Cara Kalibrasi Spektrofotometer

oleh | Jan 8, 2023 | Kalibrasi

Hallo sahabat Blog Lab, di pertemuan kali ini disini saya akan memberikan informasi kepada anda mengenai tata cara melakukan sebuah kalibrasi terhadap alat yang bernama spektrofotometer. Nah untuk itu silahkan anda baca penjelasannya berikut ini.

Apa itu Kalibrasi?

Kalibrasi alat lab adalah proses mengukur dan menetapkan nilai yang tepat dari suatu peralatan laboratorium. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa peralatan tersebut dapat memberikan hasil pengukuran yang akurat dan dapat diandalkan dalam penelitian atau pengukuran di laboratorium. Proses kalibrasi alat lab biasanya dilakukan dengan menggunakan standar yang telah ditentukan dan dapat dipercaya, seperti standar internasional atau standar industri yang telah ditetapkan.

Alat-alat laboratorium yang seringkali di-kalibrasi antara lain termometer, barometer, timbangan, pH meter, dan lain-lain. Kalibrasi alat lab juga dapat digunakan untuk memverifikasi bahwa suatu peralatan atau sistem berfungsi dengan benar sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan nah dan juga dalam pembahasan ini kita akan mengetahui bagaimana cara kalibrasi spektrofotometer.

Apa itu Spektrofotometer?

Spektrofotometer adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya yang dipancarkan atau diabsorsi oleh suatu zat. Peralatan ini biasanya digunakan untuk mengidentifikasi zat kimia dengan mengamati spektrum cahaya yang dipancarkan atau diabsorsi oleh zat tersebut.

Cara Kalibrasi Spektrofotometer
Gambar Spektrofotometer

Spektrofotometer terdiri dari sumber cahaya, monokromator yang digunakan untuk memisahkan cahaya menjadi spektrum panjang gelombang, dan detektor yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya pada setiap panjang gelombang. Spektrofotometer dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, seperti mengukur konsentrasi zat kimia dalam sampel, mengidentifikasi zat kimia dengan mengamati spektrum cahaya yang dipancarkan atau diabsorsi oleh zat tersebut, dan lain-lain.

Bagaimana cara kalibrasi Spektrofotometer?

Kalibrasi spektrofotometer adalah proses mengatur alat agar dapat mengukur konsentrasi zat dengan tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan kalibrasi spektrofotometer:

  1. Pastikan bahwa spektrofotometer telah terpasang dengan benar dan terkalibrasi dengan baik.
  2. Siapkan larutan standar yang akan digunakan untuk kalibrasi. Ini bisa berupa larutan garam, larutan asam, atau larutan lainnya yang memiliki konsentrasi yang diketahui dengan pasti.
  3. Masukkan larutan standar ke dalam kuvet atau tabung transparan, lalu pasang di dalam spektrofotometer.
  4. Pilih panjang gelombang yang akan digunakan untuk pengukuran. Ini bisa berupa panjang gelombang yang tepat untuk zat yang akan diukur, atau panjang gelombang yang telah terkalibrasi sebelumnya.
  5. Tentukan rentang konsentrasi yang akan diukur. Ini bisa berupa rentang yang sangat kecil, misalnya 0,1 hingga 1 ppm, atau rentang yang lebih besar, misalnya 1 hingga 10 ppm.
  6. Mulai pengukuran dengan menekan tombol “start” pada spektrofotometer. Pastikan bahwa konsentrasi larutan standar telah terukur dengan tepat dengan menggunakan skala pada alat.
  7. Ulangi proses pengukuran untuk beberapa kali pengukuran dengan menggunakan larutan standar yang berbeda. Ini akan membantu mengkonfirmasi bahwa spektrofotometer telah terkalibrasi dengan tepat.
  8. Setelah selesai melakukan kalibrasi, simpan hasil pengukuran dan catat tanggal kalibrasi terakhir. Ini akan membantu memantau kinerja spektrofotometer dari waktu ke waktu.

Nah itulah pembahasan yang dapat saya sampaikan kepada anda mengenai bagaimana cara kalibrasi spektrofotometer. Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi anda.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×