Apa itu WHM? Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

oleh | Jul 20, 2023 | Website

WHM atau Web Host Manager adalah sebuah panel manajemen akun untuk cPanel. cPanel adalah sebuah control panel yang memungkinkan Anda mengelola berbagai aspek website Anda, seperti domain, email, database, file, dan lainnya. WHM adalah panel administrator akun cPanel yang memberikan Anda akses ke back-end dari cPanel. Dengan WHM, Anda dapat membuat dan menghapus akun cPanel, mengatur paket hosting, mengelola keamanan dan performa server, dan banyak lagi.

WHM biasanya digunakan oleh penyedia layanan hosting atau reseller hosting yang memiliki banyak klien dengan website berbasis cPanel. WHM memudahkan Anda untuk mengatur dan memantau website klien Anda secara efisien dan profesional. WHM juga dapat digunakan oleh pemilik website yang memiliki VPS atau dedicated server dengan cPanel terinstal.

Fungsi WHM

WHM memiliki banyak fungsi yang dapat membantu Anda dalam mengelola website Anda atau klien Anda. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari WHM:

  • Membuat dan menghapus akun cPanel. Anda dapat membuat akun cPanel untuk setiap website yang Anda kelola atau miliki. Anda juga dapat menghapus akun cPanel yang tidak dibutuhkan lagi.
  • Mengatur paket hosting. Anda dapat membuat paket hosting yang berisi fitur dan batasan tertentu untuk akun cPanel. Misalnya, Anda dapat menentukan kuota disk space, bandwidth, jumlah domain, jumlah email, dan lainnya untuk setiap paket hosting.
  • Mengelola keamanan server. Anda dapat mengatur firewall, SSL certificate, backup, deny list atau safe list IP address, multi-factor authentication, dan lainnya untuk meningkatkan keamanan server Anda.
  • Mengelola performa server. Anda dapat melihat statistik penggunaan sumber daya server, seperti CPU, RAM, disk space, bandwidth, dan lainnya. Anda juga dapat mengoptimalkan konfigurasi server, seperti PHP version, Apache modules, MySQL settings, dan lainnya untuk meningkatkan performa server Anda.
  • Migrasi akun cPanel. Anda dapat mentransfer akun cPanel dari server lain dengan mudah menggunakan fitur migrasi yang ada di WHM. Anda juga dapat melakukan backup dan restore akun cPanel dengan cepat.
  • Kustomisasi dan branding. Anda dapat menyesuaikan tampilan dan logo dari WHM dan cPanel sesuai dengan identitas merek Anda. Anda juga dapat mengatur notifikasi email yang dikirimkan ke klien Anda.

Manfaat WHM

WHM memberikan banyak manfaat bagi Anda yang ingin mengelola website Anda atau klien Anda dengan lebih mudah dan profesional. Berikut adalah beberapa manfaat dari WHM:

  • Memudahkan pengelolaan website. Dengan WHM, Anda tidak perlu login ke setiap akun cPanel secara terpisah untuk mengelola website Anda atau klien Anda. Anda cukup login ke WHM dan Anda dapat melihat semua akun cPanel yang ada di server Anda dalam satu dashboard.
  • Menyediakan fitur lengkap dan fleksibel. WHM menyediakan fitur lengkap yang mencakup semua aspek pengelolaan website, seperti domain, email, database, file, keamanan, performa, migrasi, backup, restore, dll. Anda juga dapat menyesuaikan fitur dan batasan untuk setiap akun cPanel sesuai dengan kebutuhan Anda atau klien Anda.
  • Meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme. Dengan WHM, Anda dapat memberikan layanan hosting yang berkualitas dan handal kepada klien Anda. Anda juga dapat memberikan branding yang sesuai dengan identitas merek Anda kepada klien Anda.

Kelebihan dan Kekurangan WHM

Seperti halnya produk lainnya, WHM juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari WHM:

Kelebihan WHM

  • Mudah digunakan. WHM memiliki antarmuka yang intuitif dan user-friendly yang memudahkan Anda untuk mengoperasikannya.
  • Kompatibel dengan cPanel. WHM adalah panel manajemen akun untuk cPanel, yang merupakan control panel yang populer dan banyak digunakan oleh website di seluruh dunia.
  • Mendukung banyak ekstensi dan plugin. WHM mendukung banyak ekstensi dan plugin yang dapat menambahkan fitur dan fungsi tambahan ke WHM dan cPanel, seperti WordPress Toolkit, CloudLinux, LiteSpeed, dll.
  • Mendapat dukungan teknis yang baik. WHM adalah produk dari cPanel, L.L.C., yang merupakan perusahaan yang berpengalaman dan terpercaya dalam bidang web hosting. Anda dapat mendapatkan dukungan teknis yang baik dari tim cPanel jika Anda mengalami masalah atau pertanyaan.

Kekurangan WHM

  • Membutuhkan biaya lisensi. WHM adalah produk berbayar yang membutuhkan biaya lisensi bulanan atau tahunan untuk menggunakannya. Biaya lisensi tergantung pada jumlah akun cPanel yang Anda kelola.
  • Membutuhkan pengetahuan teknis. WHM adalah panel manajemen akun yang cukup kompleks dan membutuhkan pengetahuan teknis yang cukup untuk menggunakannya. Anda perlu memahami konsep dasar tentang server, domain, email, database, dll. untuk dapat mengatur dan memantau website Anda atau klien Anda dengan WHM.
  • Membutuhkan sumber daya server yang cukup. WHM adalah panel manajemen akun yang cukup berat dan membutuhkan sumber daya server yang cukup untuk menjalankannya. Anda perlu memiliki VPS atau dedicated server dengan spesifikasi yang memadai untuk dapat menggunakan WHM.

Kesimpulan

WHM adalah panel manajemen akun untuk cPanel yang memberikan Anda akses ke back-end dari cPanel. Dengan WHM, Anda dapat membuat dan menghapus akun cPanel, mengatur paket hosting, mengelola keamanan dan performa server, dan banyak lagi. WHM sangat berguna bagi Anda yang ingin mengelola website Anda atau klien Anda dengan lebih mudah dan profesional.

Namun, WHM juga memiliki kekurangan, seperti membutuhkan biaya lisensi, pengetahuan teknis, dan sumber daya server yang cukup. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan WHM.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang WHM. Jika Anda tertarik untuk menggunakan WHM, Anda dapat mencari penyedia layanan hosting yang menyediakan WHM dan cPanel sebagai fitur utamanya.

Sumber referensi:

  1. cPanel & WHM Features
  2. Hosting Platform of Choice – cPanel
Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×