Cara Kalibrasi Mikropipet atau Pipet Elektronik

oleh | Jan 8, 2023 | Kalibrasi

Hallo Gays, pada pertemuan kali ini disini Blog Lab akan menyampaikan pembahasan tentang cara melakukan kalibrasi terhadap alat laboratorium yaitu mengkalibrasi mikropipet atau biasa disebut pipet elektronik, dan bagi teman-teman yang penasaran dengan langkah-langkahnya anda bisa membaca pembahasan berikut ini dengan seksama.

Apa itu Kalibrasi?

Kalibrasi adalah proses pengukuran dan atau pembandingan nilai suatu alat atau sistem dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga alat atau sistem tersebut dapat bekerja dengan tepat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Tujuan dari kalibrasi adalah untuk memastikan bahwa alat atau sistem tersebut dapat memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Kalibrasi biasanya dilakukan pada alat atau sistem yang digunakan untuk mengukur suatu nilai atau besaran, seperti termometer, barometer, dan lain-lain. Namun, kalibrasi juga dapat dilakukan pada sistem yang lebih kompleks, seperti sistem pengendalian proses di pabrik atau sistem navigasi di pesawat terbang dan juga terhadap mikropipet alat laboratorium.

Apa itu Mikropipet?

Mikropipet adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur dan menyuntikkan volume yang kecil dari cairan. Mikropipet biasanya digunakan dalam aplikasi laboratorium yang memerlukan tingkat akurasi yang tinggi dalam mengukur dan menyuntikkan volume cairan, seperti pengenceran sampel, pembuatan larutan, dan lain-lain. Mikropipet terdiri dari tabung borosilikat dengan ujung yang runcing, disebut dengan “pipet” atau “pipet tip”, yang digunakan untuk mengambil cairan dan menyuntikkannya ke dalam tabung reaksi atau ke dalam sampel. Ada berbagai macam jenis mikropipet yang tersedia, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk mengukur volume yang berbeda. Beberapa mikropipet hanya dapat mengukur volume yang kecil, seperti mikropipet mulut, sedangkan yang lain dapat mengukur volume yang lebih besar, seperti mikropipet elektronik.

Gambar Mikropipet atau Pipet Elektronik

Bagaimana cara kalibrasi Mikropipet?

Untuk kalibrasi mikropipet, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

  1. Larutan standar atau larutan yang memiliki konsentrasi yang telah diketahui. Ini bisa berupa larutan garam atau larutan lainnya yang memiliki konsentrasi yang dapat diukur dengan tepat.
  2. Satu atau lebih mikropipet yang akan dilakukan kalibrasi. Pastikan bahwa mikropipet tersebut telah dibersihkan dengan baik sebelum kalibrasi.
  3. Botol penampung atau tabung reaksi untuk menampung larutan yang akan diukur dengan mikropipet.
  4. Gelas ukur atau alat ukur lainnya untuk mengukur volume larutan yang dihasilkan oleh mikropipet.

Berikut adalah langkah-langkah kalibrasi mikropipet:

  1. Pastikan bahwa mikropipet yang akan dikalibrasi telah dibersihkan dengan baik dan dikalibrasi sesuai dengan instruksi yang disediakan oleh produsen.
  2. Siapkan larutan standar yang akan digunakan untuk kalibrasi. Pastikan bahwa konsentrasi larutan tersebut telah diketahui dengan tepat.
  3. Masukkan larutan standar ke dalam botol penampung atau tabung reaksi.
  4. Nyalakan mikropipet dan ajuste volumenya sesuai dengan volume yang diinginkan.
  5. Tambahkan larutan standar ke dalam mikropipet dengan cara menekan tombol pengocok atau tombol lain yang sesuai.
  6. Tampung larutan yang dihasilkan oleh mikropipet ke dalam gelas ukur atau alat ukur lainnya.
  7. Baca volume larutan yang dihasilkan oleh mikropipet dengan menggunakan gelas ukur atau alat ukur lainnya.
  8. Bandingkan volume yang terukur dengan volume yang seharusnya dihasilkan oleh mikropipet berdasarkan setting volumenya. Jika terdapat perbedaan, ajuste setting volumenya sesuai dengan volume yang sebenarnya dihasilkan.
  9. Ulangi proses di atas sampai mikropipet dapat menghasilkan volume yang tepat sesuai dengan setting volumenya.
  10. Setelah mikropipet telah terkalibrasi dengan benar, bersihkan kembali alat tersebut sebelum digunakan.
  11. Jika mikropipet tersebut akan digunakan untuk mengukur larutan dengan konsentrasi yang berbeda, maka kalibrasi ulang mikropipet tersebut dengan larutan standar yang memiliki konsentrasi yang sesuai.
  12. Selalu pastikan bahwa mikropipet tersebut dikalibrasi secara teratur untuk menjaga akurasi dan ketepatan pengukuran.
  13. Selain itu, selalu bersihkan mikropipet dengan benar setelah digunakan untuk mencegah kontaminasi dan memastikan akurasi pengukuran di masa yang akan datang.

Sekian penjelasan mengenai cara kalibrasi mikropipet. Semoga artikel tentang cara kalibrasi mikropipet atau pipet elektronik ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda, namun penting untuk diketahui, untuk melakukan sebuah kalibrasi khususnya alat laboratorium admin sarankan agar dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan juga sudah berpengalaman dalam hal kalibrasi.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×