Bagian-bagian Neraca Analitik Laboratorium Dan Fungsinya

oleh | Nov 28, 2022 | Laboratorium

Hallo sahabat Blog Lab, di pembahasan kali ini mimin akan memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian timbangan analitik Laboratorium beserta dengan fungsinya. Dan untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan anda baca pembahasan berikut ini samapai selesai.

Neraca Analitik Laboratorium
Gambar sumber timbanganpas.com

Timbangan Analitik

Analytical Balance merupakan sebuah peralatan laboratorium atau biasa disebut Neraca analitik yaitu sejenis neraca laboratorium yang dirancang untuk mengukur massa kecil dalam rentang sub-miligram. Baca selengkapnya disini.

Bagian-bagian Timbangan Analitik

Perlu diketahui bahwa neraca analitik terdapat beberapa bagian-biagan yang harus anda ketahui maka dari itu silahkan anda baca berikut ini penjelasan tentang bagian-bagian Neraca Analitik Laboratorium, diantaranya:

Gambar Bagian-bagian Neraca Analitik Laboratorium
Gambar Bagian-bagian Neraca Analitik

Nah itulah gambar dari bagian-bagian timbangan analaitik tersebut, dan berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya dari gambar diatas. Yaitu terdiri dari Plate, Weighing plate, Power supply unit, Anti-ventilation glass, dan Glass Cover.

1. Bagian Plate

Balance plate ini merupakan sebuah media yang digunakan untuk meletakkan sebuah sampel atau bahan yang akan diukur massanya.

2. Bagian Weighing plate

Komponen yang kedua ini yaoti bagian Weighing plate merupakan suatu alat yang dapat berfungsi yaitu untuk mengkalibrasi timbangan analitik tersebut. Massa pada bahan pemberat memiliki beberapa nilai tetap sehingga kalibrasi timbangan akan tetap akurat dan mudah.

3. Bagian Power supply unit

Bagian power supply unit ini adalah bagian dari daya atau sumber listrik untuk menghidupkan timbangan analitik dengan mengubungkannya ke aliran listrik.

4. Bagian Anti-ventilation glass

Bagian Anti-ventilation glass ini dapat berfungsi untuk pelindung terhadap sampel atau objek yang akan diukur massanya, Anti-ventilation glass terbuat dari kaca khusus untuk timbangan analitik.

5. Bagian Glass cover

Bagian Glass cover ini merupakan sebuah tutup bagian atas pada timbangannya, yang dapat berfungsi sebagai penutup untuk pengamanan objek yang di diukur massanya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa bagian atau komponen-komponen dari alat timbangan analitik yang dapat admin jelaskan kepada anda, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×