang diisi dengan bahan yang dapat menyimpan panas dan dapat mengalirkan panas secara merata ke sampel atau reaksi yang akan dipantau. Dry bath bekerja dengan cara mengontrol suhu tabung tersebut dengan menggunakan sistem pemanas dan pendingin, sehingga sampel atau reaksi dapat dipanaskan atau didinginkan sesuai dengan kebutuhan. Prinsip kerja dry bath adalah mengatur suhu tabung secara tepat sehingga sampel atau reaksi dapat dipantau dengan suhu yang diinginkan.

Macam-Macam Dry bath

Peralatan laboratorium yang bernama Dry bath ini tentunya memilki banyak sekali macam-macam alatnya atau serinya itu tergantung dari fungsi dan kegunaannya, dan berikut adalah contoh macam-macam Dry bath, diantaranya adalah sebagai berikut:

DB105-1W/DB105-2W DB150-1W/DB150-2W Dry Bath

Dry bath

Fitur alat

Berikut ini adalah beberapa fitur dari alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbagai kontrol suhu hingga 105 °C/150 °C.
  • Perlindungan panas berlebih.
  • Fungsi pengingat suara.
  • Sensor suhu eksternal PT1000
  • Blok dilengkapi dengan penutup untuk pengawetan panas dan mencegah polusi.
  • Penyetelan kenop mudah dioperasikan. Lihat informasi selengkapnya.

DB120 Dry bath

Dry bath

Fitur alatnya

Berikut ini adalah beberapa fitur dari alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbagai kontrol suhu hingga 120 ° C
  • Kontrol pengatur waktu hingga 99+ jam
  • Berbagai jenis blok opsional tersedia
  • Perlindungan panas berlebih
  • Tutup untuk perlindungan dan pelestarian panas. Lihat informasi selengkapnya.

DB60 Dry Bath

Dry bath

Fitur alatnya

Berikut ini adalah beberapa fitur dari alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Akurasi kontrol suhu yang sangat baik dan keseragaman untuk melindungi sampel dan memastikan hasil presisi tes.
  • Fungsi pengatur waktu dan fungsi kontinu adalah tersedia untuk memenuhi berbagai aplikasi.
  • Tingkat pemanasan cepat untuk meningkatkan efisiensi alur kerja.
  • Sangat cocok untuk preparasi sampel penganalisis biokimia semi-otomatis
  • Blok pemanas campuran 5ml dan 10ml
  • Perlindungan panas berlebih. Lihat informasi selengkapnya.

Envilife Mini Dry bath Mini DB100, Mini DB100-C, Mini DB100-CL

Dry bath

Envilife Mini Dry bath Mini DB100, Mini DB100-C, Mini DB100-CL portabel, ringkas, dan nyaman.ni berguna untuk pemanasan yang cepat dan seragam dari sampel biologis, dalam aplikasi seperti pengawetan dan denaturasi asam nukleat dan protein, dll.

Fitur Alanya

Berikut ini adalah beberapa fitur dari alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ringan
  • Layar LCD untuk suhu dan waktu.
  • Dukungan kalibrasi cepat
  • Perlindungan panas berlebih
  • Blok opsional dengan kapasitas berbeda tersedia
  • Aman dan stabil
  • Antarmuka USB untuk menyimpan data
  • Mini DB100-CL dengan tutup panas disediakan untuk
    melestarikan panas yang dihasilkan. Lihat informasi selengkapnya.

Cara menggunakan Dry bath

Untuk menggunakan dry bath, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama-tama Anda perlu memasukkan sampel atau reaksi kimia yang akan dipantau ke dalam tabung yang telah diisi dengan bahan yang dapat menyimpan panas.
  2. Kemudian, Anda perlu mengatur suhu tabung sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan sistem pemanas dan pendingin yang terdapat pada alat tersebut.
  3. Setelah itu, Anda dapat memantau suhu sampel atau reaksi kimia dengan menggunakan termometer atau alat ukur suhu lainnya yang sesuai.
  4. Jika suhu sampel atau reaksi tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat mengatur suhu tabung kembali sesuai dengan kebutuhan.

Cara merawat Dry bath

Untuk merawat dry bath, berikut adalah tahapannya:

  1. Pertama-tama Anda perlu membersihkan alat tersebut setelah setiap pengukuran. Hal ini penting untuk menghindari kontaminasi dari sampel sebelumnya yang dapat mengganggu hasil pengukuran.
  2. Anda juga perlu memeriksa kondisi tabung dan memastikan bahwa semua bagiannya dalam keadaan baik dan bekerja dengan baik. Jika tabung rusak atau tidak dapat diperbaiki, Anda perlu mengganti tabung tersebut agar alat tetap dapat digunakan dengan benar.
  3. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi sistem pemanas dan pendingin secara berkala untuk memastikan bahwa semua bagiannya dalam keadaan baik dan bekerja dengan baik.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai pembahasan laboratorium tentang pengertian Dry bath, fungsi Dry bath dan juga apa saja macam-macam Dry bath untuk anda, semoga artikel ini dapat menjadikan bahan pengethuan ketika anda ingin membeli alay tersebut.

Dan jika anda ingin membeli alat tersebut, anda bisa mengunjungi alat website yang menyediaka Dry bath laboratorium tersebut silahkan anda kujungi alamat websitenya di www.envilife.co.id. Terimakasih.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: