Perbedaan Cpanel dan Plesk yang Harus Anda Diketahui

oleh | Jul 19, 2023 | Website

Cpanel dan Plesk adalah dua control panel web hosting yang paling populer di dunia. Keduanya memiliki fungsi dan fitur yang beragam untuk membantu Anda mengelola website Anda dengan mudah dan efisien. Namun, apa sebenarnya perbedaan Cpanel dengan Plesk? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Dan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda?

Apa itu Cpanel?

perbedaan cpanel dengan plesk

Cpanel adalah panel kontrol web hosting yang berbasis Linux. Cpanel menyediakan antarmuka grafis yang intuitif dan mudah digunakan untuk mengelola berbagai aspek website Anda, seperti domain, email, file, database, keamanan, backup, dan lainnya. Cpanel juga mendukung instalasi aplikasi web seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan Magento dengan mudah melalui fitur Softaculous.

Apa itu Plesk?

perbedaan plesk dan cpanel

Plesk adalah panel kontrol web hosting yang mendukung baik Linux maupun Windows. Plesk juga menyediakan antarmuka grafis yang user-friendly untuk mengelola website Anda, termasuk domain, email, file, database, keamanan, backup, dan lainnya. Plesk juga memiliki fitur WordPress Toolkit yang memudahkan Anda untuk menginstal, mengelola, dan mengoptimalkan website WordPress Anda.

Perbedaan Cpanel dan Plesk

perbedaan cpanel dan plesk

Meskipun memiliki fungsi dan fitur yang serupa, Cpanel dan Plesk memiliki beberapa perbedaan plesk dan cpanel yang mungkin mempengaruhi pilihan Anda. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara Cpanel dan Plesk:

Sistem Operasi

Cpanel hanya mendukung sistem operasi Linux, sedangkan Plesk mendukung baik Linux maupun Windows. Ini berarti bahwa jika Anda ingin menggunakan web hosting Windows, Anda harus memilih Plesk sebagai panel kontrol Anda. Namun, jika Anda menggunakan web hosting Linux, Anda bisa memilih antara Cpanel atau Plesk sesuai dengan preferensi Anda.

Antarmuka

Cpanel dan Plesk memiliki antarmuka yang berbeda dalam hal tampilan dan navigasi. Cpanel memiliki antarmuka yang lebih sederhana dan minimalis, dengan menu utama di sebelah kiri dan ikon-ikon fitur di sebelah kanan. Plesk memiliki antarmuka yang lebih modern dan elegan, dengan menu utama di bagian atas dan sub-menu di sebelah kiri.

Fitur

Cpanel dan Plesk memiliki fitur-fitur dasar yang sama untuk mengelola website Anda, seperti domain, email, file, database, keamanan, backup, dll. Namun, ada beberapa fitur tambahan yang mungkin ada di salah satu panel kontrol tapi tidak ada di panel kontrol lainnya. Misalnya:

  • Cpanel memiliki fitur Softaculous yang memungkinkan Anda untuk menginstal lebih dari 400 aplikasi web dengan satu klik.
  • Plesk memiliki fitur WordPress Toolkit yang memungkinkan Anda untuk menginstal, mengelola, dan mengoptimalkan website WordPress Anda dengan mudah.
  • Cpanel memiliki fitur WHM (Web Host Manager) yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola akun hosting cPanel untuk klien atau pengguna lain.
  • Plesk memiliki fitur Reseller Center yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola akun hosting Plesk untuk reseller atau pengguna lain.

Harga

Cpanel dan Plesk memiliki harga yang berbeda tergantung pada jumlah domain atau akun hosting yang ingin Anda kelola. Secara umum, Cpanel lebih mahal daripada Plesk untuk jumlah domain atau akun hosting yang sama. Namun, harga juga bisa berbeda tergantung pada penyedia web hosting yang Anda pilih.

Tabel perbedaan Cpanel dengan Plesk

CpanelPlesk
Hanya mendukung LinuxMendukung Linux dan Windows
Antarmuka sederhana dan minimalisAntarmuka modern dan elegan
Memiliki fitur Softaculous dan WHMMemiliki fitur WordPress Toolkit dan Reseller Center
Lebih mahal daripada PleskLebih murah daripada Cpanel

Kesimpulan

Cpanel dan Plesk adalah dua panel kontrol web hosting yang paling populer di dunia. Keduanya memiliki fungsi dan fitur yang beragam untuk membantu Anda mengelola website Anda dengan mudah dan efisien. Namun, ada beberapa perbedaan antara Cpanel dan Plesk yang mungkin mempengaruhi pilihan Anda.

Secara garis besar, Cpanel lebih cocok untuk Anda yang:

  • Menggunakan web hosting Linux
  • Menginginkan antarmuka yang sederhana dan minimalis
  • Menginginkan fitur Softaculous dan WHM

Sedangkan Plesk lebih cocok untuk Anda yang:

  • Menggunakan web hosting Windows atau Linux
  • Menginginkan antarmuka yang modern dan elegan
  • Menginginkan fitur WordPress Toolkit dan Reseller Center

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin mencoba Cpanel atau Plesk, Anda bisa memilih salah satu web hosting terbaik yang kami rekomendasikan di bawah ini. Selamat mencoba!

Bagikan ini ke:
Tag: cPanel | Plesk
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×