11 Daftar Alat Uji Lingkungan Dan Fungsinya

oleh | Des 12, 2022 | Lingkungan

Berikut ini saya akan menjelaskan kepada anda beberapa macam alat-alat uji linkungan yang biasanya sering digunakan yaitu diantaranya Anemometer, Hygrometer, Barometer, Termometer, Current meter, Pluviometer, DO meter, pH meter, Air sampler, Soil sampler, dan Water sampler. Untuk mengetahui fungsi dari masing-masing alat uji lingkungan yang disebutkan tersebut silahkan lihat pembahasannya dibawah ini.

Alat uji lingkungan

Alat uji lingkungan adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menganalisis kualitas lingkungan, seperti udara, air, tanah, dan suhu. Alat uji lingkungan dapat digunakan untuk mengukur kadar polutan dalam udara, kadar oksigen dalam air, pH tanah, dan berbagai parameter lingkungan lainnya. Alat uji lingkungan sangat berguna untuk memonitor kualitas lingkungan dan mengidentifikasi masalah lingkungan sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan atau pemulihan lingkungan. Alat uji lingkungan juga dapat digunakan dalam penelitian lingkungan untuk mengumpulkan data yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan lingkungan.

Macam-macam alat uji lingkungan

Berikut ini adalah beberapa alat uji lingkungan yang sering digunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Anemometer

Alat Uji Lingkungan: Anemometer
Sumber gambar dari velascoindonesia.com

Anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Anemometer biasanya terdiri dari sebuah roda atau rotor yang terhubung ke sebuah mekanisme penghitung, sehingga dapat menghitung jumlah putaran yang dilakukan oleh roda tersebut dalam suatu waktu tertentu. Kecepatan angin dapat ditentukan dengan menghitung putaran roda dalam satuan waktu, lalu mengalikan dengan faktor konversi yang telah ditentukan sebelumnya. Anemometer dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur kecepatan angin di atas laut, di darat, atau di atas permukaan tanah, atau untuk mengukur kecepatan angin yang digunakan dalam sebuah proyek pembangkit listrik tenaga angin.

Jika anda ingin membeli Anemometer silahkan klik link berikut ini.

2. Hygrometer

Alat uji lingkungan: Hygrometer
Sumber gambar dari aliexpress.com

Hygrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban udara. Kelembaban udara adalah jumlah air yang terlarut dalam udara pada suatu saat tertentu. Hygrometer biasanya terdiri dari sebuah bahan yang dapat menyerap air, seperti kapas, yang terhubung ke sebuah mekanisme penghitung. Bahan tersebut akan menyerap air dari udara hingga tercapai kondisi kesetimbangan, lalu mekanisme penghitung akan menghitung jumlah air yang diserap oleh bahan tersebut. Tingkat kelembaban udara dapat ditentukan dengan menghitung jumlah air yang diserap oleh bahan tersebut, lalu dikonversi ke dalam persentase. Hygrometer dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur tingkat kelembaban di dalam rumah, di dalam sebuah greenhouse, atau di dalam sebuah kamar hama.

Jika anda ingin membeli alat Hygrometer silahkan klik link berikut ini.

3. Barometer

alat uji lingkungan: Barometer
Sumber gambar dari alibaba.com

Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara. Tekanan udara adalah gaya yang diberikan oleh udara terhadap suatu permukaan. Barometer biasanya terdiri dari sebuah tabung yang tertutup pada salah satu ujungnya dan terbuka pada ujung yang lain, lalu diisi dengan cairan seperti mercurius atau alkohol. Tekanan udara akan mempengaruhi volume cairan di dalam tabung, sehingga dapat dilihat dari skala yang tertera di sisi tabung. Tekanan udara dapat ditentukan dengan membaca skala yang tertera di sisi tabung, lalu dikonversi ke dalam satuan tekanan yang telah ditentukan sebelumnya, seperti milibar atau torr. Barometer dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur tekanan udara di atmosfer, untuk memprediksi cuaca, atau untuk mengukur tekanan udara dalam sebuah ruangan tertutup.

Jika anda ingin membeli alat Barometer silahkan klik link berikut ini.

4. Termometer

alat uji lingkungan: Termometer
Sumber gambar dari bukalapak.com

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu udara. Suhu adalah ukuran dari tingkat kecepatan pergerakan molekul suatu zat. Termometer biasanya terdiri dari sebuah bahan yang dapat mengembang atau menyusut sesuai dengan perubahan suhu, seperti kapas atau alkohol, yang terhubung ke sebuah mekanisme penghitung. Bahan tersebut akan mengembang atau menyusut sesuai dengan perubahan suhu, lalu mekanisme penghitung akan menghitung perubahan ukuran bahan tersebut. Suhu dapat ditentukan dengan menghitung perubahan ukuran bahan tersebut, lalu dikonversi ke dalam satuan suhu yang telah ditentukan sebelumnya, seperti Celsius atau Fahrenheit. Termometer dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur suhu udara di luar ruangan, di dalam ruangan, atau di dalam tubuh manusia.

Jika anda ingin membeli termometer silahkan klik link berikut ini.

5. Current meter

alat uji lingkungan: Current meter
Gambar sumber dari indomultimeter.com

Current meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan arus air di dalam sungai atau danau. Arus air adalah gerakan air yang terjadi akibat adanya perbedaan tekanan antara dua tempat. Current meter biasanya terdiri dari sebuah roda atau rotor yang terhubung ke sebuah mekanisme penghitung, sehingga dapat menghitung jumlah putaran yang dilakukan oleh roda tersebut dalam suatu waktu tertentu. Kecepatan arus air dapat ditentukan dengan menghitung putaran roda dalam satuan waktu, lalu mengalikan dengan faktor konversi yang telah ditentukan sebelumnya. Current meter dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur kecepatan arus air di dalam sungai atau danau, untuk memprediksi kondisi cuaca, atau untuk mengukur kecepatan arus air yang digunakan dalam sebuah proyek pembangkit listrik tenaga air.

Jika anda ingin membeli alat Current meter silahkan klik link berikut ini.

6. Pluviometer

alat uji lingkungan:  Pluviometer
Gambar sumber dari aliexpress.com

Pluviometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah curah hujan yang jatuh dalam suatu waktu tertentu. Curah hujan adalah jumlah air hujan yang jatuh dalam suatu waktu tertentu. Pluviometer biasanya terdiri dari sebuah tabung yang terbuka pada ujung atasnya, lalu diisi dengan cairan seperti air atau minyak. Hujan akan masuk ke dalam tabung melalui ujung atas, lalu menggantikan cairan yang ada di dalamnya. Curah hujan dapat ditentukan dengan menghitung volume cairan yang masuk ke dalam tabung dalam satuan waktu, lalu dikonversi ke dalam satuan curah hujan yang telah ditentukan sebelumnya, seperti milimeter atau inci. Pluviometer dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur curah hujan di suatu wilayah, untuk memprediksi kondisi cuaca, atau untuk mengukur jumlah hujan yang jatuh dalam sebuah proyek pengendalian erosi.

7. DO meter

alat uji lingkungan: DO meter
Gambar sumber dari hannacan.com

DO meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut dalam air. Oksigen terlarut adalah jumlah oksigen yang terdissolved dalam air. DO meter biasanya terdiri dari sebuah elektroda yang dapat mengukur konsentrasi oksigen dalam air, lalu terhubung ke sebuah mekanisme penghitung. Elektroda akan mengukur konsentrasi oksigen dalam air, lalu mekanisme penghitung akan menghitung jumlah oksigen yang terukur. Kadar oksigen terlarut dapat ditentukan dengan menghitung jumlah oksigen yang terukur oleh elektroda, lalu dikonversi ke dalam satuan konsentrasi oksigen yang telah ditentukan sebelumnya, seperti miligram per liter (mg/L) atau parts per million (ppm). DO meter dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti untuk mengukur kualitas air di dalam sungai atau danau, untuk mengukur konsentrasi oksigen dalam air yang digunakan dalam sebuah proyek pembangkit listrik tenaga air, atau untuk mengukur konsentrasi oksigen dalam air yang digunakan dalam aquaculture.

Jika anda ingin membeli alat DO meter silahkan klik link berikut ini.

8. pH meter

alat uji lingkungan: pH meter
Sumber gambar dari envilife.co.id

PH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur keasaman atau kebasaan suatu larutan. Alat ini biasa digunakan di laboratorium dan lingkungan ilmiah lainnya untuk mengukur pH larutan dan memastikan bahwa pH tersebut berada dalam rentang tertentu. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, dengan 0 yang paling asam dan 14 yang paling basa. Larutan netral memiliki pH 7.

Jika anda ingin membeli alat pH meter silahkan klik link berikut ini.

9. Air sampler

alat uji lingkungan: Air sampler HVAS
Sumber gambar dari envilife.co.id

Air sampler adalah alat yang digunakan untuk mengambil sampel udara untuk tujuan analisis. Alat ini biasa digunakan di laboratorium untuk mengambil sampel udara yang akan diuji kandungan polutan atau bakteri di dalamnya. Air sampler biasanya berbentuk seperti tabung kecil dengan sistem pengambilan sampel yang dapat diatur.

Jika anda ingin membeli alat Air sampler silahkan klik link berikut ini.

10. Soil sampler

alat uji lingkungan: Soil sampler
Gambar sumber dari lazada.co.id

Soil sampler adalah alat yang digunakan untuk mengambil sampel tanah untuk tujuan analisis. Alat ini biasa digunakan dalam penelitian pertanian dan lingkungan untuk mengambil sampel tanah dari berbagai kedalaman dan lokasi untuk meneliti komposisi dan karakteristik tanah. Soil sampler biasanya berbentuk seperti tabung panjang dan tipis yang dapat dimasukkan ke dalam tanah dan digunakan untuk mengambil sampel tanah kecil. Beberapa soil sampler juga memiliki fitur seperti auger tanah atau pisau potong untuk membantu proses sampling.

Jika anda ingin membeli alat Soil sampler silahkan klik link berikut ini.

11. Water sampler

alat uji lingkungan: Water sampler
Sumber gambar dari karyamandiritechindo.com

Water sampler adalah alat yang digunakan untuk mengambil sampel air untuk tujuan analisis. Alat ini biasa digunakan di laboratorium untuk mengambil sampel air yang akan diuji kandungan polutan atau bakteri di dalamnya. Water sampler biasanya berbentuk seperti tabung kecil dengan sistem pengambilan sampel yang dapat diatur. Beberapa water sampler juga memiliki fitur seperti saringan atau penyaring untuk menyaring kontaminan atau partikel-partikel terlarut dari sampel air yang diambil.

Jika anda ingin membeli alat Water sampler silahkan klik link berikut ini.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa contoh 11 daftar alat uji lingkungan yang biasanya sering digunakan dalam pengujian terhadap lingkungan. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Semoga bermanfaat.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×