Cara Kalibrasi Oven Laboratorium

oleh | Jan 7, 2023 | Kalibrasi

Hallo sahabat Blog Lab, pada pertemuan kali ini disini admin akan membahas seputar kalibrasi alat laboratorium yaitu akan menjelaskan bagaimana caranya untuk melakukan kalibrasi alat oven laboratorium, nah bagi anda yang penasaran bagaimana caranya silahkan anda simak baik-baik berikut ini pembahasannya.

Apa itu kalibrasi alat lab?

Kalibrasi alat lab adalah proses verifikasi bahwa alat lab memiliki akurasi dan presisi yang diinginkan. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa hasil yang diperoleh dari alat tersebut dapat diandalkan dan memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Kalibrasi alat lab juga dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi dengan alat tersebut. Alat lab yang terkalibrasi dengan benar dapat memastikan bahwa hasil yang diperoleh dari tes yang dilakukan sesuai dengan yang diharapkan, yang merupakan hal yang penting dalam beberapa aplikasi, seperti penelitian ilmiah, industri, dan kesehatan.

Apa itu oven laboratorium?

Oven laboratorium adalah perangkat yang digunakan dalam laboratorium untuk memanaskan bahan atau campuran kimia dengan suhu yang dapat diatur dengan tepat. Oven laboratorium biaa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pengujian, pengujian stabilitas, dan pengujian kualitas. Oven laboratorium terdiri dari beberapa jenis, termasuk oven konveksi, oven konveksi mikro, oven inframerah, dan oven hembusan. Masing-masing jenis oven laboratorium ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dan digunakan untuk aplikasi yang berbeda. Oven laboratorium harus terkalibrasi dengan benar untuk memastikan bahwa suhu yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan dan hasil yang diperoleh dari penggunaannya dapat diandalkan.

cara kalibrasi oven
Gambar Oven Laboratorium

Bagaimana cara kalibrasi oven laboratorium?

Kalibrasi oven laboratorium merupakan proses mengukur dan menetapkan suhu yang tepat sesuai dengan yang tercantum dalam skala pada alat tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan kalibrasi oven laboratorium secara detil:

  1. Pastikan oven dalam keadaan mati dan dingin sebelum melakukan kalibrasi.
  2. Pasang termometer yang telah diuji ke dalam oven. Termometer ini akan digunakan untuk mengukur suhu dalam oven.
  3. Nyalakan oven pada suhu yang diinginkan. Biarkan oven mencapai suhu tersebut dan stabil selama 30 menit.
  4. Baca suhu yang tertera pada termometer dan catat hasilnya.
  5. Bandingkan hasil pembacaan dengan suhu yang tercantum pada skala oven. Jika terdapat perbedaan, gunakan tombol atau saklar yang tersedia untuk mengubah suhu sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Ulangi langkah 4 dan 5 sampai suhu yang tertera pada termometer dan skala oven sama.
  7. Jika suhu yang tertera pada termometer dan skala oven sudah sama, kalibrasi oven sudah selesai dilakukan.
  8. Jika diperlukan, catat hasil kalibrasi oven dalam catatan yang sesuai.

Catatan: Pastikan untuk memakai termometer yang tepat dan telah diuji sebelum melakukan kalibrasi oven. Jika termometer tidak tepat atau tidak diuji dengan benar, hasil kalibrasi oven akan tidak akurat.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan yang dapat Blog Lab sampaikan kepada anda selaku pembaca mengenai cara kalibrasi oven laboratorium. Dan perlu anda ketahui juga untuk kalibrasi oven tersebut agar lebih baik itu harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengkalibrasian alat laboratorium. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaar bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×